Advertisements

10 KTA Terbaik Tanpa Kartu Kredit Izin Resmi OJK

Advertisements

KTA tanpa kartu kredit menjadi pinjaman yang banyak dibutuhkan orang karena banyak yang belum punya kartu kredit. Kami mengumpulkan daftar KTA terbaik yang tidak perlu persyaratan kartu kredit. Semuanya sudah izin OJK.

Pinjaman KTA adalah salah satu jenis kredit yang populer di masyarakat. Alasannya antara lain adalah:

  • Tanpa jaminan. Orang bisa mengambil kredit tanpa peminjam perlu menyerahkan agunan
  • Plafon kredit KTA lebih besar, bisa sampai ratusan juta. Sementara, fintech pinjaman online menawarkan plafon paling besar Rp 5 juta.
  • Tenor pinjaman KTA panjang. Bisa beberapa bulan sampai beberapa tahun, sehingga beban cicilan bisa lebih ringan. Di fintech, tenor pendek, bahkan hanya 30 hari sudah harus lunas.

Namun, banyak bank mewajibkan calon peminjam KTA untuk sudah memiliki kartu kredit saat akan mengajukan KTA. Dokumen kartu kredit jadi salah satu persyaratan utama yang harus disampaikan aplikan.

Advertisements

Persyaratan ini jadi kendala buat banyak orang.

Hanya sedikit yang punya privilege di Indonesia untuk punya kartu kredit. Jumlah pemegang kartu kredit di Indonesia masih sangat terbatas. 

Akses dan inklusi keuangan buat banyak orang jadi terbatas. Hanya bisa pinjam kalau punya kartu kredit, sementara kartu kredit sulit diperoleh.

Di samping itu, mereka yang punya kartu kredit, rata – rata adalah penghasilan menengah ke atas. Mereka ini biasanya tidak perlu pinjaman KTA.

Menyadari ini, dalam beberapa tahun terakhir, sejak fintech booming, banyak lembaga keuangan dan Fintech menawarkan pinjaman KTA tanpa syarat kartu kredit. Orang jadi punya akses lebih luas untuk bisa mengajukan KTA.

Berikut ini adalah daftar 10 KTA terbaik tanpa kartu kredit dari bank dan fintech:

Tunaiku

Tunaiku adalah pinjaman online tanpa jaminan yang bisa diajukan lewat aplikasi atau website.

Advertisements

Kartu kredit tidak menjadi persyaratan pengajuan di Tunaiku. Cukup punya eKTP sudah bisa mengajukan pinjaman di Tunaiku.

Fitur KTA Tunaiku adalah:

  • Plafond Pinjaman Rp 2 juta sampai dengan Rp 20 juta
  • Tenor kredit 6 bulan sampai dengan 20 bulan.
  • Bunga pinjaman: 2% – 5% per Bulan
  • Bunga maksimum per tahun (APR): 24% – 60%
  • Biaya administrasi pinjam tunai: Rp 540 ribu

Perbedaan antara Tunaiku dengan kebanyakan Fintech P2P adalah:

(1) plafon pinjaman Tunaiku bisa 5 juta, 10 juta atau 20 juta, sedangkan Fintech dana tunai paling besar memberikan plafon Rp 3 juta untuk pinjaman pertama; 

(2) tenor pinjaman Tunaiku mulai dari 6 bulan sd 20 bulan masa kredit, yang lebih panjang dibandingkan fintech pinjaman online, yang rata rata memberikan masa pinjaman 30 hari sd 60 hari.

Melihat fitur pinjaman ini, Tunaiku cocok buat mereka yang ingin mengambil kredit KTA secara online, yaitu plafon besar dan masa cicilan panjang. 

Syarat pengajuan di Tunaiku adalah:

  1. Usia 21 sampai 55 tahun
  2. Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Memiliki rekening bank
  4. Mempunyai pekerjaan atau penghasilan
  5. Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan

Persyaratan yang penting adalah Tunaiku hanya melayani konsumen di area layanan Jawa, Sumatera dan kota lainnya. Tunaiku tidak melayani peminjam di luar daerah layanan tersebut.

