Pembayaran Kartu Kredit HSBC bisa ditolak. Apa penyebab kartu kredit tidak dapat digunakan ?
Tentu saja, kartu kredit yang tidak bisa digunakan sangat mengganggu. Apalagi saat kondisi yang urgent.
Untuk itu, kita akan membahas secara lengkap penyebab kartu kredit HSBC yang tidak bisa digunakan.
Berikut alasan kartu kredit ditolak saat digunakan untuk membayar.
Daftar Isi[Lihat]
1. Kartu Kredit HSBC Belum Diaktivasi
Semua kartu kredit dikirimkan ke pemegang kartu dalam kondisi tidak aktif. Artinya, kartu belum bisa digunakan untuk transaksi.
Pemegang kartu harus mengaktifkan kartu terlebih dahulu untuk bisa digunakan.
Cara mengaktivasi cukup mudah, yaitu menghubungi HSBC 1500 808 atau melakukannya secara online di aplikasi mobile banking HSBC.
2. Kartu Kredit Sudah Expired
Kartu Kredit HSBC memiliki masa berlaku yang tercantum di bagian depan kartu.
Jika masa berlaku sudah terlewati, otomatis kartu kredit tidak bisa digunakan.
Pemegang kartu perlu mengaktifkan kartu kredit pengganti yang baru, yang dikirimkan bank penerbit beberapa minggu sebelum kartu kredit yang kadaluarsa.
3. Over Limit di Kartu Kredit HSBC
Penggunaan kartu kredit HSBC dibatasi oleh limit. Penggunaan melebihi limit atau overlimit menyebabkan transaksi tidak bisa dilakukan.
Lakukan transaksi senilai limit yang tersedia atau minta kenaikan limit jika dirasa limit saat ini kurang dari rencana transaksi yang akan dilakukan.
4. Kartu Kredit Sedang Diblokir
Kartu kredit yang diblokir oleh bank tidak bisa digunakan. Ada banyak penyebab dan alasan kartu kredit diblokir.
Informasi kartu yang diblokir disampaikan ke pemegang kartu.
Hubungi HSBC 1500 808 untuk menanyakan alasan dan resolusi untuk membuka blokir.
5. Salah Memasukkan OTP Saat Transaksi Online
Dalam transaksi online, seperti di e-commerce, travel online, pengguna wajib memasukkan OTP yang dikirim via SMS. Salah memasukkan OTP membuat transaksi online dengan kartu kredit ditolak.
OTP berfungsi memberikan perlindungan keamanan dalam transaksi online. Jadi, OTP yang benar sangat penting.
Pastikan bahwa bisa menerima OTP yang dikirim penerbit kartu kredit di HP yang digunakan pemegang kartu, serta memasukkan OTP yang dikirim dengan benar.
6. Indikasi Transaksi Mencurigakan dan Fraud
HSBC sebagai penerbit kartu wajib untuk selalu memantau setiap transaksi. Jika ditemukan indikasi fraud atau penggunaan kartu kredit yang mencurigakan, kartu akan diblokir sementara dan tidak bisa digunakan sampai blokir dibuka kembali.
Kartu kredit HSBC akan menghubungi pemegang kartu dan blokir akan dibuka setelah dilakukan investigasi, klarifikasi dan pengecekan.
7. Punya Tunggakan Belum Dibayar
Tunggakan pembayaran tagihan membuat kartu kredit HSBC tidak bisa digunakan. Tunggakan harus diselesaikan terlebih dahulu agar transaksi dengan kartu bisa dilakukan kembali.
Biasanya keterlambatan selama 3 hari masih ditolerir, namun lepas dari itu, kartu tidak bisa digunakan sampai tunggakan pembayaran dilunasi.
8. Hubungi Layanan Pelanggan Kartu Kredit HSBC
Jika mengalami masalah dalam transaksi kartu kredit, kita bisa menghubungi:
- Layanan Call Center HSBC 1500 808
- Internet Banking HSBC di www.hsbc.co.id
- Alamat World Trade Centre 1, Lt.3 Jl. Jend Sudirman Kav. 29-31, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12920