Advertisements

10 Kredit Laptop Terbaik Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Advertisements

Apa kredit laptop terbaik, yang bisa menawarkan cicilan tanpa kartu kredit dan tanpa DP ? Meskipun ada DP, tetapi sangat ringan.

Beli laptop bisa dicicil dengan kredit laptop yang banyak ditawarkan secara online di berbagai toko e-commerce, tanpa syarat kartu kredit dan tanpa DP, bahkan ada cicilan 0% sampai 12 bulan. 

Tapi, pengalaman saya, ada biaya tambahan dalam program cicilan 0% di e-commerce online. Bagaimana menghindarinya ?

Advertisements

Berikut ini adalah review atas 10 kredit laptop dengan cicilan tanpa kartu kredit dan tanpa DP:

1. Kartu Kredit

Kartu kredit adalah pilihan cara pembayaran yang utama di e-commerce. 

Semua kartu yang diterbitkan di Indonesia diterima oleh e-commerce,.

Anda tinggal memasukan no kartu kredit beserta dengan data-data lainnya, lalu sistem e-commerce mengecek ke bank yang menerbitkan kartu untuk validasi dan verifikasi.

Kartu kredit akan menanyakan apakah Anda ingin membayar lunas atau secara cicilan dari 3 bulan sampai 12 bulan.

Di setiap skema cicilan, Anda bisa melihat jumlah angsuran per bulan selama masa tenor kredit yang dipilih.

Keuntungan menggunakan kartu kredit adalah prosesnya cepat karena Anda sudah punya kartu kredit yang sudah disetujui.

Advertisements

Tapi, tidak semua orang punya kartu kredit dan tidak mudah pula mendapatkan persetujuan kartu kredit baru.

Oleh karena itu, muncul pilihan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit.

2. BRI Ceria

Ceria adalah produk cicilan tanpa kartu kredit dari Bank BRI, yang merupakan aplikasi kredit online yang memberikan kredit limit buat pengguna untuk belanja di berbagai merchant yang kerjasama dengan Bank BRI.

Fitur BRI Ceria adalah:

  • Limit pinjaman Rp 500,000 sampai Rp 20,000,000
  • Tenor pinjaman dari 1 bulan sampai dengan 12 bulan.

Ceria bekerja layaknya kartu kredit dimana nasabah akan diberikan kredit limit yang bisa digunakan saat belanja di toko online yang menyediakan metode pembayaran cicilan dengan BRI Ceria.

Pembayaran dari nasabah akan meningkatkan kembali nilai kredit limit BRI Ceria yang sudah terpakai dan bisa digunakan kembali untuk melakukan transaksi.

Tapi, BRI Ceria berbeda dengan KTA.

Ceria tidak memberikan pinjaman dalam bentuk dana tunai atau uang tunai. Anda harus transaksi di merchant, baru bisa menggunakan BRI Ceria.

Yang paling menarik dari BRI Ceria adalah bunganya, bunga adalah 1.42% per bulan atau 26.95% effective setahun. Sangat murah sekali untuk ukuran fintech.

Namun, persyaratan pengajuan ternyata tidak mudah, sebagai berikut:

  • Rekening Gaji di Bank BRI
  • Penghasilan diatas Rp 3 juta
  • E-KTP Asli
  • Kartu ATM Rekening BRI

Persyaratan rekening Gaji di BRI tidak mudah buat banyak orang.

Hanya sebagian kecil dari kita yang punya rekening gaji di BRI, meskipun bank ini adalah bank terbesar di Indonesia.

3. Kredivo

Kredivo adalah fintech P2P OJK yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit dan kerjasama dengan berbagai merchant, salah satunya Tokopedia.

Saat akan melakukan pembayaran belanja nasabah bisa memilih Kredivo untuk menyelesaikan pembayaran dengan cicilan, jika sudah punya akun Kredivo.

Jika belum punya akun, Kredivo menyediakan fasilitas untuk nasabah bisa mengajukan permohonan aplikasi terlebih dahulu lewat merchant. Di Tokopedia, contohnya, Anda yang belum punya akun Kredivo bisa mengajukan aplikasi permohonan.

