Advertisements

5+ Pinjaman Dana Tunai Jaminan BPKB Refinancing Mobil

Advertisements

Pinjaman dana tunai bisa dilakukan dengan jaminan BPKB Mobil. Disebut juga refinancing. Bagaimana caranya, mekanismenya ? Review 5+ pinjaman dana tunai jaminan BPKB Mobil.

Dana tunai itu ‘benci tapi rindu’ bagi banyak orang.

Saat tidak butuh, dana tunai dianggap beban, bahkan tidak jarang disebut sebagai rentenir. Tetapi, saat dibutuhkan, dana tunai dicari – cari.

Masalahnya, tidak semua orang punya dana darurat. Pengalaman saya, lebih banyak yang tidak punya, dari yang punya.

Ketika kebutuhan emergensi datang, pinjaman dana tunai menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu satu cara mendapatkan dana tunai adalah melalui pinjaman dengan jaminan BPKB Mobil.

Bagaimana cara kerjanya ? Apa itu, berapa bunganya ?

Gadai BPKB Refinancing Mobil

Dana Tunai Jaminan BPKB

Gadai BPKB adalah pinjaman untuk mendapatkan dana tunai dengan menjaminkan bukti kepemilikan kendaraan bermotor, yaitu BPKB.

Mobil yang lunas dijaminkan kembali, makanya disebut juga sebagai refinancing mobil.

Pihak yang memberikan pinjaman, yaitu bank atau perusahaan pembiayaan, akan melakukan taksasi atau penilaian terhadap aset kendaraan yang dijaminkan serta menentukan berapa nilai maksimum pembiayaan yang bisa diberikan dari nilai aset kendaraan tersebut.

Advertisements

Dokumen BPKB akan diambil pemberi pinjaman sebagai jaminan jika pinjaman gagal bayar atau menunggak.

Karena memiliki jaminan, bunga pinjaman gadai BPKB biasanya lebih murah dibandingkan pinjaman online dana tunai tanpa jaminan.

Disamping itu, proses pengajuan dan pencairan gadai BPKB cukup cepat, yang bisa membantu Anda yang membutuhkan dana cepat dalam waktu singkat.

Walaupun proses gadai BPKB tidak bisa secepat pinjaman online fintech yang bisa memberikan pencairan dalam hitungan menit.

Beberapa aspek penting dari dana tunai gadai BPKB Mobil adalah:

Nilai Pembiayaan (LTV)

Nilai kredit yang diberikan oleh leasing atau bank tidak 100% tetapi dikurangi dengan pembayaran DP.

Misalnya, pembayaran uang muka 10% maka nilai kredit adalah 90%. Nilai mobil hasil taksasi adalah Rp 200 juta maka pembiayaan maksimum 180 juta, sisanya dilunasi dengan uang muka.

Jaminan

Gadai BPKB adalah jenis kredit dengan jaminan. Jaminannya adalah mobil melalui penahanan BPKB.

Terkait jaminan BPKB mobil, bank dan leasing akan melakukan hal berikut:

  1. Memastikan kondisi mobil dalam kondisi baik dan bisa dibiayai. Hal ini karena jaminannya adalah mobil bekas.
  2. Melakukan penarikkan jaminan ketika kredit menunggak dan debitur tidak bisa melunasi pinjaman.
  3. BPKB yang merupakan dokumen bukti kepemilikan mobil akan ditahan oleh bank dan leasing, akan dikembalikkan jika kredit lunas.

Konsekuensi jaminan ini harus dipahami orang yang ingin mengambil kredit. Memastikan paham semua konsekuensinya sebelum memutuskan mengambil kredit.

Proses Kredit & Survey

Setelah dokumen dilengkapi, proses yang umum dilakukan leasing adalah melakukan survey ke konsumen.

Survey adalah proses yang krusial dan hasilnya menentukan persetujuan kredit.

Survei dilakukan ke konsumen, tempat bekerja, dan rumah konsumen. Tujuannya memastikan bahwa informasi yang diberikan peminjam akurat dan menilai kemampuan keuangan peminjam untuk melunasi pinjaman.

Kalau survei menghasilkan negatif info, biasanya pengajuan ditolak. Pengajuan masih mungkin diproses, jika nilai pinjaman diturunkan, meskipun juga tidak menjamin kredit akan disetujui.

Wajib Cantumkan Tujuan Pinjaman

Nasabah yang mengajukan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB di perusahaan leasing wajib menyampaikan tujuan pinjaman akan digunakan untuk apa. Kewajiban ini bagian dari regulasi di leasing.

