Advertisements

Cara Buat Kartu Kredit Panin (2023)

Advertisements

Bagaimana caranya apply kartu kredit Panin agar bisa disetujui pengajuannya ? Ada sejumlah tips dan trik.

Kartu kredit Panin bisa diajukan dengan mudah dan disetujui, asalkan kita paham syarat dan ketentuan.

Berikut ini cara dan step pengajuan kartu kredit Panin di 2023, yaitu:

Advertisements

Daftar Isi[Lihat]

1. Cek Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit Panin

Paling awal adalah kita cek syarat dan ketentuan pengajuan kartu kredit Panin yang bisa dicek di www.panin.co.id atau datang ke kantor cabang terdekat.

Bisa juga menghubungi layanan call center Panin 1500-678 atau 60678 untuk mendapatkan informasi lengkap soal cara pengajuan, syarat dan ketentuan.

2. Siapkan Slip Gaji dan Dokumen Pendukung

Slip gaji adalah dokumen penting yang harus disiapkan sejak awal karena pasti akan diminta dalam proses pengajuan kartu kredit.

Selain itu, dokumen pendukung lain perlu juga dipersiapkan, yaitu:

  • Isi formulir aplikasi kartu kredit
  • NPWP

3. Pastikan Penghasilan Minimum Rp 3 Juta

Bank Indonesia sebagai regulator semua bank di Indonesia menetapkan bahwa minimum penghasilan untuk bisa mengajukan kartu kredit Panin adalah Rp 3 juta dan hal tersebut harus bisa dibuktikan dengan dokumen penghasilan.

Ada dua hal disini.

  1. Harus punya penghasilan, jadi belum punya penghasilan tidak bisa mengajukan kartu kredit, kecuali mengambil kartu kredit suplemen (tambahan) yang dijamin oleh pemegang kartu kredit utama.
  2. Buat yang punya penghasilan dibawah 3 juta, sebaiknya tidak membuang buang waktu untuk mengajukan permohonan kartu kredit, kecuali punya penghasilan tambahan yang bisa dibuktikan sehingga total penghasilan mencapai minimum Rp 3 juta.

4. Catatan Kredit di BI Checking SLIK OJK Bagus

Bank {Kartu Kredit}} pertama – tama pasti akan mengecek apakah kita punya catatan pinjaman yang bagus di BI checking atau sekarang disebut SLIK OJK.

Advertisements

Kalau berdasarkan BI checking, bank menemukan kita punya tunggakan pinjaman, sudah pasti bank tidak akan menyetujui permohonan kartu kredit.

Jika pernah punya tunggakan dan sekarang sudah lunas, itupun akan jadi catatan bank dan pasti akan mempengaruhi keputusan, meskipun case-nya tidak akan seburuk yang masih punya tunggakan dan belum lunas.

Advertisements

Bank biasanya akan melihat berapa lama tunggakan, 30 hari terlambat masih dianggap oke, lebih dari 30 hari sudah dianggap tidak baik.

5. Punya Kartu Kredit Bank Lain dengan Kinerja Bagus

Menyertakan kartu kredit bank lain adalah salah satu syarat yang kerap diminta. Meskipun tidak selalu diminta.

Related Post

Kalau punya kartu kredit bank lain dengan catatan pembayaran yang bagus, sebaiknya kita sertakan dalam pengajuan kartu kredit Panin karena akan meningkatkan kemungkinan untuk pengajuan disetujui.

6. Tidak Ditolak Pengajuan Kartu Kredit dalam 3 Bulan

Kalau pernah ditolak pengajuan kartu kredit Panin kurang 3 bulan, sebaiknya tunggu dulu dan ajukan kembali setelah lewat 3 bulan.

Pastikan bahwa data yang baru, lebih baik dibandingkan data sebelumnya yang pernah ditolak. Kalau datanya sama, terutama soal penghasilan, akan sia – sia mengajukan kembali.

7. Isi Formulir Pengajuan Kartu Kredit

Setelah semua dokumen lengkap dan syarat bisa dipenuhi, kita bisa segera mengisi formulir pengajuan kartu kredit Panin yang bisa diajukan dengan:

Advertisements
  • online di internet banking www.panin.co.id
  • kunjungi kantor cabang Panin terdekat atau kantor pusat Panin Bank Centre, Jl. Jend. Sudirman Kav. 1 (Senayan), Jakarta 10270
  • hubungi layanan call center Panin 1500-678 atau 60678

Cara yang paling umum sekarang adalah online, banyak bank penerbit kartu sudah menyediakan pengajuan secara online.

Apply kartu kredit via online sudah sangat maju sekarang, dimana proses diselesaikan online tanpa perlu ke cabang atau kirim dokumen fisik.

Bahkan beberapa penerbit kartu sudah menerima tanda tangan elektronik di formulir pengajuan, sehingga kita tidak perlu mengirimkan lagi dokumen aslinya, cukup tanda tangan secara online.

8. Lolos Verifikasi Penerbit Kartu Kredit

Untuk bisa disetujui, kita harus lolos verifikasi.

Yang pertama dihubungi biasanya adalah pemohon untuk memastikan adanya pengajuan dan menghindari kartu kredit fiktif atau diberikan ke orang lain yang tidak berhak.

Karena itu, no ponsel yang kita cantumkan di pengajuan harus bisa dihubungi. Bank akan mencoba menghubungi hanya dalam beberapa kali kesempatan.

Advertisements

Selain itu, bank kadangkala, tidak selalu, menghubungi tempat bekerja untuk mengkonfirmasi bahwa pemohon bekerja disana dan menanyakan penghasilan.

Advertisements

Verifikasi ke kantor cukup tricky karena tidak mudah menghubungi apalagi berbicara dengan HRD kantor. Ada baiknya sampaikan ke HRD bahwa kita sedang mengajukan kartu kredit ke bank dan kemungkinan pihak bank akan mengontak ke kantor.

Kalau punya no extension kantor itu akan membantu sehingga bank bisa langsung menghubungi Anda ke nomor tersebut dan bisa memastikan Anda kerja disana.

9. Hubungi Layanan Call Center Pelanggan

Untuk informasi lebih lanjut soal cara syarat dan status pengajuan, hubungi layanan pelanggan berikut:

  • Call Center Panin 1500-678 atau 60678
  • Datang ke kantor cabang Panin terdekat
  • Kirim ke email yang terdapat di Internet Banking www.panin.co.id
  • Kunjungi Kantor Pusat Panin Bank Centre, Jl. Jend. Sudirman Kav. 1 (Senayan), Jakarta 10270
Beri review post
Advertisements
Related Post
Advertisements