Advertisements

Untuk mendaftar Kredivo, konsumen harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Nanti, Anda akan diminta untuk mengupload dokumen berikut:

  • Kartu identitas (KTP) dan swafoto (selfie)
  • Bukti tempat tinggal: hubungkan akun e-commerce yang sudah dipakai bertransaksi
  • Bukti penghasilan: unggah foto NPWP atas namamu sendiri

4. Akulaku

Akulaku adalah fintech cicilan tanpa kartu kredit untuk membeli barang – barang di situs Akulaku sendiri atau di merchant – merchant e-commerce yang bekerjasama dengan Akulaku.

Proses pengajuan adalah nasabah harus mengunduh aplikasi Akulaku. Setelah itu, nasabah melakukan pengajuan dengan memenuhi persyaratan yang diminta.

Proses pengajuan di Akulaku adalah:

  1. Download Akulaku. Cek di Google Play atau App Store dan download Akulaku
  2. Daftar menjadi pengguna. Isi nomor ponsel dan jadilah pengguna Akulaku
  3. Ajukan limit kredit. Isi informasi dasar, ajukan limit kredit, setelah pengajuan kredit disetujui, kami akan beritahukan Anda melalui SMS.
  4. Dapatkan kredit dan bisa belanja. Akulaku menyediakan banyak produk untuk dipilih, seperti kuota dan pulsa, pembayaran tagihan air, listrik, BPJS, tiket pesawat dan layanan lainnya

Wilayah pengajuan Akulaku adalah di Jabodetabek, Bandung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Medan, Padang, dan Palembang. 

Jika disetujui, nasabah mendapatkan kredit limit dari Akulaku. Kredit limit tersebut yang digunakan ketika mengajukan cicilan tanpa kartu kredit di Akulaku.

Related Post

Saat belanja di merchant, Akulaku akan muncul sebagai salah satu cara pembayaran dan Anda yang sudah punya akun  bisa menggunakannya untuk membayar secara cicilan.

Pembayaran akan mengembalikkan limit kredit, yang nanti bisa digunakan kembali untuk belanja. Jika track record pembayaran bagus, Akulaku biasanya akan menaikkan limit kredit.

Advertisements

5. Home Credit

Home Credit menawarkan pinjaman cicilan tanpa kartu kredit untuk berbagai jenis barang, termasuk laptop di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Home Credit.

Anda bisa menggunakan Home Credit untuk belanja online, seperti Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka dan Blibli, dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih produk yang Anda mau beli di e-commerce
  • Pilih Home Credit Indonesia sebagai pilihan pembayaran dan ikuti petunjuk untuk mengisi form aplikasi
  • Tunggu pemberitahuan persetujuan kredit Anda sekitar 30 menit
  • Ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengkonfirmasi kontrak
  • Barang langsung siap dikirim.

Persyaratan di Home Credit adalah:

  • Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP
  • Berumur minimum 21 tahun atau 19 tahun (bila sudah menikah)
  • Bertempat tinggal di area layanan kami
  • Memiliki penghasilan tetap

6. Cicil

Cicil adalah salah satu aplikasi kredit online P2P OJK. 

Keunggulan Cicil dibandingkan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit lain adalah Cicil bisa digunakan untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa.

Selama ini, mustahil bagi mahasiswa untuk bisa mengajukan pembelian barang dengan cara kredit tapi tidak punya kartu kredit. Karena mahasiswa belum memiliki sumber penghasilan tetap yang digunakan untuk membayar cicilan pinjaman.

Cicil melakukan terobosan dengan menawarkan program cicilan tanpa kartu kredit ke kalangan mahasiswa. Pinjaman tidak hanya untuk membeli barang konsumtif tetapi juga pinjaman untuk biaya kuliah.

Bekerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi, Cicil menawarkan pinjaman uang kuliah. Ketentuannya antara lain adalah (1) bisa mendapatkan plafond sampai dengan 80% dari biaya pendidikan; (2) uang muka 20% dari pinjaman; (3) tenor 1 bulan sampai dengan 24 bulan.

7. Indodana

Indodana adalah pinjaman online yang sudah izin OJK tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, yang salah satunya, menawarkan PayLater untuk beli barang di merchant kerjasama dengan limit sampai 25 juta dan bisa dicicil sampai tenor beberapa bulan.

Dalam paylater Indodana, konsumen mendapatkan limit pinjaman, yang bisa digunakan untuk membeli barang secara cicilan di aplikasi Indodana dan seluruh partner merchant Indodana yang dapat dilihat di halaman “cicilan produk” di dalam aplikasi Indodana

Proses pengajuan kredit lewat mobile App Indodana dengan persyaratan pengajuan sebagai berikut:

  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 50 tahun
  • Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan.
  • Warga Negara Indonesia (WNI)

Untuk saat ini, Indodana menjangkau wilayah: DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Kota Bandung dan Kota Surabaya. Diluar wilayah ini pengajuan tidak akan diterima.

