Kredit

5 Cara Pinjam Uang di Bank Tanpa Jaminan Terbaik 2019

written by wisanggeni | June 6, 2019

Bagaimana cara pinjam uang di bank tanpa jaminan ? Ikuti panduan kami tentang cara mengajukan pinjaman pribadi dana tunai ke bank di 2019 baik secara online maupun lewat kantor cabang, serta sebagai perbandingan kami review juga pinjam uang secara online tanpa agunan di non bank.

Mindset banyak orang bahwa pinjam ke bank selalu membutuhkan jaminan. Tanpa agunan tidak bisa kredit.

Itu betul, tetapi dulu.

Saat ini, bank sudah menyediakan pinjaman tanpa jaminan atau KTA, Kredit Tanpa Agunan. Bank menawarkan dana tunai tanpa agunan, baik pengajuan online maupun di kantor cabang.

Bahkan buat pengusaha, bank menawarkan kredit tanpa jaminan. Jika selama ini pengusaha harus mempunyai jaminan untuk bisa mengajukan kredit, sekarang sudah tidak lagi karena bank bisa memberikan pinjaman dana tunai tanpa agunan buat pengusaha.

Nanti dalam bagian selanjutnya saya bahas lebih detail soal KTA for Business, di bank mana bisa diajukan, berapa bunga, plafon dan tenor pinjaman.

Salah satu keunggulan bank adalah menawarkan kredit tanpa agunan bunga rendah.

Misalnya Bank Mandiri melalui produk New KSM Mandiri bisa memberikan bunga flat dibawah 1% sebulan dengan pagu pinjaman sampai Rp 1 Miliar dan tenor paling lama 15 tahun.

Bagaimana dengan trend internet dan digital ? Tentu saja bank tidak mau ketinggalan.

Bank melakukan inovasi dengan menawarkan pinjaman langsung cair dalam hitungan 24 jam yang diajukan secara online. Bank mengembangkan aplikasi digital banking dengan fitur KTA online dalam aplikasi tersebut.

Pinjaman tanpa jaminan langsung cair memang sedang jadi trend di Indonesia saat ini seiring dengan kehadiran Fintech P2P yang menawarkan pinjaman dana tunai dengan proses cepat.

Persepsi bahwa bank hanya menawarkan kredit dengan agunan dan proses yang lama, coba dikikis oleh bank dengan membangun tempat pinjam uang yang mudah.

Bagaimana cara pinjam uang ke bank tanpa jaminan di 2019 ? Ikuti langkah-langkahnya.

#1 Pilih Pinjaman Tanpa Agunan

Produk kredit yang bisa Anda ajukan jika ingin pinjam uang di bank tanpa jaminan adalah Kredit Tanpa Agunan atau Personal Loan. Ini adalah jenis produk perbankan yang memberikan pinjaman tunai tanpa agunan.

KTA atau pinjaman tanpa agunan bisa didapatkan di bank – bank besar, seperti Mandiri, BCA, BRI, BNI dan bank lainnya.

Ada banyak bank yang menawarkan produk KTA. Daftarnya bisa dilihat disini.

Dalam kredit tanpa jaminan, calon peminjam tidak diminta untuk menyerahkan jaminan saat mengajukan pinjaman. Tidak ada aset yang harus diserahkan ke bank sebagai agunan jika kredit macet.

#2 KTA Payroll Lebih Mudah

Bagaimana cara pengajuan kredit tanpa jaminan ?

Ada dua cara, tergantung profesi Anda, karyawan atau pengusaha karena masing – masing memiliki cara dan persyaratan yang berbeda.

Buat karyawan, saya sarankan Anda mengajukan KTA di bank dimana gaji Anda sebagai karyawan dibayar. Setiap bulan, gaji dibayar ke bank mana, disitu Anda mengajukan pinjaman tanpa agunan.

Rekening penggajian Anda disebut rekening payroll. Ajukan KTA payroll karena memiliki beberapa keunggulan:

Pertama, persyaratan lebih mudah dan proses lebih cepat dibandingkan pengajuan reguler (non payroll) karena bank tahu (dari informasi penggajian) penghasilan dan kemampuan Anda membayar angsuran kredit.

Bahkan di beberapa bank BUMN, trend 2019 adalah permohonan KTA hanya bisa dilakukan nasabah payroll di bank tersebut. Hanya karyawan dengan penggajian melalui bank tersebut yang bisa pinjam uang di bank tersebut.

