Advertisements

Tips Pengajuan FinPlus Disetujui dan Alasan Ditolak (2023)

Advertisements

Bagaimana caranya agar permohonan FinPlus bisa disetujui dan tidak gagal ? Apa saja alasan penolakan pengajuan pinjaman online ini yang wajib kita pahami ?.

FinPlus adalah jenis pinjaman online P2P lending untuk Dana Tunai Multiguna yang menawarkan proses cepat, persyaratan mudah dan menjangkau calon nasabah yang sulit mengajukan kredit ke bank.

Pinjaman online ini aman dan legal karena dimiliki PT Rezeki Bersama Teknologi yang punya izin resmi P2P dari OJK sesuai dengan surat keputusan OJK KEP-3/D.05/2021 tanggal 6 Januari 2021.

Advertisements

Namun, banyak orang yang pengajuan FinPlus ditolak atau gagal. Tidak sedikit muncul pertanyaan apa saja yang perlu dipersiapkan agar kegagalan dalam permohonan pinjaman bisa diatasi.

Kami mewawancarai beberapa ex analis kredit pinjol, mantan nasabah yang berhasil pinjam dan calon nasabah yang ditolak, untuk mendapatkan jawabannya..

Daftar Isi[Lihat]

Cara agar Permohonan Pinjaman di FinPlus Disetujui dan Penyebab Kegagalan

Berikut ini alasan yang umum harus dipenuhi agar pengajuan FinPlus bisa disetujui sekaligus alasan penolakan yang umum terjadi yang sebisa mungkin dihindari.

1. Mengunduh dan Apply di Aplikasi Resmi FinPlus

Hampir semua pinjaman online mensyaratkan pengajuan dari aplikasi. Aplikasi tersedia di Google PlayStore dan harus diunduh ke ponsel.

Kalau tidak mengunduh aplikasi, proses pengajuan praktis tidak bisa dilanjutkan.

Calon peminjam harus juga punya ponsel pintar (smartphone) untuk bisa mengunduh aplikasi. Jenis ponsel lama yang belum bisa internet tidak bisa untuk mengunduh aplikasi.

Proses pendaftaran di FinPlus dimulai dengan aplikasi mengirimkan kode OTP lewat SMS ke no ponsel yang didaftarkan dalam pengajuan. Kemudian, kode OTP yang sudah masuk di SMS harus diinput ke aplikasi untuk verifikasi.

Advertisements

Jika pengisian salah atau tidak menerima kode OTP, pengajuan tidak bisa dilanjutkan, Harus dipastikan bahwa kode diterima dan diisi dengan benar.

Email juga wajib dimiliki. Pendaftaran akun di aplikasi membutuhkan email.

2. Masukkan No Ponsel dengan Benar

Aplikasi FinPlus akan memastikan bahwa no ponsel dimiliki oleh orang yang mengajukan pinjaman. Tidak boleh menggunakan no ponsel orang lain.

Jika berhasil diketahui bahwa no ponsel yang digunakan milik orang lain maka pengajuan akan ditolak. Tidak bisa melanjutkan ke proses berikutnya.

3. Informasi KTP Lengkap dan Benar

FinPlus mewajibkan peminjam mengupload foto KTP.

Kesalahan dalam upload foto KTP, yang menyebabkan penolakan, adalah:

  • Foto tidak diambil dari kamera ponsel yang digunakan untuk mengajukan aplikasi
  • Hasil foto KTP buram sehingga tidak bisa dibaca oleh sistem
  • KTP diupload dari scan dan bukan diambil dari kamera ponsel

Kesalahan diatas menyebabkan foto KTP tidak valid dan pengajuan ditolak.

Aplikasi akan membaca secara otomatis data KTP menggunakan teknologi untuk membaca foto. Karena itu penting memastikan bahwa foto KTP sejelas mungkin agar mudah dibaca sistem.

Dan jangan lupa, gunakan KTP yang masih berlaku. Meskipun saat ini, mayoritas sudah e-KTP yang berlaku seumur hidup.

Data KTP yang diberikan tidak akurat dan menyebabkan penolakan, jika:

  • Bukan data KTP calon peminjam yang disampaikan
  • Data KTP tidak sesuai dengan database KTP nasional

Perusahaan pinjaman seperti FinPlus memiliki akses ke database KTP nasional dan bisa melakukan pengecekan atas KTP yang disampaikan. Jika ditemukan ketidaksesuaian dalam data KTP, pengajuan ditolak.

4. Ambil Foto Selfie Jelas Sesuai Ketentuan

Foto secara selfie adalah persyaratan pengajuan pinjaman online untuk melengkapi proses pengajuan yang tanpa tatap muka.

Pengambilan foto selfie harus mengikuti sejumlah ketentuan.

Advertisements

Kesalahan yang umum terjadi dalam pengambilan foto selfie dan menyebabkan penolakan adalah:

  • Hasil foto selfie tidak jelas sehingga sistem tidak bisa membaca foto dengan baik
  • Foto diambil tidak lengkap, misalnya terpotong atau dari sudut yang tidak sesuai
  • Pengambilan foto diambil tidak menggunakan kamera dari ponsel yang dipakai untuk mengajukan pinjaman.
  • Foto tidak diambil dengan kamera ponsel, misalnya menggunakan scan foto

5. Lengkapi Form Isi Data

Form pengisian wajib diisi oleh calon peminjam. Sejumlah data harus dilengkapi.

Advertisements

Jika data tidak lengkap diisikan, form tidak lengkap maka pengajuan tidak bisa dilanjutkan ke proses berikutnya.

6. Akses Data Pribadi di HP ke Aplikasi FinPlus

Saat proses pengajuan, aplikasi FinPlus akan meminta akses data pribadi ke HP. Tujuannya supaya aplikasi bisa menganalisa data dari HP tersebut untuk credit scoring.