Area Layanan Tunaiku saat ini adalah: Jawa (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung Raya, Semarang, Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, dan Malang.);  Sumatera (Medan, Binjai, Deli Serdang, Palembang, Pekanbaru, Jambi, dan Bengkulu.); Kota Lainnya (Denpasar, Badung, Gianyar, Makassar, Gowa, Maros, dan Samarinda).

Salah satu keunggulan Tunaiku tidak meminta persyaratan kartu kredit. Jadi, Tunaiku memberikan kesempatan kepada orang yang belum punya kartu kredit untuk bisa mengambil pinjaman dana tunai tanpa agunan.

Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah perusahaan P2P yang telah izin OJK dan menawarkan aplikasi pinjaman tunai online 24 jam langsung cair. Pengajuan dilakukan melalui aplikasi Kredit Pintar.

Tidak diperlukan persyaratan kartu kredit saat mengajukan pinjaman di Kredit Pintar. 

Calon nasabah cukup mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store. Syarat pinjaman di adalah punya e-KTP, tanpa BI checking dan cepat cair maksimum 24 jam sejak persetujuan. 

Fitur Kredit Pintar adalah:

  • Plafon Rp 600 ribu sd Rp 1.8 juta
  • Tenor 28 hari sd 4 minggu.
  • Untuk tenor 4 minggu, Kredit Pintar membagi menjadi 2 kali cicilan dalam 4 minggu tersebut.

Peminjam wajib memiliki rekening bank atas nama peminjam (sesuai dengan nama lengkap di KTP). Ini syarat yang penting dicermati.

Advertisements

Apabila pengajuan disetujui, Kredit Pintar mencairkan dana ke rekening bank yang didaftarkan. Jika rekening tidak sesuai, Kredit Pintar tidak akan melakukan pencairan pinjaman.

Di samping itu, Kredit Pintar menjelaskan dalam situs resmi bahwa hanya menerima rekening bank BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata, CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Danamon, Maybank, Bukopin, KEB Hana, dan BTN untuk melakukan pencairan pinjaman.

Bunga Kredit Pintar adalah 0,8% per hari yang di split dalam biaya layanan serta biaya provisi. Ketentuan bunga ini sesuai dengan batasan bunga maksimum di P2P pinjaman online yang ditetapkan oleh asosiasi fintech (AFPI).

Finmas

Finmas adalah perusahaan P2P Lending yang sudah berizin OJK. Perusahaan P2P Lending ini dimiliki oleh Sinarmas Group dan Oriente Hong Kong, dengan nama PT. Oriente Mas Sejahtera.

Salah satu produk kredit yang ditawarkan Finmas adalah Cash Advance, dana tunai untuk talangan kebutuhan mendesak. Dana tunai ini memiliki fitur:

  • Plafon Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta (naik/turun kelipatan 500 ribu).
  • Dua pilihan tenor: 30 hari dan  3 bulan

Yang perlu diperhatikan, sesuai simulasi di situs Finmas, bahwa tenor 30 hari berlaku untuk pinjaman sampai 2.5 juta, sementara pinjaman mulai 3 juta sd 5 juta menggunakan tenor 3 bulan.

Jadi, masa pinjaman di Finmas dipengaruhi oleh jumlah pinjaman yang diajukan. Semakin besar plafon, bisa semakin panjang tenor kredit.

Finmas tidak mensyaratkan peminjam untuk memiliki kartu kredit. Orang tanpa kartu kredit bisa mengajukan pinjaman di Finmas.

Calon peminjam cukup mengunduh aplikasi Finmas di Google Play Store. Dibutuhkan ponsel berjenis smartphone untuk bisa mengunduh aplikasi.

