Pinjaman Online

9 Pinjaman Online Terbaik Cicilan 12 Bulan

written by wisanggeni | July 24, 2020

Pinjaman online tidak hanya untuk tenor pendek, tetapi juga cicilan sampai 12 bulan. Cicilan online ini ditawarkan tidak hanya oleh fintech tetapi juga oleh bank. Kita bahas 10 tempat pinjaman online yang bisa memberikan cicilan sampai 12 bulan.

Selama ini, sejak munculnya fintech, pinjaman yang diberikan secara online banyak berkutat pada jangka waktu pendek sekitar 30 hari.

Namun, seiring waktu, karena dorongan kebutuhan, muncul banyak lembaga keuangan yang menawarkan cicilan online untuk tenor panjang.

Daftarnya kami susun dalam 9 pinjaman cicilan tanpa agunan.

Pinjaman Online Cicilan Tanpa Jaminan

Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan
Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan

Selama ini jarang ada pinjaman online yang ditawarkan secara cicilan. Mungkin karena bunga yang cukup tinggi dari pinjol membuat produk cicilan menjadi kurang menarik.

Tapi dengan berjalannya waktu, fintech menyadari chunk yang besar di produk cicilan. Muncullah produk cicilan untuk pembelian barang di berbagai merchant.

Setelah cicilan barang berjalan beberapa waktu, berbagai lembaga keuangan dan bank menawarkan dana tunai tanpa jaminan yang bisa dicicil.

Jenius Flexi Cash Dana Tunai

Flexi Cash adalah cicilan dana tunai yang ditawarkan melalui aplikasi Jenius BTPN. Anda bisa mengajukan pinjaman uang melalui Jenius selama tenor tertentu.

Jika disetujui, Anda akan mendapatkan limit dan dari limit tersebut bisa menarik dana tunai yang akan ditransfer ke rekening Jenius. Pembayaran akan mengembalikkan limit yang sudah dipakai ke tingkat semula sesuai jumlah pembayaran.

Cicilan dana tunai dari Jenius ini memberikan kepada pengguna pengalaman proses yang seamless lewat aplikasi, semuanya bisa diselesaikan dengan cepat, simple dan relatif mudah di satu aplikasi.

Untuk mencairkan Flexi Cash, Anda tidak dikenakan biaya administrasi, sementara bunga pinjaman berada di antara 1,75% hingga 2,25% per bulan flat.

Hanya saja, flexi cash hanya diberikan kepada nasabah Jenius terpilih, yang bisa mengajukan fasilitas dana siaga tersebut  melalui aplikasi Jenius.

Proses pengajuan membutuhkan waktu paling lama 5 hari kerja sampai pengajuan dana tunai disetujui oleh pihak Jenius. Jangka waktu yang cukup lama untuk ukuran Fintech.

Kredivo Cicilan Barang Tanpa Kartu Kredit

Kredivo adalah salah satu fintech P2P OJK yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit dan di aplikasi pinjaman mereka. Aplikasi bisa diunduh di PlayStore dan Apps Store.

Caranya adalah Kredivo kerjasama dengan berbagai merchant, salah satunya dengan Tokopedia, sehingga saat nasabah akan melakukan pembayaran belanja bisa memilih dengan Kredivo untuk menyelesaikan pembayaran dengan cicilan. 

Jika belum punya akun, Kredivo menyediakan fasilitas untuk nasabah bisa mengajukan permohonan aplikasi terlebih dahulu lewat merchant. Di Tokopedia, contohnya, Anda yang belum punya akun Kredivo bisa mengajukan aplikasi permohonan.

Untuk mendaftar Kredivo, konsumen harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Nanti, Anda akan diminta untuk mengupload dokumen berikut:

  • Kartu identitas (KTP) dan swafoto (selfie)
  • Bukti tempat tinggal: hubungkan akun e-commerce yang sudah dipakai bertransaksi
  • Bukti penghasilan: unggah foto NPWP atas namamu sendiri

KTA Permata Online Mobile X

Bank Permata menawarkan KTA online di dalam aplikasi Permata Mobile X. Anda bisa mengajukan KTA secara online lewat aplikasi ini.

Pengajuan pinjaman KTA Permata di Mobile X memiliki proses yang mudah dan cepat. Hasil keputusan diumumkan kurang dari 24 jam.

Kredit tanpa agunan online di Bank Permata ini tidak meminta informasi kartu kredit. Berbeda dengan umumnya pengajuan KTA di berbagai bank.