Berbeda dengan KTA atau pinjaman online fintech yang mana penggunaan dana tunai diserahkan pada nasabah, sementara di leasing secara regulasi pinjaman tersebut harus memiliki underlying, harus ada dasar penggunaannya.

Itu sebabnya pada saat pengajuan dana tunai di leasing, nasabah ditanya tujuan pinjaman. Ada form yang harus diisi terkait hal ini.

Simulasi Cicilan Kredit

Calon peminjam sebaiknya melakukan simulasi sebelum mengajukan kredit. Simulasi kredit disediakan gratis di situs atau kantor cabang leasing.

Apa itu simulasi kredit ?

Menunjukkan estimasi cicilan per bulan berdasarkan jumlah plafon pinjaman dan masa tenor kredit.

Tujuan simulasi adalah:

  • Mengetahui jumlah cicilan per bulan sebesar plafon pinjaman yang rencananya akan diambil
  • Menghitung kemampuan keuangan untuk membayar angsuran setiap bulan berdasarkan hasil simulasi
  • Melakukan berbagai simulasi cicilan dengan mengubah Uang Muka dan tenor kredit.

Fidusia

Ketika mobil yang dikredit menjadi jaminan, BPKB digadaikan, maka leasing dan bank akan melakukan Fidusia. 

Fidusia adalah proses legal pengikatan jaminan.

Pembebanan benda (dalam hal ini mobil) dengan jaminan fidusia dibuat dengan akta notaris dalam bahasa Indonesia dan merupakan akta jaminan fidusia.

Jaminan fidusia adalah perjanjian ikutan, berarti ada perjanjian pokok yang menjadi induk dari perjanjian jaminan fidusia. Sebagai contoh, dalam dana tunai BPKB, perjanjian pokoknya adalah perjanjian utang piutang, dimana jaminan fidusia bisa menjadi perjanjian ikutan dari perjanjian utang piutang tersebut.

Bagaimana jika debitur menunggak pembayaran cicilan ?

Dalam Pasal 29 ayat (1) UU 42/1999 (Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia), apabila debitur atau pemberi fidusia, setelah disepakati para pihak, dipandang cidera janji (wanprestasi), eksekusi terhadap objek jaminan fidusia dapat dilakukan dengan cara, yaitu:

Apabila debitor atau Pemberi Fidusia cidera janji, eksekusi terhadap Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia dapat dilakukan dengan cara:

  1. pelaksanaan titel eksekutorial sebagaimana dimaksud dalam pasal 15 ayat (2) oleh Penerima Fidusia;
  2. penjualan Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia atas kekuasaan Penerima Fidusia sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan;
  3. penjualan di bawah tangan yang dilakukan berdasarkan kesepakatan Pemberi dan Penerima Fidusia jika dengan cara demikian dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak.

Berdasarkan penjelasan tersebut, cara-cara eksekusi benda yang menjadi objek jaminan fidusia, yaitu:

  1. pelaksanaan titel eksekutorial;
  2. menjual atas kekuasaan sendiri melalui pelelangan umum;
  3. penjualan di bawah tangan.

Ini artinya apabila setelah disepakati para pihak, debitur cedera janji, maka dapat dilakukan eksekusi. 

Salah satu caranya adalah menjual barang yang menjadi objek jaminan fidusia melalui pelelangan umum. Penjualan di bawah tangan dilakukan hanya jika dengan cara demikian dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak.

Daftar Dana Tunai

Berikut ini daftar bank dan leasing menawarkan dana tunai dengan jaminan BPKB mobil.

1. Adira Finance

Adira menawarkan pembiayaan untuk kebutuhan Konsumen atas Barang dan Jasa dengan menjaminkan BPKB kendaraan Motor / Mobil, contohnya untuk biaya renovasi rumah, wisata/perjalanan, pendidikan, kredit kembali kendaraan bermotor, elektronik dan lain lain.

Persyaratan pengajuan adalah: KTP (suami / istri); Kartu Keluarga; Bukti Penghasilan; Bukti Pemilikan Rumah; Dokumen Kendaraan : STNK dan BPKB + Faktur Asli.

Related Post

Adira menetapkan pembatasan usia kendaraan yang BPKB-nya dijaminkan, yaitu:

  • Motor : maksimal 8 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit
  • Mobil penumpang : maksimal 12 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit
  • Mobil Komersial : maksimal 10 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit

2. BFI Finance

BFI Finance adalah leasing yang fokus pada refinancing BPKB. Jenis pinjaman yang menjaminkan BPKB untuk memperoleh dana tunai.