Pengajuan di Finmas cukup dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun jika diperlukan, FINMAS dapat meminta dokumen pendukung lain, antara lain:

  1. Informasi pribadi, informasi kontak darurat dan informasi pekerjaan.
  2. Rekening bank
  3. Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Passport.
  4. NPWP.
  5. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).
  6. Slip gaji atau Bukti kepegawaian
  7. Kartu Kredit atau Kartu Debit yang mencantumkan nama yang sesuai dengan nama Penerima Pinjaman yang tertera pada KTP.

Bunga pinjaman adalah 0.7% per hari. Tingkat bunga ini masih sesuai dengan ketentuan OJK dan AFPI bahwa bunga fintech paling tinggi adalah 0.8% per hari.

Semakin lama masa pinjaman, bunga per hari menurun, tetapi total bunga yang nasabah harus bayar semakin besar karena panjangnya waktu pengambilan.

KTA Permata

Bank Permata menawarkan KTA online melalui aplikasi Permata MobileX. Nasabah bisa mengajukan KTA Permata langsung di aplikasi mobile banking milik bank ini.

Tidak perlu lagi harus datang ke cabang. Atau ketemu dengan marketing KTA di mall.

Hal lain yang juga menarik adalah kredit tanpa agunan di Bank Permata tidak meminta kartu kredit. Nasabah diperkenankan mengajukan pinjaman KTA di Permata tanpa kartu kredit.

Saya pernah mencoba pengajuan pinjaman KTA Permata di Mobile X dan proses yang saya rasakan mudah dan cepat. Hasil keputusan diumumkan cukup cepat, kurang dari 24 jam.

Persyaratan KTA Permata adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berdomisili di JABODETABEK, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali,
  • Minimum penghasilan Rp 3.500.000
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun

KTA OCBC NISP

Bank OCBC Nisp menawarkan KTA tanpa kartu kredit. Pinjaman tanpa agunan yang bisa diajukan secara online baik lewat situs atau aplikasi.

KTA OCBC Nisp tidak mewajibkan kartu kredit untuk pengajuan pinjaman. Ini sesuatu yang cukup menarik karena umumnya bank saat ini selalu meminta dokumen kartu kredit.

Fitur KTA OCBC Nisp adalah sebagai berikut:

  • Dana tunai tanpa jaminan, ditransfer ke rekening nasabah.
  • Besar cicilan tiap bulannya tetap sesuai jangka waktu pinjaman.
  • Plafon kredit Rp 1 juta sampai Rp 200 juta
  • Masa kredit 6 bulan sampai 3 tahun: 6 bulan / 12 bulan / 18 bulan 24 bulan / 36 bulan

Angsuran bulanan yang dibayarkan termasuk pinjaman pokok (hutang), bunga dan biaya-biaya lainnya (jika ada) sesuai dengan jadwal pembayaran angsuran yang berlaku sampai dengan KTA seluruhnya dibayar lunas oleh Nasabah kepada Bank

Berikut ini adalah kriteria umum untuk pengajuan KTA, yang dibagi atas persyaratan untuk karyawan dan pengusaha.

Karyawan

  1. WNI usia 21 tahun sd 55 tahun saat masa kredit berakhir
  2. Status pekerjaan Karyawan Tetap, minimal bekerja selama 1 tahun
  3. Minimal penghasilan bersih per bulan Rp 3.000.000,-
  4. KTP elektronik (e-KTP)
  5. NPWP untuk pinjaman Rp 50 juta atau lebih besar
  6. Akun DJP Online/BPJSTKU
  7. Dokumen Pendapatan (Mutasi rekening dan slip gaji), jika tidak memiliki Akun DJP Online/BPJSTKU dan pinjaman di bawah IDR 25.000.000
  8. Berdomisili / bekerja di Coverage Area Bank OCBC NISP (Jabodetabek, Bandung)

Pengusaha

  1. WNI usia 21 tahun sd 55 tahun saat masa kredit berakhir
  2. Pengusaha 21-65 tahun pada saat masa kredit berakhir
  3. Penghasilan bersih minimal IDR 8.000.000 per bulan.
  4. Minimal memiliki usaha selama 2 tahun
  5. KTP elektronik (e-KTP)
  6. NPWP untuk pinjaman Rp 50 juta atau lebih besar
  7. Rekening Koran (e-Statement) 6 bulan terakhir
  8. Surat legalitas usaha atau screenshot toko online
  9. Bukti Kepemilikan Tempat Usaha/Tempat Tinggal
  10. Berdomisili / bekerja di Coverage Area Bank OCBC NISP (Jabodetabek, Bandung)

