Kredit

Pilihan Gadai Syariah Solusi Dana Tunai Cepat Tanpa Riba

written by wisanggeni | December 28, 2018
Gadai Syariah 2018

Kebutuhan dana tunai dalam waktu cepat sering kali tidak mudah. Salah satu solusinya adalah memanfaatkan Gadai Syariah yang memberikan dana cepat tanpa riba. Apa produknya dan dimana ditawarkan ?

Salah satu perusahaan yang bisa menjadi pilihan adalah PT Pegadaian. Perusahaan milik negara ini punya layanan gadai, baik konvensional maupun syariah.

Gadai Syariah Pegadaian

Gadai Syariah Pegadaian 2018

Direktur Produk PT Pegadaian, Harianto Widodo, mengatakan, produk gadai syariah di perusahaannya lebih lengkap ketimbang gadai konvensional.

Pertama, ada produk rahn berupa barang jaminan emas perhiasan, emas batangan, berlian, smartphone, laptop, barang elektronik, sepeda motor, mobil dan barang bergerak lainnya. Hingga Mei 2018, dana kelolaan rahn di PT Pegadaian mencapai Rp 3,95 triliun.

Dalam gadai syariah, tetap terdapat bunga yang istilahnya mu’nah atau biaya pemeliharaan barang jaminan. Harianto merinci, untuk pinjaman dibawah Rp 500.000 akan terbebas dari mu’nah. “Itu namanya Rahn Hasan.

Satu orang hanya boleh ambil satu pinjaman, dan bisa diperpanjang ketika lunas. Tenornya dua bulan,” ujar Harianto.

Produk ini mirip dengan produk baru di segmen konvensional, yakni gadai Prima. Bedanya, produk gadai Prima bebas bunga, maka Rahn Hasan bebas biaya titipan. Manajemen Pegadaian berharap produk baru ini, makin menarik minat masyarakat ke Pegadaian. Produk ini tak cuma membidik masyarakatmenengah bawah, tapi juga mahasiswa.

Untuk pinjaman Rhan Hasan dengan nilai di atas Rp 500.000, Pegadaian memungut imbal hasil 1%-2% tergantung besaran pinjaman. Persentase imbal hasil ini memang lebih rendah dibandingkan dengan gadai konvensional.

Pada produk Rahn, minimal pinjaman Rp 50.000 hingga maksimal Rp 800.000. PT Pegadaian mengenakan biaya administrasi Rp 10.000 sampai Rp 200.000. Lama peminjaman sekitar 120 hari.

Kedua, Amanah. Produk ini berupa pinjaman untuk mencicil kendaraan. Pinjaman dengan nilai Rp 5 juta-Rp 450 juta dikenakan biaya administrasi 1% dan uang muka 20% dari harga produk. Adapun jangka waktu pinjaman selama 12 bulan hingga 35 bulan.

Ketiga, produk Arrum. Produk gadai ini disediakan untuk pengusaha kecil yang ingin mendapatkan modal usaha dengan menjaminkan buku pemilikan kendaraan bermotor (BPKB) atau emas. Kendaraan bermotor yang menjadi agunan tetap bisa dipakai pemiliknya.

Nilai pinjaman mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 400 juta, dengan biaya administrasi 1% dari uang pinjaman dan jangka waktu 12 bulan – 36 bulan.

Keempat, Arrum Haji. Produk ini menggunakan sistem gadai emas untuk pendaftaran menjadi jamaah haji. Maksimal uang pinjaman Rp 25 juta dengan biaya administrasi Rp 270.000 dan jangka waktu pinjaman 1 tahun-5 tahun.

Kelima, gadai tanah yang memang prosesnya agak rumit. Sebab, lahan yang digadaikan harus didatangi terlebih dulu dan dicek legalitas surat-surat atau sertifikatnya.

Syarat lain, tanah itu harus produktif atau ada cash flow dari yang berdiri di lahan itu. Misal, di pedesaan, lahan itu digunakan untuk sawah, kebun, atau kolam ikan.

