Kredit

Info Seputar KUR Mandiri yang Wajib Anda Tahu

written by wisanggeni | May 28, 2019

Di era modern ini masyarakat lebih memilih untuk beralih profesi dari pegawai menjadi seorang pengusaha. Selain tak memiliki ikatan yang mengikat secara kuat dengan pihak lain, membuka sebuah usaha juga mampu mendatangkan penghasilan yang cukup besar sehingga mampu membuat anda kaya raya dalam waktu singkat.

Terdengar sangat mudah bukan? Namun kenyataannya tidak semudah itu, untuk mendirikan sebuah usaha diperlukan modal yang tinggi serta skill yang mumpuni. Apabila tak diimbangi dengan dua faktor tersebut dijamin usaha anda tidak akan bertahan lama.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia menjadi lahan basah bagi perusahaan keuangan seperti bank untuk mengembangkan sayapnya. Salah satu bank yang sudah malang melintang di dunia perbankan di Indonesia adalah PT. Bank Mandiri, Tbk. Dibandingkan dengan bank konvensional lainnya, Mandiri lebih memprioritaskan untuk melayani masyarakat kelas menengah ke bawah, tapi juga tak mengurangi nilai pelayanan pada kelas menengah ke atas. Salah satu bentuk usahanya dalam melayani masyarakat kecil adalah dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro.

Tertarik? Berikut ulasan lengkap mengenai KUR Mandiri yang wajib anda simak.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri

Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Mandiri adalah kredit, pembiayaan, atau pinjaman yang diberikan oleh Bank Mandiri kepada Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) yang sudah memiliki kelas usaha yang layak dan produktif namun belum terjamah oleh dana perbankan.

Diluncurkannya produk KUR dai bank Bank Mandiri memiliki tujuan utama yaitu untuk meningkatkan dan memberikan layanan yang prima kepada semua pihak termasuk usaha kecil menengah mikro (UMKM), membantu pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, meningkatkan daya saing UMKM, dan mengurangi kemiskinan serta penganguran di Indonesia. Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri terdiri dari tiga kategori yaitu:

KUR Mikro Bank Mandiri

Kategori pertama untuk Kredit Usaha Mikro (KUR) dari Bank Mandiri yaitu KUR Mikro. Pilihan kredit pinjaman yang satu ini diberikan kepada usaha kecil menengah mikro (UMKM) dengan batas maksimal pinjaman yaitu sebesar Rp 25 juta dengan jangka waktu maksimal pinjaman selama dua tahun.

KUR Mandiri dibagi menjadi dua jangka waktu pelunasan kredit yaitu pembiayaan modal dan pembiayaan investasi. Untuk kredit pembiayaan modal, Bank Mandiri menetapkan jangka waktu maksimal pembayaran yaitu tiga tahun. Sedangkan untu kredit pembiayaan investasi maksimal jangka waktu selama lima tahun. Untuk syarat-syarat pengajuan kredit Mikro, anda dapat menyimaknya di penjelasan berikut ini:

  • Calon debitur tidak memiliki kredit atau pinjaman dari pihak perbankan lain.
  • Calon penerima dana KUR Mandiri tidak sedang menerima dana KUR Mikro dari penyalur yang sama, kredit atau leasing kendaraan bermotor, kredit atau leasing kepemilikan rumah, kartu kredit, dan resi gudang dengan kolektibilitas lancar.
  • Apabila calon debitur telah menerima dana KUR dari penyalur yang sama tetapi sudah dilunasi, makai a wajib untuk menunjukan dan menyerahkan bukti pelunasan berupa Surat Keterangan Lunas/Roya yang dilampirkan bersama cetakan rekening koran dari bank terdahulu.
  • Tidak termasuk ke dalam black list atau catatan hitam nasional penarik cek dan Bilyet Giro Kosong
  • Usia minimal calon debitur yaitu 21 tahun atau telah menikan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan menyanggupi untuk melunasi kredit maksimal di usia 60 tahun
  • Memiliki usaha layak dan produktif yang telah dijalankan selama minimal enam bulan sejak pendirian.
  • Suku bunga yang berlaku untuk kredit KUR Mikro Bank Mandiri sebesar 7% efektif per tahun
  • KUR Ritel Bank Mandiri