Kedua, bunga KTA payroll lebih murah dibandingkan KTA reguler. Karena bank menilai risiko nasabah payroll relatif rendah dengan sistem pembayaran autodebet dari rekening penggajian.

Ketiga, plafon dan tenor KTA payroll lebih tinggi dibandingkan non payroll. Salah satu bank BUMN memberikan plafon sampai Rp 1 M dengan tenor maksimum 15 tahun untuk KTA payroll.

Karena itu, jika mencari pinjaman KTA dana tunai, Anda sebaiknya memprioritaskan pengajuan di bank dimana rekening payroll Anda berada.

#3 KTA Bisnis untuk Pengusaha

Bagaimana dengan pengusaha yang tentu saja tidak memiliki rekening payroll. Apa pinjaman pribadi tanpa jaminan bisa diambil pengusaha ?

Ada dua pilihan cara pinjam uang bagi pengusaha.

Pertama, mengajukan KTA dengan kartu kredit. Banyak bank memberikan opsi, jika tidak ada rekening payroll, pengajuan KTA dengan melampirkan kartu kredit.

Tetapi, perlu diingat syarat pengajuan dengan  kartu kredit, yaitu status pembayaran harus lancar dan minimum keanggotaan kartu kredit 6 bulan sd 1 tahun.

Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan status pembayaran kartu kredit. Jika menunggak sebaiknya segera bereskan tunggakan yang masih belum dibayar.

Jika belum memiliki kartu kredit sebaiknya segera miliki agar suatu saat nanti membutuhkan kredit tanpa agunan bisa menggunakan kartu kredit yang ada.

Perlu diingat pula bahwa beberapa bank menetapkan suku bunga pinjaman tanpa agunan yang berbeda antara karyawan dan pengusaha. Mungkin pengusaha dianggap lebih beresiko sehingga dikenakan tingkat bunga lebih tinggi.

Kedua, disamping melalui KTA yang pinjaman pribadi dana tunai, beberapa bank menyediakan pula KTA for Business, yang ditujukan untuk usaha. KTA for Business membantu pengusaha membiayai bisnis atau usaha dengan tanpa jaminan.

Produk dana tunai untuk usaha berbasis KTA antara lain yang ditawarkan sejumlah bank:

  • KTA BCA, Business Personal Loan (BPL), membiayai modal kerja dan ekspansi usaha tanpa agunan. Jumlah pinjaman Rp 30 juta sd Rp 100 juta, dengan suku bunga 0.89% per month (Flat) sd 0.95% flat per bulan.
  • PermataKTA Bisnis menawarkan pinjaman tunai, Rp 100 Juta sd Rp 500 Juta, TANPA AGUNAN untuk modal usaha atau keperluan usaha lainnya.
  • Commbank BizLoan, aplikasi mobile milik Bank Commonwealth untuk membantu pengusaha kecil dan menengah dalam melakukan pengajuan pinjaman bisnis tanpa agunan secara online tanpa harus datang ke cabang. Jumlah pinjaman dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta dengan suku bunga 1,09% sd 1,49% flat per bulan.

#4 KTA Online Tanpa Kartu Kredit

Salah satu keluhan calon nasabah adalah pengajuan KTA yang mewajibkan pemohon menyertakan kartu kredit. Masalahnya, tidak semua orang punya kartu kredit.

Tetapi, jangan khawatir, saat ini beberapa bank sudah tidak mewajibkan kartu kredit.

Melalui KTA online, sejumlah bank menawarkan pinjaman online cepat cair dengan syarat KTP saja dan tanpa perlu kartu kredit.

Tentu saja, ini sebuah kemajuan luar biasa.

Caranya Anda harus download aplikasi dana cepat milik masing-masing bank yang terdapat di Google Play Store. Setelah selesai diunduh, Anda bisa mengajukan permohonan pinjaman tanpa jaminan dan kartu kredit secara online.

Selain proses yang online dan tidak ribet, aplikasi dana tunai besutan bank ini menawarkan kecepatan dalam approval. Persetujuan KTA kilat bisa dilakukan dalam hitungan jam atau 1 hari.

Anda hanya perlu menyampaikan e-KTP dan foto selfie yang diunggah melalui aplikasi pinjam uang yang disediakan bank. E-KTP menjadi prasyarat utama karena itu, bagi Anda yang belum memiliki e-KTP sebaiknya segera mengurus.