Related Post

Untuk bisa mengakses, aplikasi akan meminta izin dari pengguna. JIka izin tidak diberikan oleh pengguna, proses pengajuan pinjaman tidak bisa dilanjutkan ke proses berikutnya.

Ketentuan dari OJK bahwa akses data pribadi di HP diperbolehkan dengan wajib meminta persetujuan dari pengguna.

Penolakan pengajuan akan otomatis terjadi, jika akses data tidak diberikan.

7. Peminjam Bisa Di Verifikasi Lewat Telepon atau Cara Lain

FinPlus akan melakukan verifikasi dengan menghubungi peminjam. Tujuannya memastikan bahwa pengajuan pinjaman dilakukan oleh aplikan yang namanya tertulis dalam form.

Verifikasi juga bertujuan menghindari fraud. Banyak kasus dimana no ponsel dicuri, data identitas hilang, yang kemudian disalahgunakan untuk mengajukan pinjaman.

Kontak ke rumah dan kantor adalah bagian dari proses verifikasi. Bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain melalui telepon atau bahkan kunjungan.

FinPlus meminta peminjam menyediakan emergency contact (econ), yaitu no telepon saudara, teman dan kerabat. Datanya wajib diisi di aplikasi.

Advertisements

8. Nama di Rekening Bank Berbeda dengan Nama Peminjam di KTP

FinPlus akan mencocokan data nama di rekening bank untuk pencairan dana dengan nama peminjam di KTP. Namanya harus sama dan tidak boleh ada beda

Kenapa ? Ini untuk menghindari kejadian Fraud atau kredit fiktif, dimana akun disalahgunakan oleh pihak lain.

Karena itu, pastikan kesamaan data di rekening bank dengan data di KTP Jika tidak, kemungkinan pengajuan ditolak.

9. Tempat Tinggal di Wilayah Operasional Coverage Area FinPlus

Peminjam berdomisili diluar wilayah operasional FinPlus maka pengajuan akan ditolak.

Ketentuan soal coverage area biasanya dijelaskan sejak awal. Calon peminjam bisa mengecek apakah domisili masuk dalam coverage area.

10. Tidak Punya Tunggakan atau Gagal Bayar Kredit di SLIK OJK, BI Checking, Pefindo

Calon peminjam yang punya catatan kredit buruk di SLIK OJK BI Checking biasanya akan ditolak pengajuannya. Karakter yang buruk menjadi alasan utamanya.

Catatan kredit dianggap negatif jika peminjam pernah menunggak pinjaman. Definisi berapa lama menunggak, yang dianggap buruk, bisa berbeda – beda diantara perusahaan.

Perusahaan pinjaman bekerjasama dengan beberapa lembaga untuk mengecek catatan kredit calon peminjam, seperti Pefindo. Kemajuan teknologi membuat pengecekan bisa dilakukan dengan semakin canggih.

11. Internal Blacklist FinPlus

FinPlus memiliki daftar blacklist nasabah. Blacklist disusun dari berbagai faktor dan dikumpulkan dari berbagai sumber.

Jika seseorang sebelumnya pernah mengajukan pinjaman di FinPlus dan hasilnya buruk, maka ketika mengajukan pinjaman lagi akan ditolak karena masuk ke daftar hitam (blacklist).

12. Minimum Penghasilan Cukup untuk Mengambil Kredit

Perusahaan pinjaman online seperti FinPlus memiliki formula dalam menentukan minimum penghasilan untuk memenuhi plafon kredit yang diajukan. Tujuannya untuk menghindari calon peminjam tidak memiliki sumber pembayaran untuk membayar kewajiban kredit.

Advertisements

Biasanya, rumusnya adalah 30% dari penghasilan bulanan adalah maksimum yang boleh untuk cicilan kredit. Diatas 30% sudah dianggap berbahaya.

Penghasilan lebih rendah dari seharusnya, berdasarkan jumlah pinjaman yang diajukan, membuat pengajuan bisa ditolak. Wajib memenuhi minimum penghasilan tertentu.

13. Alamat Peminjam Sesuai dan Tidak Bohong

Kemajuan teknologi memungkinkan perusahaan pinjaman seperti FinPlus untuk mengetahui lokasi atau wilayah tempat tinggal peminjam..

Peminjam yang tidak berada di wilayah yang dicantumkan sebagai alamat tempat tinggal, kemungkinan pengajuan akan ditolak. Misalnya, alamat tempat tinggal ditulis di Jakarta, tetapi lokasi peminjam di luar Jawa.

Di samping itu, domisili harus di Indonesia. Tidak boleh di luar negeri.

14. Melakukan Tanda Tangan di Perjanjian

Perjanjian kredit wajib ditandatangani dengan menggunakan tanda tangan elektronik. Nah, proses tanda tangan elektronik perlu diperhatikan karena prosesnya membutuhkan pendaftaran terpisah dari aplikasi pinjaman online.

Tanda tangan elektronik dilayani oleh pihak lain, Peminjam perlu mendaftar terlebih dahulu dan baru bisa melakukan tanda tangan.

Tanpa tanda tangan perjanjian kredit, sesuai ketentuan OJK, pengajuan pinjaman tidak bisa diproses lebih lanjut.

Kesimpulan

Informasi lebih lanjut soal syarat dan ketentuan, alasan pengajuan ditolak, bisa kita cek kanal berikut ini:

  • Website: www.finplus.co.id
  • Call Center: 0815-1319-9900
  • Alamat Kantor: Menara Dea Tower I 8th floor Suite 803 Jalan Mega Kuningan Kav. E4.3 No. 1-2, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950
Beri review post
Advertisements
Related Post
Advertisements