Persyaratan pengajuan adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Domisili JABODETABEK, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali,
  • Minimum penghasilan Rp 3.500.000
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun

KTA Cimb Niaga

Pengajuan KTA Cimb Niaga sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Tidak perlu lagi Anda datang ke cabang atau menemui sales KTA.

Caranya adalah nasabah mengisi form, melakukan tanda tangan elektronik, mengupload data, mengambil foto, lalu mengajukan pinjaman di internet banking Cimb Niaga.

Catatan: Niaga hanya menerima pengajuan online lewat ponsel HP dan belum menerima pengajuan lewat laptop atau komputer.

Dalam pengajuan KTA CIMB Niaga, Anda diminta menggunakan tanda tangan elektronik, cara tanda tangan yang sudah diakui  OJK, untuk menggantikan tanda tangan basah. Cara ini membuat nasabah tidak perlu tatap muka.

Namun, Anda harus mendaftarkan diri di penyedia tanda tangan online yang sudah terdaftar di Niaga.

Persyaratan adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia
  • Usia 21-55 tahun (Usia termasuk jangka waktu pinjaman)
  • Mengisi aplikasi Permohonan
  • Fotokopi KTP
  • Slip Gaji Asli Terbaru  
  • Fotokopi Kartu Kredit dan Fotokopi NPWP (untuk pengajuan diatas Rp. 50 juta)

DONA Home Credit Pembiayaan

Home Credit Indonesia menawarkan DONA – pembiayaan uang tunai tanpa jaminan online, dengan fitur berikut:

  • Plafon Rp 3 juta sd Rp 25 juta
  • Tenor pembiayaan sampai 42 bulan

Pengajuan cukup dilakukan lewat aplikasi Home Credit, tanpa perlu tatap muka ketemu sales atau ke cabang. Prosesnya cukup cepat, Dona memberikan persetujuan dan pencairan, kurang lebih 2 hari.

Persyaratan pengajuan adalah:

  1. WNI  usia minimal 21 tahun (atau 19 tahun jika menikah) hingga paling tua 55 tahun
  2. KTP masih berlaku, atau e-KTP dengan masa berlaku seumur hidup.
  3. Memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap
  4. Memiliki rekening bank aktif, yaitu rekening bank dengan minimal 1 (satu) kali transaksi apa pun dalam 3 (tiga) bulan terakhir. Pengajuan tidak dapat dilakukan dengan rekening bank dari luar negeri.

Proses pengajuannya adalah

  • Download My Home Credit di smartphone dan registrasi; 
  • Isi aplikasi DONA dan pengajuan lewat HP Anda. Cukup siapkan KTP! 
  • Jika disetujui, pembiayaan multiguna diberikan kepada Anda dalam waktu 1-2 hari kerja

DBS Cicilan Kilat 36 Bulan

Dalam aplikasi Digibank, Bank DBS menawarkan pinjaman kilat tanpa jaminan dengan fitur berikut:

  • Pinjaman: Rp 3 juta sd Rp 10 juta 
  • Tenor kredit: 6, 12, 18, 24, 30 dan 36 bulan.

Bunga KTA Digibank adalah 1.59 – 2.49% flat per bulan.

Kredit online dari Digibank ini diklaim sebagai KTA instant dengan persetujuan dalam waktu 60 detik, serta tidak perlu syarat kartu kredit dan cukup menyampaikan e-KTP.

Persyaratan pengajuan KTA Digibank DBS adalah:

  • Memiliki e-KTP
  • Usia 21 tahun sd 60 tahun saat pelunasan
  • Berdomisili/bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya
  • Minimal penghasilan kotor per bulan Rp. 3.000.000
  • Karyawan (min 1 tahun), profesional (min. 2 tahun) atau wiraswasta (min. 2 tahun)

BRI Cicilan Online 12 Bulan

Bank BRI ikut masuk ke cicilan online dengan menawarkan Ceria yang bisa diajukan tanpa syarat kartu kredit.

BRI ceria adalah aplikasi kredit online dari Bank BRI yang memberikan kredit limit buat pengguna yang dapat digunakan untuk belanja online di berbagai merchant.

Fitur pinjaman BRI Ceria adalah:

  • Limit pinjaman Rp 500,000 sampai Rp 20,000,000
  • Tenor pinjaman mulai dari 1 bulan sampai dengan 12 bulan.

Ceria bekerja layaknya kartu kredit dan tampaknya nasabah yang belum punya kartu kredit BRI menjadi sasaran utama penjualan kredit online BRI Ceria.