Dengan produk gadai tanah, PT Pegadaian ingin memberi akses ke pengusaha kecil yang omzetnya puluhan juta.

Pegadaian juga tetap memfasilitasi masyarakat yang terpaksa menggadaikan barang elektronik untuk mendapat pinjaman. “Di kampung- kampung ada yang gadai blender. Ada pula rice cooker, dan macam-macam,” ujar Harianto.

Gadai Emas BRI Syariah

Ada beberapa syarat untuk menggadaikan emas di BRI Syariah.

Pertama, emas yang dibawa adalah benar-benar menjadi milik nasabah/pembawa.

Kedua, jenis emas berupa logam mulia dan perhiasan dengan minimal karatase perhiasan yakni 16 karat dengan berat minimal 2 gram. Perlu dicatat, saat ini BRISyariah tidak menerima gadai perhiasan berupa emas putih.

Ketiga, nasabah telah memiliki rekening tabungan di BRI Syariah

Keempat, nilai emas akan ditaksir oleh petugas penaksir emas BRI Syariah.
Mengenai nilai pembiayaan, BRI Syariah bisa mengucurkan maksimal 90% dari nilai hasil taksiran BRISyariah.

Dengan menggadaikan emas di bank syariah atau produk syariah ada manfaat yang bisa diambil. Misalnya soal biaya ujroh atau sewa tempat. BRI Syariah mengenakan biaya berdasarkan nilai jaminan (berat/jenis/ karatasenya) selama jangka waktu gadai, bukan berdasarkan besarnya nilai pembiayaan atau pinjaman. Jika melewati jatuh tempo, maka dikenakan biaya ganti rugi atau juga denda.

Cara ini berbeda dengan gadai konvensional yang mengenakan biaya sewa berdasarkan persentase dari nilai pinjaman dan jangka waktu. Selain itu, jika melampaui waktu jatuh tempo, dihitung biaya keterlambatan.

Gadai syariah relatif lebih menarik dibanding gadai konvensional karena saat ini umumnya tarif sewa gadai syariah lebih murah dibandingkan dengan gadai konvensional.

Nah, untuk tarif biaya sewa tempat gadai emas di BRISyariah dibedakan antara logam mulia dan perhiasan. Biaya sewa dihitung per 10 hari penyimpanan dengan equivalen rate biaya sewa alias ujroh antara 14,5% sampai 15,5%.

Gadai Emas Bank Syariah Mandiri

Bank Syariah mandiri memiliki produk gadai emas. Besaran pembiayaannya Rp 500.000- Rp 250 juta dengan jangka waktu pinjaman selama empat bulan dan bisa diperpanjang atau dapat digadai ulang setelah lunas.

Emas yang bisa digadaikan di BSM adalah emas lantakan atau batangan dan perhiasan. Kadar karatnya mulai dari 16 karat sampai dengan 24 karat.

Beda dengan PT Pegadaian maupun bank syariah lainnya, nilai pinjaman emas batangan di BSM maksimal 95% dari nilai taksiran oleh BSM. Sedangkan untuk emas perhiasan lebih kecil, yakni maksimal 80% dari nilai taksiran BSM.

Perlu diingat, ada biaya tambahan yang harus disiapkan, yakni biaya administrasi pencairan yang dipungut di awal periode dan biaya sewa penyimpanan.

Kesimpulan

Kebutuhan dana tunai dalam waktu cepat tidak selamanya harus meminjam di bank konvensional. Saat ini, jika punya asset tertentu, Anda bisa menggunakan fasilitas gadai Syariah yang ditawarkan Pegadaian dan beberapa bank Syariah.

Selain tidak riba karena berlandaskan Syariah, Gadai Syariah juga menguntungkan dari segi biaya bagi calon pengguna.

0 comment

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Newsletter

Subscribe our Newsletter for new blog posts, tips & new photos. Let's stay updated!