Tidak semua bank memiliki aplikasi pinjaman online. Daftar bank yang menyediakan pinjaman online via aplikasi pinjam uang cepat cair, lihat disini.

#5 Perhatikan Simulasi Bunga dan Hati – Hati Biaya Admin !

Dalam pinjaman dana tunai, biaya yang perlu diperhatikan calon nasabah adalah (1) suku bunga kredit dan (2) biaya admin. Kedua hal ini merupakan komponen biaya yang harus ditanggung dan dibayar peminjam ketika mengambil kredit tanpa agunan.

Suku Bunga Pinjaman

Bunga pinjaman berbeda – beda tergantung di bank mana Anda mengajukan kredit tanpa agunan. Secara umum hal yang perlu Anda perhatikan soal bunga pinjaman uang tanpa jaminan adalah:

  • Bandingkan cicilan per bulan dengan menggunakan tenor dan plafon yang sama untuk mengetahui jumlah angsuran. Jangan hanya membandingkan suku bunga semata karena seringkali suku bunga yang sama menghasilkan cicilan yang berbeda, meskipun tenor dan plafon sama, akibat cara metode perhitungan bunga yang berbeda. Untuk pastinya, gunakan jumlah cicilan per bulan sebagai indikator pembanding bank mana yang paling murah angsurannya.
  • Suku bunga biasanya dibeda-bedakan bank berdasarkan tenor, plafon atau status pekerjaan karyawan/pengusaha. Ini yang perlu Anda pertimbangkan saat mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Pilih yang paling sesuai dengan kondisi Anda.
  • Pengalaman saya, KTA payroll untuk pinjaman pribadi atau individual memberikan bunga paling rendah dibandingkan KTA reguler (non payroll). Karena itu, jika Anda karyawan butuh pinjaman pribadi, pastikan dahulu apakah bank tempat Anda menerima gaji, menawarkan KTA payroll karena biasanya bunganya lebih murah dari KTA biasa.

Biaya Administrasi

Selain bunga pinjaman, bank meminta nasabah membayar biaya administrasi. Masalahnya, ada banyak biaya administrasi yang harus dibayar oleh nasabah, tidak hanya satu biaya admin.

Sebelum memutuskan mengambil salah satu pinjaman uang, hitung berapa biaya administrasi yang harus dibayar. Setiap bank menerapkan jenis dan tingkat biaya administrasi yang berbeda.

Catatan saya, terkait biaya administrasi, bagi Anda yang mengajukan pinjam uang di bank adalah:

  • Perhatikan dengan cermat biaya administrasi karena jenis biaya ini sering tidak diperhatikan peminjam, sementara jumlah biaya administrasi pinjaman cukup besar dan kerap menimbulkan surprise buat peminjam.
  • Ada bank menetapkan Biaya Administrasi Tahunan, yang mana Anda tidak hanya membayar biaya admin satu kali saat pencairan, tetapi harus membayar biaya tahunan setiap tahun. Jika biaya tahunan tidak dibayar, Anda tercatat menunggak meskipun cicilan sudah dibayar tepat waktu
  • Biaya Pelunasan Dipercepat pinjaman dana tunai sebaiknya jadi hal yang perlu diperhatikan karena jika Anda memutuskan menolak pinjaman yang sudah dicairkan atau melunasi lebih cepat dari tenor yang seharusnya, Anda harus membayar biaya denda yang cukup besar.
  • Ada pula bank yang tidak memperbolehkan nasabah melakukan pelunasan dipercepat sebelum melakukan pembayaran minimal cicilan tertentu. Ini perlu jadi perhatian karena artinya nasabah perlu membayar bunga selama beberapa bulan terlebih dahulu sebelum bisa melakukan pelunasan dipercepat.
  • Beberapa bank mengenakan denda biaya keterlambatan yang relatif tinggi. Perhatikan berapa biaya terlambat yang diminta oleh setiap bank.

#6 Fintech Pinjaman Online

Berdasarkan penjelasan soal cara pinjam uang tanpa jaminan ke bank, Anda bisa menilai bahwa tidak semua orang bisa mengajukan atau lolos kualifikasi serta persyaratan diminta bank.

Pertanyaannya, apa tempat pinjam uang selain bank ?

Yang bisa Anda lakukan adalah pinjam uang tanpa jaminan secara online di perusahaan Fintech atau Financial Technology, yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan langsung cair ke rekening pemohon, lewat aplikasi pinjam uang tunai.