Advertisements

8. Adira Finance

Adira Finance adalah perusahaan multifinance terbesar di Indonesia, yang selain kredit mobil motor, juga menyediakan kredit elektronik dan furniture.

Anda bisa datang langsung ke Kantor Cabang Adira terdekat untuk pengajuannya atau ke toko-toko yang sudah bekerja sama dengan Adira, dengan memenuhi ketentuan berikut:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun, maksimal 55 tahun pada saat akhir tenor pembiayaan
  • Memiliki penghasilan Rp 1 juta dan dapat dibuktikan
  • Mengisi dokumen: Formulir Aplikasi Pembiayaan, FC KTP aktif, Dokumen bukti penghasilan, FC NPWP jika pengajuan > Rp 50 juta

Jumlah plafon pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 100 juta dengan Adira Finance memiliki dua sistem pembiayaan yang dapat dipilih nasabah (konvensional dan syariah).

Selain bunga, Adira juga membebankan biaya administrasi, fidusia dan asuransi.

9. FIF Astra

FIF yang terkenal dengan kredit mobil dan motor menawarkan juga kredit elektronik dalam brand ‘Spektra’. Anda bisa mengajukan kredit laptop dengan Spektra.

Layanan pembiayaan dari SPEKTRA dapat ditemukan di sebagian besar toko elektronik, gadget, dan furniture. Setiap bulannya, SPEKTRA melayani sekitar 70 ribu orang konsumen.

Sejauh ini, saya lihat spektra lebih banyak kerjasama dengan toko-toko, baiknya online maupun offline, tetapi saya tidak ketemu kerjasama Spektra dengan e-commerce.

Syarat pengajuan FIF Spektra adalah:

  • Umur: minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Jika sudah menikah, minimal umur 19 tahun.
  • Dokumen: KTP
  • Lokasi: Seluruh Wilayah Indonesia
  • DP: per Mei 2019, pengajuan kredit handphone memerlukan DP sebesar 10%

Proses pengajuan pembiayaan di FIF-Spektra:

  1. Pilih produk di website merchant yang bekerjasama dengan Spektra kami, lalu klik tombol Beli Sekarang dan pilih opsi pembayaran FIF.
  2. Lengkapi aplikasi anda.
  3. Setelah aplikasi anda diajukan anda akan dihubungi dan di survey dari pihak FIF, mohon agar telepon anda standby dan jika ada panggilan dari nomor tidak dikenal agar dapat diangkat.
  4. Setelah proses survey, dalam waktu 1×24 jam Anda akan menerima informasi jika disetujui FIF.
  5. Setelah kredit disetujui, perlu membayar DP + Biaya Admin + Angsuran pertama ke kode rekening Virtual Account yang telah di informasikan via SMS.
  6. Setelah pembayaran dilakukan, merchant mengirimkan barang ke alamat Anda.

Cara kerja Spektra berbeda dengan kredit laptop yang memberikan kredit limit, dimana di Spektra setiap kali pembiayaan perlu pengajuan lagi, sedangkan yang menggunakan kredit limit tidak perlu melakukan pengajuan dan survey lagi selama kredit limit masih tersedia untuk digunakan.

10. Pinjaman Online

Disamping menggunakan cicilan tanpa kartu kredit, Anda bisa memanfaatkan pinjaman online dana tunai. 

Advertisements

Betul menggunakan pinjaman uang.

Pinjaman online dana tunai bisa memberikan persetujuan dalam waktu beberapa jam saja, yang kemudian dana bisa langsung Anda gunakan untuk beli barang.

Keuntungan dengan pinjaman online uang tunai adalah banyak fintech yang menawarkan, lebih banyak dari cicilan kredit barang.

Tapi, bunga pinjaman uang ini tinggi, jadi Anda harus cermati dengan baik kewajiban bayar bunganya.

Kesimpulan

Ini adalah daftar 10 kredit laptop yang bisa digunakan sebagai layanan kredit cicilan, yang mudah, tanpa kartu kredit dan tanpa DP.

Namun, Anda perlu hitung dengan benar, lakukan simulasi cicilan kredit laptop sebelum membeli agar keuangan tetap sehat.

Beri review post
Advertisements
Related Post
Advertisements