Jenis pinjaman refinancing ini dikenal juga sebagai pinjaman multiguna.

Persyaratan pengajuan adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), Berdomisili di Indonesia
  • Berusia 21-65 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki penghasilan
  • Dokumen: KTP, KK, NPWP
  • Bukti penghasilan: Slip Gaji, Rekening Bank 3 bulan Terakhir, rekening listrik 6 bulan terakhir

BFI mensyaratkan bahwa kendaraan yang diterima adalah milik sendiri dengan BPKB Asli dan BPKB bisa atas nama sendiri atau orang lain.

Syarat usia kendaraan maks. 15 tahun untuk jenis mobil sedan, jeep dan minibus dan maks. 10 tahun untuk jenis mobil pick up & truck.

Yang Tidak Dapat Diterima (non-eligible condition): Kendaraan plat merah, kendaraan pernah digunakan sebagai taksi atau ambulans dan jenis usaha/profesi melanggar hukum.

3. ACC

ACC (Astra Credit Company) adalah anak perusahaan Astra Internasional yang berkecimpung pada leasing mobil baru dan bekas. Punya jaringan yang luas di seluruh Indonesia, kerjasama dengan berbagai dealer mobil.

ACC menawarkan kredit mobil berbasis konvensional dan Syariah. Nasabah bisa memilih sesuai preferensinya.

Salah satu produk ACC adalah pinjaman multiguna, yang merupakan pinjaman uang tunai berbasis jaminan BPKB Mobil. Dana Kredit Multiguna dapat digunakan untuk kebutuhan tambahan modal usaha, pembayaran biaya pendidikan, biaya renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya traveling, dan aneka kebutuhan lainnya.

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements

Persyaratan dokumen untuk pengajuan kredit di ACC adalah:

  1. KTP dan Kartu Keluarga
  2. Slip Gaji
  3. Rekening Bank 3 bulan terakhir
  4. Rekening Telepon, Listrik dan PBB

Keunggulan ACC, karena merupakan anak perusahaan Astra, banyak melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan anak perusahaan lainnya, seperti Auto 2000 dan Mobil88.

4. Pegadaian

PT Pegadaian dalam beberapa tahun ini melakukan ekspansi, tidak hanya berhenti di bisnis utamanya gadai, tetapi juga ke produk keuangan lain.

Salah satunya Pegadaian menawarkan KCA (Kredit Cepat Aman) yang merupakan  kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif dengan agunan yang diterima adalah: 

  • emas batangan,
  • mobil,
  • sepeda motor,
  • barang elektronik.

Persyaratan pengajuan gadai BPKB di Pegadaian adalah KTP atau identitas resmi lainnya; BPKB dan STNK asli; nasabah menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK).

Plafon pinjaman mulai dari Rp 50,000 sd Rp 5 M dengan tenor pinjaman paling lama 4 (empat) bulan dengan kemungkinan diperpanjang, dicicil dan dapat dilunasi kapan saja.

Bunga atau sewa modal mulai dari 0.75% per 15 hari atau 1.5% per 30 hari (1 bulan).

Proses pengajuan gadai BPKB di Pegadaian sbb:

  1. Siapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan dalam pengajuan KCA
  2. Siapkan barang agunan yang Anda miliki guna mendapatkan produk kredit cepat dan aman KCA dari Pegadaian
  3. Mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat yang melayani produk KCA, mengisi formulir pengajuan kredit KCA yang tersedia di kantor cabang
  4. Mendaftar online via Pegadaian digital service atau untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi call center Pegadaian.

5. BRI

BRI memiliki produk KKB Refinancing yang menawarkan dana cepat dengan mengagunkan kendaraan bermotor. Dengan jaminan BPKB, peminjam bisa mendapatkan dana tunai dari BRI.

Keunggulan BRI adalah:

  • Bunga pinjaman sangat bersaing. Relatif lebih rendah dibandingkan pinjaman dari lembaga keuangan lain
  • Punya jaringan kantor yang luas di seluruh Indonesia sampai ke pelosok. Buat yang ada di luar Jawa, BRI bisa menjadi pilihan.

Proses pengajuan dana tunai BPKB di BRI adalah:

  1. Mengisi formulir aplikasi KKB BRI
  2. WNI (Warga Negara Indonesia) cakap hukum
  3. Buka Rekening BRItama
  4. Usia minimal 21 th/sudah menikah
  5. Lokasi tempat tinggal/lokasi bekerja/usaha/praktek debitur di kota dimana Kantor Cabang berada
  6. Melampirkan dokumen kredit (copy KTP, copy KK, NPWP, pas foto suami/istri terbaru, surat keterangan gaji dsb)

6. BCA

BCA menawarkan refinancing mobil dalam kredit kendaraan bermotor (KKB). 