Sejumlah dokumen yang nasabah perlu siapkan adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP)
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (Untuk pengajuan dimulai dari limit Rp 50.000.000)
  3. Foto selfie dengan e-KTP (Khusus untuk pengajuan melalui One Mobile)
  4. Advertisements
  5. Foto tanda tangan di atas kertas putih (Khusus untuk pengajuan melalui One Mobile)

Ketentuan perpajakan menetapkan bahwa NPWP wajib untuk pinjaman >= Rp 50 juta keatas. Tanpa NPWP untuk jumlah pinjaman sebesar ini, bank akan menolak pengajuan.

Secara umum, bunga KTA OCBC Nisp adalah 1.18% sd 1.78% per bulan. Bunga berbeda – beda tergantung pada jumlah plafon pinjaman dan tenor masa kredit.

Untuk lebih akurat, kita harus menghitung bunga efektif karena memperhitungan sisa pokok pinjaman. Bunga efektif adalah 2x bunga flat.

Related Post

Bunga efektif KTA menjadi 2% lebih sd 3% lebih per bulan.

OCBC NISP tidak hanya menetapkan bunga tetapi sejumlah biaya admin, yaitu:

  • Biaya provisi: 3,00% x jumlah nominal pinjaman (min. Rp 150.000)
  • Biaya pencairan: Rp 25 ribu
  • Biaya materai: Rp 10 ribu
  • Premi asuransi jiwa: 1,50% x jumlah nominal pinjaman

Indodana

Indodana adalah Fintech P2P Lending yang telah berizin OJK dan menawarkan juga kredit Dana Tunai. Pinjaman dana tunai di Indodana punya ketentuan:

  • Plafon pinjaman: Rp 1 juta sd Rp 8 juta
  • Tenor kredit: 1 bulan sd 6 bulan.

Untuk bisa mengajukan di Indodana, calon peminjam cukup unduh aplikasi, siapkan foto KTP dan ambil Foto Selfie bersama KTP.

Tidak ada persyaratan kepemilikan kartu kredit di Indodana. Nasabah tidak diminta menyerahkan dokumen kartu kredit saat mengajukan pinjaman di Indodana.

Persyaratan umum di Indodana adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan KTP yang sah.
  • Berusia 20-65 tahun.
  • Memiliki penghasilan minimum Rp 3.5 juta,- per bulan.
  • Maksimum suku bunga tahunan 56% (APR), sudah termasuk biaya provisi.

Yang penting diperhatikan bahwa calon peminjam harus domisili di wilayah kerja Indodana yang saat ini mencakup:

  • Jabodetabek: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
  • Banten: Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Serang, Cilegon.
  • Jawa Barat: Bandung, Cimahi, Karawang, Cianjur, Cirebon, Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, dan Sukabumi.
  • Jawa Tengah: Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta.
  • Jawa Timur: Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Jember, dan Pasuruan
  • Bali: Denpasar, Badung.
  • Sumatera: Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Medan, Padang, dan Pekanbaru.
  • Kalimantan: Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda.

Biaya layanan di di Indodana untuk pinjaman dana tunai terdiri atas bunga dan biaya provisi. 

Dengan total biaya pinjaman 23.7% sebulan, asumsi sebulan 30 hari, Indodana memberikan bunga 0.79% per hari atau sesuai dengan ketentuan bunga maksimum dari OJK sebesar 0.80% per hari.

Kredivo

Orang bisa mengajukan KTA di Kredivo tanpa harus punya kartu kredit. Pinjaman Tunai yang tersedia di Kredivo adalah untuk tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. 

