Pinjaman Online

5 Pilihan Kredit Tanpa Agunan Tanpa Kartu Kredit

written by wisanggeni | June 15, 2019

Masalah yang dihadapi banyak orang ketika mengajukan kredit tanpa agunan adalah syarat harus memiliki kartu kredit. Tidak semua orang memilikinya. Sekarang, sudah ada 5 kredit tanpa agunan yang tidak perlu kartu kredit.

Bank mewajibkan adanya riwayat kredit untuk mengajukan pinjaman. Riwayat kredit merupakan catatan cakap tidaknya dalam pinjam meminjam.

Riwayat kredit diambil melalui dokumen kartu kredit. Bank mengecek pemakaian kartu kredit calon nasabah dan hanya akan memproses catatan kredit yang dalam keadaan lancar.

Masalahnya, tidak semua orang punya kartu kredit. Tidak semua orang punya riwayat kredit.

Yang punya kartu kredit pun tidak selamanya punya catatan kredit yang baik. Bukan karena mereka mengemplang atau menunggak kartu kredit, namun seringkali karena kesalahan administrasi atau kelalaian dalam bertransaksi.

Contohnya, kita pernah mendengar penyalahgunaan data yang menyebabkan pembuatan kartu kredit atas nama kita tetapi sebenarnya kita tidak pernah mengajukan. Meskipun dalam kasus semacam ini bank kooperatif dalam memproses pengaduan, namun proses penyelesaiannya tidak cepat dan selama prosesnya belum selesai maka catatan kredit kita akan masih jelek.

UangTeman

UangTeman.com adalah pinjaman online jangka pendek dalam jumlah kecil. Tidak ada syarat harus memiliki kartu kredit.

Jumlah pinjaman mulai dari 1 juta sd 2 juta. Masa pinjaman maksimum 30 hari.

Pengajuan pinjaman tanpa agunan bisa dilakukan tanpa kartu kredit. Cukup mengisi data secara online dan melengkapi dokumen jika sudah disetujui.

Prosesnya cukup cepat. Dijanjikan 1 sd 2 hari untuk pinjaman pertama dan 3 sd 6 jam untuk pinjaman kedua dan seterusnya.

Proses dilakukan secara online. Tidak ada tatap muka dengan calon nasabah.

Kecepatan dan kemudahan proses membuat biaya layanan UangTeman relatif tinggi. Dalam situs mereka disebutkan bahwa biaya layanan adalah 1% per hari.

Namun, pelunasan dipercepat tidak dikenakan denda. Membayar hanya pokok dan jumlah biaya layanan selama hari yang dipinjam.

Misalnya, mengambil pinjaman selama 30 hari, lalu jalan 15 hari ingin melunasi, maka besarnya pelunasan adalah pokok pinjaman + biaya layanan selama 15 hari.

Tunaiku

Tunaiku adalah produk pinjaman dana tunai yang dikeluarkan oleh Bank Amar. di rumah, kantor atau tempat usaha yang akan dilayani langsung oleh kurir Tunaiku.

Plafon pinjaman dari Rp 2 juta hingga Rp 15 juta, dengan masa cicilan pinjaman 6 bulan hingga 12 bulan.  Bunga 2% flat per bulan.

Tunaiku tidak meminta dokumen kartu kredit sebagai syarat pengajuan pinjaman. Dokumen yang harus disiapkan: KTP, Kartu Pegawai atau Surat Keterangan Kerja, Mutasi Rekening atau Rekening Koran dan Slip Gaji.

Setelah mengisi formulir secara online, persetujuan kredit akan diberikan dalam waktu 24 jam. Setelah persetujuan diberikan, Tunaiku akan datang ke rumah, kantor atau tempat usaha yang untuk verifikasi dokumen pendukung dan memberikan kontrak asli untuk ditandatangani.

Drrupiah

Drrupiah.com melayani pinjaman online tanpa agunan. Tidak ada persyaratan kartu kredit.

Pinjaman mulai dari 1 juta sd 3 juta. Dikembalikan dalam jangka waktu maksimum 30 hari.

Pembayaran pinjaman dilakukan saat jatuh tempo. Tidak ada cicilan dalam pinjaman ini.

Dijanjikan proses yang cepat. Dalam 1 jam sudah ada jawaban mengenai persetujuan.

Taralite

Taralite.com menawarkan jumlah pinjaman lebih tinggi namun dengan jaminan. Tidak ada persyaratan kartu kredit.

Tidak disebutkan dengan jelas range pinjaman. Namun, estimasi jumlah peminjaman adalah 70% – 80% dari nilai pasar jaminan.

Bunga pinjaman adalah 1%flat / bulan untuk jaminan BPKB mobil dan Sertifikat Kepemilikan Rumah, serta 2%flat/bulan untuk jaminan BPKB motor.

Jangka waktu pinjaman yaitu: 1, 2, 3 tahun jaminan BPKB kendaraan dan hingga 5 tahun jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah.

Karena menggunakan jaminan, prosesnya sedikit lebih lama. Pengajuan diproses dalam waktu 2×24 jam.

Modalku

Modalku.co.id menawarkan pinjaman tanpa agunan untuk para merchant online. Tidak ada persyaratan kepemilikan kartu kredit.

Merchant yang diterima adalah mereka memiliki lapak di Tokopedia selama minimum 6 bulan. Lokasi domisili usaha di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Jumlah pinjaman dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Suku Bunga  2,0% flat per bulan.

Jangka waktu pinjaman 1 dan 2 bulan. Tidak ada cicilan karena pengembalian dilakukan seluruhnya (pokok + bunga) saat jatuh tempo.

Proses persetujuan pengajuan kredit adalah 3 hari kerja. Setelah disetujui, Modalku akan mencarikan pemberi dana di sistem marketplace mereka.

Modalku adalah marketplace peminjam dan pemberi pinjaman. Sumber dana bukan dari mereka tetapi dari pihak lain. Dikenal pula sebagai peer to peer lending.

Kesimpulan

Sejumlah lembaga memberikan pinjaman tanpa agunan yang tidak mewajibkan punya kartu kredit. Ini tentu saja terobosan terhadap pinjaman KTA di Bank, yang mengharuskan punya Kartu Kredit sebagai salah satu persyaratan utama.

Tapi dengan kemudahan ini, calon nasabah harus tetap menerapkan kehati-hatian ketika memutuskan mengambil pinjaman tanpa jaminan. Pinjaman ini sebaiknya diambil dalam kondisi emergency ketika sumber dana lain sudah tidak ada karena bunganya cukup tinggi.

0 comment

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Newsletter

Subscribe our Newsletter for new blog posts, tips & new photos. Let's stay updated!