Salah satu yang menarik di BCA adalah fitur suku bunga flat dan fix selama waktu tenor, sehingga selama masa pinjaman, jumlah angsuran tidak akan berubah di waktu tertentu.

Persyaratan pengajuan adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Karyawan Tetap / Wiraswasta / Profesional / Perusahaan
  • Lama Bekerja Minimal 2 tahun (tetap)
  • Usia 18 tahun atau sudah menikah, maksimal: 64 tahun (saat kredit berakhir)
  • Wajib diasuransikan melalui KKB BCA. Asuransi Komprehensif untuk tahun pertama dan minimal TLO tahun berikutnya (kecuali truck TLO selama jangka waktu kredit)
  • Pembayaran wajib Autodebet

Tips Dana Tunai

Ada beberapa tips yang patut menjadi pertimbangan ketika mengajukan refinancing mobil.

A. Bunga Lebih Rendah

Gadai BPKB menawarkan bunga lebih rendah dibandingkan pinjaman online. Adanya jaminan membuat resiko pembuat lembaga keuangan lebih kecil.

Kalau butuh dana tunai, Anda lebih baik mempertimbangkan menggadaikan BPKB dibandingkan mengajukan ke pinjaman online tanpa jaminan. Perbedaan bunganya cukup signifikan.

B. Kemampuan Pembayaran

Pastikan memang mampu membayar dan melunasi pinjaman. Kredit yang diambil harus dilunasi pada waktunya sesuai tenor dalam perjanjian.

Rumusan yang sederhana adalah maksimum 30% dari penghasilan adalah untuk membayar cicilan setiap bulan. Jika sudah lebih dari 30% sebulan, sebaiknya jangan mengambil kredit lagi.

Sebelum mengajukan, peminjam bisa melakukan simulasi pinjaman untuk mengetahui estimasi cicilan yang harus dibayar setiap bulan.

Menggunakan hasil simulasi bisa untuk mengukur kemampuan pembayaran.

C. Pinjam di Lembaga Resmi

Di era digital sekarang, banyak bermunculan tawaran pinjaman yang sangat mudah diajukan secara online. Dijanjikan proses yang cepat, tanpa perlu tatap muka.

Namun, ternyata banyak pinjaman online ilegal, yang tidak terdaftar di OJK, memberikan kredit yang merugikan konsumen. Bunga yang sangat tinggi, pengambilan data pribadi yang masif, cara penagihan yang berlebihan.

Karena itu, penting sekali melakukan kredit di lembaga resmi, yang sudah berizin OJK. Menjamin perlindungan konsumen yang baik.

Jangan mudah tergiur persyaratan kredit yang terlihat mudah, tetapi ditawarkan oleh pinjaman online illegal. Resikonya lebih besar dibandingkan manfaatnya.

D. Pahami Resikonya

Karena ini adalah pinjaman dengan jaminan, maka ketika kredit gagal bayar, mobil yang menjadi jaminan akan ditarik oleh leasing. Resiko ini perlu dipahami dengan baik sejak awal.

Ketika sudah masuk dalam perjanjian kredit sudah tahu bahwa ini adalah resiko yang akan dihadapi saat mengambil pinjaman dengan jaminan BPKB.

Pastikan juga bahwa legalitas Fidusia sudah ada untuk memberikan legalitas penarikan kendaraan.

E. Restrukturisasi

Ada program restrukturisasi kredit. Jika tidak mampu membayar dan punya alasan yang kuat, silahkan ajukan restrukturisasi kredit. 

Tujuannya menghindari menunggak pembayaran. Mencari solusi dalam situasi sulit.

Hitung mana pilihan restrukturisasi yang paling cocok dengan kebutuhan. Masing masing cara restrukturisasi punya plus dan minusnya.

Kesimpulan

Pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB membantu memberikan solusi saat kebutuhan dana emergensi muncul dan tidak ada uang yang tersedia. Pinjaman dengan jaminan memberikan bunga yang lebih rendah dibandingkan pinjaman yang tanpa jaminan.

Perhatikan dengan baik berbagai aspek dari pinjaman ini. Apa resikonya, apa keuntungannya.

Ada 5+ dana tunai gadai BPKB yang dibahas dalam tulisan ini. Semoga bisa memberikan perspektif dan informasi.

3.5 / 5 ( 4 votes )
Related Post