Tenor 30 hari tersedia untuk pengguna Basic dan Premium, sementara tenor 3 bulan dan 6 bulan hanya tersedia untuk pengguna akun Premium saja.

Kredivo adalah perusahaan P2P yang berstatus terdaftar di OJK. Selama ini, Kredivo lebih dikenal menawarkan fasilitas cicilan barang di ecommerce.

Lewat pengajuan di aplikasi, Kredivo menawarkan pinjaman tunai, dengan fitur berikut:

  • Plafon kredit Rp 500 ribu; Rp 1 juta dan Rp 1.5 juta untuk tenor 30 hari.
  • Minimum pinjaman tunai 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan adalah Rp500.000.
  • Batas maksimal Pinjaman Tunai adalah kelipatan terdekat Rp 100.000 dari sisa kredit limit Kredivo kamu.
  • Contoh: Sisa kredit limit 6 bulan kamu adalah Rp5.450.000. Maka batas maksimum pinjaman 6 bulan kamu adalah Rp 5.400.000.

Apabila pinjaman disetujui, peminjam akan memperoleh kredit limit yang bisa ditarik uangnya. Sisa kredit pengguna Kredivo akan berkurang sebanyak pinjaman dan akan kembali setelah semua Pinjaman Tunai berakhir tenornya dan lunas.

Terdapat 2 jenis biaya yang nasabah harus menanggung, yaitu:

  • Bunga 2.6% per bulan atas besar pinjaman untuk pengguna dengan akun Premium atau 4% untuk pengguna dengan akun Basic
  • Biaya administrasi 6% di muka atas besar pinjaman yang dipotong langsung dari jumlah yang akan dikirim ke rekening kamu

Contohnya pinjaman Rp 500 ribu adalah:

  • Pembayaran saat jatuh tempo Rp 525,050
  • Biaya Admin Rp 30,000
  • Dana yang diterima saat pencairan Rp 470,000

Dengan skema ini, bunga yang saya harus bayar dalam tempo 30 hari adalah 11.71%.

Maucash

Maucash adalah aplikasi pinjaman uang cicilan dana cepat tanpa jaminan. Perusahaan ini adalah anak perusahaan PT Astra International TBK dengan WeLab, perusahaan fintech terdepan berbasis di HongKong.

Tidak dibutuhkan kartu kredit untuk mengajukan pinjaman di Maucash. Nasabah cukup punya eKTP.

Maucash menawarkan dua jenis kredit, yaitu:

  • Dana Tunai. Pinjaman dana tunai limit hingga Rp 10.000.000 dengan tenor pinjaman yang dapat diatur hingga 12 bulan
  • Maupay Later. Fasilitas cicilan ini memberikan plafon hingga Rp 12.500.000 untuk transaksi digital mulai dari pembelian pulsa, pembayaran tagihan dan cicilan melalui aplikasi AstraPay.

Dalam dana tunai, nasabah punya pilihan tenor kredit, yaitu: 60 hari (satu kali pembayaran) atau cicilan 3 bulan sd 6 bulan. Ada perbedaan limit pinjaman dana tunai.

Advertisements

Untuk yang satu kali pembayaran (60 hari tenor), jumlah pinjaman mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 3.500.000,- dengan biaya layanan 0,55% per hari.

Untuk yang cicilan, jumlah pinjaman mulai dari Rp 2.500.000,- hingga Rp 10.000.000,- dengan cicilan hingga 12 bulan dan biaya layanan mulai dari 4,5% per bulan.

Contoh perhitungan pembayaran cicilan untuk pengajuan kredit pinjaman pertama: Jumlah pinjaman Rp2.000.000 + (Rp2.000.000 x 0,2% x 61 hari) = Rp 2.244.000

Persyaratan pinjaman di Maucash adalah:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia 21 – 65 tahun , atau minimum 18 tahun dan menikah
  3. Berdomisili di wilayah Indonesia dalam cakupan layanan Maucash
  4. Memiliki e-KTP
  5. Memiliki email pribadi
  6. Memiliki penghasilan

Maucash menawarkan proses 100% online, cukup simpel dengan syarat e-KTP, satu dokumen tambahan, dan tanpa kartu kredit.  Pilihan dokumen tambahan adalah:

  • Bila karyawan: Kartu Tanda Pengenal Karyawan atau Slip Gaji atau Kartu Asuransi dengan Nama Perusahaan atau Rekening Bank 3 bulan terakhir.
  • Bila wirausaha: Bukti Potong 1721-A1 / SPT/ Rekening Bank 3 bulan terakhir/ NPWP (Perusahaan)/ SIUP/ SKU/ PBB.