Tapi, BRI Ceria berbeda dengan KTA.

Ceria tidak memberikan pinjaman dalam bentuk dana tunai atau uang tunai. Anda harus transaksi di merchant, baru bisa menggunakan BRI Ceria.

Yang paling menarik dari BRI Ceria adalah bunganya, bunga adalah 1.42% per bulan atau 26.95% effective setahun. Sangat murah sekali untuk ukuran fintech.

Namun, persyaratan pengajuan ternyata tidak mudah, sebagai berikut:

  • Rekening Gaji di Bank BRI
  • Penghasilan diatas Rp 3 juta
  • E-KTP Asli 
  • Kartu ATM Rekening BRI

Persyaratan rekening Gaji di BRI tidak mudah buat banyak orang. Hanya sebagian kecil dari kita yang punya rekening gaji di BRI, meskipun bank ini adalah bank terbesar di Indonesia.

Akulaku Cicilan Barang

Akulaku adalah fintech cicilan tanpa kartu kredit untuk membeli barang – barang di situs Akulaku sendiri atau di merchant – merchant e-commerce yang bekerjasama dengan Akulaku.

Proses pengajuan adalah nasabah harus mengunduh aplikasi Akulaku. Setelah itu, nasabah melakukan pengajuan dengan memenuhi persyaratan yang diminta.

Jika disetujui, nasabah mendapatkan kredit limit dari Akulaku. Kredit limit tersebut yang digunakan ketika mengajukan cicilan tanpa kartu kredit di Akulaku.

Pembayaran akan mengembalikkan limit kredit, yang nanti bisa digunakan kembali untuk belanja. Jika track record pembayaran bagus, Akulaku biasanya akan menaikkan limit kredit.

Proses pengajuan di Akulaku adalah:

  1. Download Akulaku di Google Play atau App Store
  2. Daftar pengguna. Isi nomor ponsel dan jadilah pengguna Akulaku
  3. Ajukan limit kredit. Isi informasi dasar, ajukan limit kredit, setelah pengajuan kredit disetujui, kami akan beritahukan Anda melalui SMS.
  4. Dapatkan kredit dan bisa belanja. Akulaku menyediakan banyak produk untuk dipilih, seperti kuota dan pulsa, pembayaran tagihan air, listrik, BPJS, tiket pesawat dan layanan lainnya

Wilayah pengajuan Akulaku terbatas di Jabodetabek, Bandung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Medan, Padang, dan Palembang. Tampak bahwa Jawa sudah dicover semua, sementara diluar Jawa hanya beberapa kota di Sumatera.

TravelokaPay

TravelokaPay adalah aplikasi kredit online tanpa dp yang ditawarkan Traveloka. Ini adalah cicilan tanpa kartu kredit yang ditawarkan perusahaan travel online ini.

Dalam TravelokaPay terdapat pilihan PayLater untuk beli beragam produk Traveloka dan bayar 1 bulan kemudian, atau nikmati cicilan tanpa kartu selama 2 hingga 12 bulan.

Adanya fitur PayLater membuat calon pembeli bisa mencicil tanpa perlu punya kartu kredit terlebih dahulu. Syaratnya, cukup sediakan KTP dan satu dokumen pendukung, dan dapatkan limit hingga Rp10.000.000. 

Untuk mendaftar PayLater, pelanggan harus berusia antara 21–55 tahun, warga Indonesia, dan memiliki KTP yang valid. Siapkan KTP serta satu dokumen pendukung, seperti SIM, kartu BPJS, kartu NPWP atau KK.

Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 1 jam kerja. Pastikan pelanggan dan kontak keluarga dapat dihubungi dalam rentang waktu ini.

PayLater bisa digunakan untuk membeli semua produk perjalanan di Traveloka. Untuk melakukan pembelian dengan PayLater, Buka Traveloka App dan pilih produk yang ingin Anda beli, kemudian di halaman pembayaran, pilih PayLater. Jumlah transaksi Anda harus Rp500.000 ke atas dan pilih opsi cicilan setidaknya harus Rp100.000 per bulan.

Kesimpulan

Tumbuhnya pinjaman online menawarkan alternatif pembiayaan baru buat masyarakat. Kami mencatat ada 7 pinjaman online yang memberikan tenor cicilan sampai 12 bulan.

0 comment

Related Posts


Deprecated: Theme without comments.php is deprecated since version 3.0.0 with no alternative available. Please include a comments.php template in your theme. in /var/www/html/cicil.id/wp-includes/functions.php on line 4973

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *