Kredit

Yuk Kenali Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan yang Menguntungkan

written by wisanggeni | June 10, 2019

Melakukan pinjaman tanpa jaminan tidak hanya bisa dilakukan di Bank saja, melainkan Anda juga dapat melakukan pinjaman tanpa jaminan di koperasi. Koperasi merupakan badan usaha yang dimilik dan dioperasikan oleh anggotanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Atau badan hokum yang dibentuk dari asas kekeluargaan dengan tujuan mensejahterahkan para anggotanya. Sesuai dengan pengertiannya bahwa badan usaha ini mengumpulkan dana dari anggota sebagai modal usaha.

Tujuan Diadakannya Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Tujuan koperasi sendiri tak lain untuk mensejahterahkan para anggotanya. Adapun tujuan lain adalah sebagai berikut :

  • meningkatkan taraf hidup anggota
  • membantu kehidupan anggota koperasi dalam hal ekonomi
  • membantu pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan Makmur
  • untuk membangun tatanan perekonomian nasional

Sedangkan fungsi dari koperasi yang tertera pada Undang-undang No. 25 Tahun 12 Pasal 4 adalah sebagai berikut :

  • Membangun dan meningkatkan potensi ekonomi para anggota dan juga masyarakat secara umum
  • Berperan aktif meningkatkan kualitas hidup anggota dan masyarakat
  • Sebagai pondasi untuk memperkuat perekonomian rakyat
  • Mengembangkan perekonomian nasional untuk menjadi lebih baik dengan usaha berdasarkan asas kekeluargaan

Prinsip dasar koperasi dalam kegiatan operasionalnya adalah sebagai berikut :

  • Keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela
  • Proses pengelolaan dilakukan secara demokrasi
  • Pembagian SHU harus adil sesuai dengan kinerja masing-masing anggota

Keunggulan Melakukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Dengan tujuan, fungsi, dan prinsip seperti yang diuraikan di atas maka tak jarang masyarakat lebih mempercayai koprasi daripada bank dalam urusan simpan pinjam. Keunggulan Koperasi dengan layanan keuangan lain adalah.

  • Bunga yang lebih terjangkau
  • Syarat yang lebih mudah daripada di bank
  • Dapat SHU setiap tahun

Dengan keunggulan tersebut membuat masyarakat memilih melakukan pinjaman di koperasi. Terlebih lagi sekarang ini koperasi juga menawarkan pinjaman tanpa jaminan.  Syarat mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan akan kami ulas di bawah ini :

Syarat dan Ketentuan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Syarat pengajuan pinjaman pastinya diperlukan beberapa dokumen yang nantinya akan dianalisis oleh koperasi. Beberapa dokumen tersebut adalah fotocopy KTP suami istri (jika sudah menikah), fotocopy KK, slip gaji, dan slip tagihan listrik. Selain itu syarat utama pastinya adalah harus menjadi anggota koperasi dan mengisi formulir pinjaman. Setelah syarat-syarat terlengkapi dan berkas-berkas terpenuhi maka anda harus mengajukan proposal yang berisi penggunaan dana yang anda pinjam.

Setelah pengajuan proposal selesai, pengurus koperasi akan mempertimbangkan proposal yang anda ajukan. Jika proposal disetujui pencairan dana pinjaman dan lama jangka waktu pinjaman akan ditentukan berdasarkan kesepakatan Bersama, kemudia akan di tuankan dalam akad koperasi. Selain syarat-syarat berupa dokumen anda penuhi. Syarat lainnya adalah sebagai berikut :

  • Berstatus sebagai WNI
  • Membayar simpanan pokok dan wajib sesuai ketentuan koperasi
  • Menyepakati anggaran rumah tangga, anggaran dasar, dan kesepakatan lainnya
  • Keanggotaan berbentuk perseorangan bukan badan hokum

Setelah syarat tersebut terpenuhi anda sudah dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan menyerahkan beberapa dokumen yang telah kami jelaskan di atas.

Persyaratan dan beberapa dokumen tersebut harus terpenuhi agar proses pengajuan pinjaman berjalan lancar. Karena syarat dan dokumen tersebut nantinya akan mempermudah anggota koperasi dalam menentukan pinjaman.

Pinjaman Koperasi Online Tanpa Jaminan

Selain melakukan pelayanan secara offline, beberapa koperasi juga menyediakan layanan online yang pastinya akan mempermudah urusan anda. Koperasi memang harus mengikuti perkembangan zaman dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. Meskipun masih terbilang sedikit tapi beberapa di bawah ini merupakan pinjaman koperasi online tanpa jaminan.