Lamanya proses pengajuan adalah sampai 2 hari kerja, sejak mengajukan pinjaman, verifikasi sampai dengan pencairan dana pinjaman. Lamanya proses juga bergantung pada kelengkapan pengisian aplikasi (dokumen jelas, lengkap, valid, dan sesuai) dan kemudagan saat menghubungi (termasuk kontak darurat dan verifikasi konsumen jika diperlukan).

Untuk pengajuan pertama, jumlah pinjaman maksimum Rp 1.500.000 dan untuk pengajuan selanjutnya, jumlah pinjaman bisa meningkat.

Pinjaman dana tunai bisa dicairkan secara: (1) Online: Rekening bank dan (2) Offline: Melalui cabang FIFGROUP (area Jabodetabek) atau melalui mekanisme partner-partner kami lainnya.

Bunga pinjaman dan biaya admin pencairan Maucash adalah 0.53% sd 0.75% per hari tergantung pada tenor pinjaman.

KTA Commbank

KTA dari Bank Commonwealth ini diberikan kepada perorangan untuk keperluan pribadi seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, pernikahan, renovasi rumah, liburan, dan kebutuhan lainnya.

Keunggulan KTA Commbank adalah proses pengajuan kredit dilakukan online lewat form yang tersedia di situs Commbank, tidak perlu ke cabang dan tanpa tatap muka.

Di samping itu, KTA Commbank tidak mewajibkan kartu kredit. Tidak ada persyaratan calon peminjam harus menyerahkan dokumen kartu kredit.

Fitur KTA online di Commbank adalah:

  • Plafon Pinjaman: Rp10 juta sd Rp30 juta
  • Tenor Kredit: 12 bulan atau 18 bulan

Persyaratan di Commbank adalah:

  • Wajib memiliki e-KTP dan NPWP
  • Usia 21-55 tahun (pada saat masa kredit berakhir)
  • Status pekerjaan sebagai karyawan
  • Penghasilan bersih minimal Rp3.500.000/bulan
  • Warga Negara Indonesia

Bunga pinjaman adalah 1,99% flat per bulan. Bunga flat ini setara dengan bunga efektif 3.44% – 3.46% per bulan, tergantung pada jangka waktu pinjaman.

Commbank menggratiskan biaya provisi dan biaya admin. Sementara, biaya yang dibebankan adalah:

  • Biaya Keterlambatan: 6% dari kewajiban Angsuran per bulan
  • Biaya Pelunasan dipercepat: 5% dari Sisa Pokok Pinjaman

Home Credit Dona

Home Credit Indonesia (HCI) adalah perusahaan multifinance yang selama ini menawarkan pembiayaan untuk barang elektronik dan HP. Biasanya HCI menjangkau nasabah di mall.

Baru – baru ini, Home Credit meluncurkan DONA – pembiayaan uang tunai tanpa jaminan online, dengan fitur berikut:

  • Plafon kredit Rp 3 juta sd Rp 25 juta
  • Tenor pembiayaan sampai 42 bulan

Pinjaman dana tunai dari Home Credit tidak mensyaratkan kepemilikan kartu kredit, Tanpa kartu kredit, orang bisa mengajukan pinjaman ini.

Pengajuan cukup dilakukan lewat aplikasi Home Credit, tanpa perlu tatap muka ketemu sales atau ke cabang. Prosesnya cukup cepat, Dona memberikan persetujuan dan pencairan, kurang lebih 2 hari.