Pinjaman online tanpa jaminan dimulai Fintech P2P sejak 2016, seiring keluarnya ketentuan OJK soal P2P di Des 2016.  Saat ini Maret 2019 P2P berjumlah 99 perusahaan di Indonesia yang tercatat di OJK.

Kehadiran Fintech cukup fenomenal karena beberapa hal:

Pertama, Fintech menawarkan cara pinjam uang tanpa jaminan yang sama sekali berbeda dengan bank.

Hal – hal yang selama ini menjadi komplain masyarakat atas proses pengajuan kredit bank, yaitu lama, berbelit-belit, sulit, diatasi oleh pinjaman online Fintech.

Kedua, Fintech menjual kecepatan dan kemudahan dalam bentuk proses cepat tanpa survey, tanpa jaminan apapun, 1 hari approval dan langsung cair ke rekening peminjam

Ketiga, persyaratan di Fintech sangat mudah dibandingkan bank, yaitu hanya perlu e-KTP, foto selfie dan tanpa kartu kredit. Pengajuan cukup dilakukan melalui aplikasi, tidak perlu mengunjungi kantor cabang dan tinggal upload dokumen melalui aplikasi

Keempat, Fintech memperkenalkan proses pinjaman kilat secara online yang selama ini belum pernah hadir di Indonesia.

Bagusnya, karena adanya Fintech, banyak bank sekarang berlomba menawarkan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat.

KTA Online yang ditawarkan bank sudah mulai bermunculan dengan solusi pembiayaan yang inovatif, meskipun harus diakui bahwa aplikasi bank belum secepat dan semudah fintech, karena mungkin tingkat resiko yang bisa ditanggung dan regulasi yang dihadapi berbeda antara bank dan Fintech P2P.

Kelima, beberapa Fintech datang dari negara lain yang memiliki kemajuan teknologi evaluasi kredit dengan machine learning dan credit scoring, yang memanfaatkan data device atau ponsel untuk menentukan kelayakan kredit.

Itu hal hal yang membuat fintech menarik. Tetapi fintech lending bukan tanpa masalah.

Meskipun Fintech tumbuh bak jamur, tetapi satu hal yang perlu diperhatikan semua calon peminjam, yaitu bagaimana memilih pinjaman uang online terpercaya.

Karena beberapa waktu belakangan ini, banyak Fintech ilegal yang masuk ke Indonesia menawarkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan apapun, proses 1 hari, tanpa kartu kredit serta menjanjikan cepat cair, yang persis sama dengan Fintech legal.

Namun, Fintech ilegal melakukan proses penagihan nasabah yang tidak sesuai ketentuan dan memberikan bunga pinjaman yang super tinggi.

Akibatnya, banyak nasabah yang komplain soal kelakukan Fintech ilegal ini, sementara regulator sulit menjangkau Fintech ilegal sebab keberadaan mereka tidak jelas, bahkan banyak yang lokasi server di luar Indonesia.

Oleh karena itu, masyarakat yang ingin mengajukan kredit kilat di Fintech wajib memperhatikan legalitas Fintech tersebut. Pastikan bahwa pengajuan dilakukan di perusahaan fintech p2p yang terdaftar di OJK.

Daftar Fintech Terdaftar di OJK lihat disini.

Meskipun OJK berupaya keras menutup Fintech ilegal, tetapi calon nasabah tetap harus proaktif, memastikan bahwa Fintech yang digunakan adalah legal dan terdaftar di OJK.

Kesimpulan

Bagaimana cara pinjam uang di bank tanpa jaminan di 2019 untuk mendapatkan dana tunai dengan bunga dan persyaratan terbaik ? Jawaban atas hal ini tidak sulit sesuai dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Malahan saat ini, masyarakat punya alternatif, selain bank, untuk mengajukan pinjaman dana tunai online yang cepat cair yaitu melalui Fintech P2P lending. Ada 99 perusahaan Fintech P2P siap melayani.

Namun, sebagaimana di perbankan, masyarakat perlu jeli dalam memilih pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat di Fintech.

Aspek bunga, biaya admin, persyaratan dan pengajuan perlu dipertimbangkan dengan hati – hati sebelum melakukan pengajuan kredit KTA dimana pun itu, bank atau fintech.

0 comment

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Newsletter

Subscribe our Newsletter for new blog posts, tips & new photos. Let's stay updated!