Koperasi Mapan Indonesia

Merupakan koperasi simpan pinjam yang sudah menyediakan layanan online, termasuk pinjaman koperasi online tanpa jaminan. Koperasi ini merupakan koperasi bersar berskala nasional dan berada dibeberapa tempat antara lain Surabaya, Jakarta, Bandug, Yogyakarta, Semarang, Makasar, dan Medan.

Dengan cakupan wilayah yang begitu luas mereka berani menyediakan layanan pinjaman koperasi online tanpa jaminan. Pinjaman tersebut khususnya diperuntukan untuk modal usaha dan biaya Pendidikan. Pinjaman yang dapat anda pinjam dapat mencapai Rp 20 juta dengan tenor 12 bulan.

Koperasi Sahabat Mitra Sejati

Koperasi Sahabat Mitra Sejati juga merupakan koperasi berskala nasional. Dengan mempunyai lebih 100 cabang membuat koperasi ini tidak ragu untuk menyediakan pinjaman koperasi online tanpa jaminan. Banyaknya cabang yang dimiliki oleh Koperasi Sahabat Mitra Sejati tidak lepas dari dukungan grup Sampoerna. Mereka bekerjasama dalam bidang pendanaan dengan mekanisme chanelling atau asset buying.

Koperasi Sejahterah Bersama

Koperasi Sejahterah Bersama merupakan koperasi terbaik ke dua tingkat nasional untuk kategori koperasi simpan pinjam. Koperasi ini juga menyediakan layanan pinjaman koperasi online tanpa jaminan bagi anggota dan masyarakat umum.

Koperasi Dana Rahayu

Koperasi Dana Rahayu berasil menyediakan layanan pinjaman koperasi online tanpa jaminan berkat kerjasama dari BUMN, swasta, dan koperasi offline. Program pinjaman tersebut terdapat tiga jenis pinjaman yaitu pembiayaan kredit usaha, kredit sepeda motor, dan kredit serbaguna untuk keperluan lain.

Itulah beberapa koperasi yang menyediakan layaran pinjaman koperasi online tanpa pinjaman. Lalu apa bedanya dengan pinjaman online tanpa jaminan pada umumnya? Pinjaman online tanpa pinjaman dikelola oleh perusahaan fintech. Anda bisa melakukan pinjaman melalui website atau aplikasi resmi yang ada di playstore atau Appstore. Sedangkan untuk pengajuan koperasi online tanpa jaminan hanya bisa dilakukan di web resmi yang telah disediakan.

Plus Minus Pinjaman Koperasi Online Tanpa Jaminan

  • Proses mudah dan cepat
  • Harus menjadi anggota koperasi
  • Bunga yang diberikan ringan
  • Platfom pinjaman terbatas
  • Masih belum banyak pilihan koperasi online
  • Syarat yang diberikan rumit

Plus Minus Pinjaman Offline Tanpa Jaminan.

  • Proses lebih cepat dan mudah
  • Persyaratan Cuma membutuhkan KTP, NPWP, dan rekening bank
  • Nominal pinjaman lebih besar
  • Bunga yang diberikan lebih tinggi
  • Ada kemungkinan pengajuan di tolak

Keduanya memiliki nilai plus dan minus masing-masing semuanya tergantung dengan kecocokan atau selera anda. Jika anda merupakan anggota koperasi maka lebih baik anda melakukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi.

Sehingga akan mempermudah proses pinjaman yang anda butuhkan. Apapun yang anda pilih pastikan sudah dalam pertimbangan yang baik dan teliti, sehingga nantinya tidak akan membebankan anda dalam melakukan cicilan. Yang pasti anda tidak akan menyesal dengan keputusan yang anda pilih.

Beberapa ulasan di atas bertujuan untuk mempermudah kalian untuk memilih koperasi pinjaman uang tanpa jaminan sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda memenuhi syarat ketentuan pastinya pencairan dana akan lebih mudah. Selain itu menggunakan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi telah kami sebutkan kelebihan dan kekurangannya.

Untuk proses online maupun offline itu merupakan selera anda. Alangkah lebih baiknya jika anda mengajukan pinjaman dengan langsung datang ke koperasi agar bisa mengajukan beberapa pertanyaan kepada petugas mengenai hal yang belum anda pahami. Sehingga nantinya akan mempermudah anda untuk mengambil keputusan. Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

0 comment

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Newsletter

Subscribe our Newsletter for new blog posts, tips & new photos. Let's stay updated!