Persyaratan pengajuan dana tunai di Home Credit adalah:

  1. Warga Negara Indonesia usia minimal 21 tahun (atau 19 tahun jika menikah) hingga 55 tahun
  2. Memiliki kartu identitas valid, yaitu KTP masih berlaku, atau e-KTP dengan masa berlaku seumur hidup. Pengajuan tidak dapat dilakukan dengan resi KTP.
  3. Memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap
  4. Memiliki rekening bank aktif, yaitu rekening bank dengan minimal 1 (satu) kali transaksi apa pun dalam 3 (tiga) bulan terakhir. Pengajuan tidak dapat dilakukan dengan rekening bank dari luar negeri.

Satu hal yang penting diperhatikan di Home Credit adalah kewajiban mengisi tujuan pinjaman. Home Credit sebagai perusahaan pembiayaan diperbolehkan memberikan pembiayaan multiguna dana tunai asalkan tujuan penggunaan dana tunai jelas.

Itu sebabnya saat pengajuan di aplikasi HCI, hal pertama yang harus diisi calon peminjam adalah menyebutkan tujuan pinjam uang. Tujuan penggunaan uang wajib diisi calon nasabah di aplikasi di halaman pertama.

Untuk itu, peminjam wajib menyampaikan kwitansi pembelian barang atau jasa terkait tujuan penggunaan dana pinjaman. 

Jika tidak menyampaikan kuitansi maka peminjam dikenakan penalti sebesar 1 (satu) kali cicilan bulanan yang wajib dibayarkan bersamaan dengan cicilan bulanan terakhir.

Advertisements

Dalam situs, Home Credit dengan tegas menyampaikan soal cara dan kewajiban penyampaian kuitansi bahwa “sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berlaku, pembiayaan multiguna harus didasari atas transaksi dengan tujuan tertentu. Oleh karenanya Anda diwajibkan untuk mengirimkan kwitansi melalui email ke kuitansi@homecredit.co.id dalam waktu 20 hari setelah dana pembiayaan ditransfer ke rekening anda sebagai bukti atas penggunaan dana pembiayaan.

Kwitansi harus berisi: Nilai pembelian; tanggal pembayaran/pembelian; nama toko/penjual beserta alamat dan nomor telepon; Barang/Jasa yang dibeli (Tujuan pembelian)

Kuitansi dapat berjumlah lebih dari 1 (satu) dengan tujuan yang berbeda-beda, namun nilai gabungan sama dengan jumlah pembiayaan yang diterima.

Review KTA Tanpa Kartu Kredit

Munculnya aplikasi pinjaman yang bisa menerima pengajuan KTA tanpa kartu kredit sangat membantu. Karena selama ini, bank hanya menerima pengajuan KTA dari orang yang sudah punya kartu kredit.

Akibatnya, banyak orang yang ingin mengambil KTA jadi tidak bisa. Faktanya, banyak orang tidak punya kartu kredit.

Mengajukan kartu kredit terlebih dahulu juga tidak mudah. Bahkan persyaratan pembuatan kartu kredit lebih sulit dibandingkan KTA.

Namun, beberapa hal yang wajib diperhatikan saat mengajukan pinjaman KTA tanpa kartu kredit, adalah:

  • Bunga lebih tinggi dari bank yang mewajibkan kartu kredit. Mungkin ini terkait dengan resiko, dimana orang yang punya kartu kredit dilihat punya resiko lebih rendah
  • Plafon pinjaman di KTA tanpa kartu kredit lebih rendah. Nanti, pada pinjaman berikutnya baru orang bisa minta kenaikan plafon
  • Tenor KTA tanpa kartu kredit lebih pendek. Ini mungkin terkait penawaran yang mayoritas datang dari fintech P2P, yang biasanya hanya bisa menawarkan tenor pendek.
  • Mayoritas lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman KTA tanpa kartu kredit adalah Fintech P2P. Bank ada, tetapi jumlahnya terbatas.
Beri review post
Advertisements
Related Post
Advertisements