Kategori kedua untuk Kredit Usaha Mikro (KUR) dari Bank Mandiri yaitu KUR Ritel. Pilihan kredit pinjaman yang satu ini diberikan kepada usaha ritel denga minimal pinjaman sebesar Rp 25 juta dan maksimal pinjaman sebesar Rp 200 juta per debitur. Untuk modal kerja, Bank Mandiri menetapkan jangka waktu maksimal selama tiga tahun dan lima tahun untuk kredit investasi

KUR Ritel Mandiri dibagi menjadi dua jangka waktu pelunasan kredit yaitu pembiayaan modal dan pembiayaan investasi. Untuk kredit pembiayaan modal, Bank Mandiri menetapkan jangka waktu maksimal pembayaran yaitu 4 tahun. Sedangkan untuk kredit pembiayaan investasi maksimal jangka waktu selama 5 tahun. Untuk syarat-syarat pengajuan KUR Ritel, anda dapat menyimaknya di penjelasan berikut ini:

  • Calon debitur tidak memiliki kredit atau pinjaman dari pihak perbankan lain.
  • Calon penerima dana KUR Mandiri tidak sedang menerima dana KUR dari penyalur yang sama, kredit atau leasing kendaraan bermotor, kredit atau leasing kepemilikan rumah, kartu kredit, dan resi gudang dengan kolektibilitas lancar.
  • Apabila calon debitur telah menerima dana KUR dari penyalur yang sama tetapi sudah dilunasi, makai a wajib untuk menunjukan dan menyerahkan bukti pelunasan berupa Surat Keterangan Lunas/Roya yang dilampirkan bersama cetakan rekening koran dari bank terdahulu.
  • Tidak termasuk ke dalam black list atau catatan hitam nasional penarik cek dan Bilyet Giro Kosong
  • Usia minimal calon debitur yaitu 21 tahun atau telah menikan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan menyanggupi untuk melunasi kredit maksimal di usia 60 tahun
  • Memiliki usaha layak dan produktif yang telah dijalankan selama minimal enam bulan sejak pendirian.
  • Suku bunga yang berlaku untuk kredit KUR Mandiri sebesar 7% efektif per tahun
  • KUR Penempatan TKI

Kategori ketiga untuk Kredit Usaha Mikro (KUR) dari Bank Mandiri yaitu KUR penempatan TKI. Pilihan kredit pinjaman yang satu ini memiliki jangka waktu pinjaman yang disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan. Untuk limit maksimal pinjaman, Bank Mandiri menetapkan jumlah sebesar Rp 25 juta. Untuk mendapatkan dana KUR TKI, anda harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini.

  • Usia minimal calon debitur KUR TKI yaitu 21 tahun yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau akte dari instansi berwenang. Pihak Bank Maniri juga memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan calon debitur berusia 18 tahun namun harus menyertakan surat ijin dari suami/istri atau orang tua
  • Calon debitur tidak memiliki kredit dengan kolektibilitas sepenuhnya lancar dan tidak termasuk ke dalam Daftar Hitam Nasional Penaik Cek atau Bilyet Giro Kosong
  • Menunjukan bukti perjanjian kerja dengan pengguna jasa yang ditempatkan oleh PPTKIS, pemerintah atau perseorangan.
  • KUR Khusus

Pilihan kredit KUR yang terakhir dari Bank Mandiri yaitu KUR Khusus. Pinjaman yang satu ini ditujukan kepada kelompok atau organisasi yang dikelola secara bersama menggunakan bentuk cluster yang bekerja sama dengan Mitra Usaha untuk komoditas perkebunan, peternakan, dan perikanan rakyat.

Serupa dengan jenis KUR sebelumnya, KUR khusus juga memiliki dua pilihan yaitu kredit pembiayaan modal kerja dan kredit pembiayaan investasi. Untuk kredit pembiayaan modal kerja jangka waktu maksimal yang diberlakukan adalah empat tahun, sedangkan untuk kredit pembiayaan investasi jangka waktu maksimal pelunasan pinjaman selama lima tahun. Limit minimal kredit KUR adalah sebesar Rp 25 juta dan maksimal sebesar Rp 500 juta.

Demikian ulasan lengkap mengenai informasi seputar KUR Bank Mandiri. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

0 comment

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Newsletter

Subscribe our Newsletter for new blog posts, tips & new photos. Let's stay updated!