Pinjaman Online

5 Pinjaman Online Langsung Cair KTP Tanpa Slip Gaji

written by wisanggeni | July 27, 2020
Pinjamana Online Syarat KTP

Pinjaman online tidak hanya menawarkan kemudahan pengajuan tetapi juga kecepatan pencairan. Apa saja pinjaman online yang bisa langsung cair dan hanya perlu KTP tanpa slip gaji ? Kami mencatat lima diantaranya.

Pinjaman online muncul 3 tahun belakangan ini dan cepat sekali pertumbuhannya di Indonesia.

Di akhir 2016, jumlahnya masih kurang dari 10 fintech pinjaman online terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sekarang di April 2020 lebih dari 160 sudah terdaftar resmi. 

Luar biasa sekali pertumbuhannya.

Pinjaman Online Langsung Cair

Pinjaman Online
Pinjaman Online

Apa yang mendorong pertumbuhan pinjaman online secepat ini ?

Simpel sebenarnya, pinjaman online menawarkan proses, fitur dan cara yang disukai oleh konsumen, yaitu:

  • Proses kredit cepat, mudah dan dalam genggaman. Hal yang sebelum ada fintech, konsumen sulit dapatkan dari bank.
  • Syarat pengajuan kredit simpel, hanya modal KTP dan foto selfie bisa mengajukan pinjaman. Tidak perlu kartu kredit, tidak perlu DP uang muka dan tanpa jaminan.
  • Fleksibilitas tenor kredit, bisa mengambil dalam jangka waktu hari atau minggu, sementara kredit di bank tidak sefleksibel ini, mewajibkan debitur mengambil cicilan minimum 6 bulan.

Mari kita lihat bagaimana perusahaan pinjaman online menawarkan fitur – fitur mereka.

Kredit Pintar Pinjaman Online Syarat KTP Saja

Kredit Pintar adalah salah pinjaman online OJK untuk seluruh wilayah di Indonesia, yang bertumbuh sangat cepat dengan yang menawarkan dana tunai dengan proses selama 24 jam langsung cair.

Nasabah bisa mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store yang saat ini hanya melayani Android. 

Kredit Pintar menawarkan persyaratan pinjaman yang cukup mudah, yaitu hanya perlu syarat KTP, tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, dan tanpa BI checking, dengan fitur kredit adalah:

  • Plafon mulai Rp 600 ribu sd Rp 1.8 juta
  • Tenor 28 hari sd 4 minggu.
  • Untuk tenor 4 minggu, Kredit Pintar membagi menjadi 2 kali cicilan dalam 4 minggu tersebut.

Peminjam wajib memiliki rekening bank atas nama mereka sendiri – sesuai nama lengkap di KTP – karena apabila pengajuan disetujui, maka Kredit Pintar akan mentransfer uang pencairan ke rekening bank yang didaftarkan tersebut.

Tapi, Kredit Pintar hanya menerima nasabah BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata, CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Danamon, Maybank, Bukopin, KEB Hana, dan BTN.

Setelah dokumen lengkap disampaikan, prosesnya adalah maksimal dalam waktu 24 jam (jam kerja) sejak proses pengajuan pinjaman dan semua dokumen telah dilengkapi. Adapun jam kerja Kredit Pintar adalah Senin – Jumat pukul 09:30 – 19:30.

Selama proses pengajuan, Anda bisa mengecek status pengajuan di aplikasi pada Homepage “Saat Ini” atau “Aplikasi Saya” dalam tab “Saya”.

Tidak bisa mengajukan pinjaman jika masih memiliki pinjaman berjalan. Sedangkan pengajuan ditolak, Anda bisa mengajukan lagi setelah beberapa waktu.

Bunga Kredit Pintar adalah 0,8% per hari yang di split dalam biaya layanan serta biaya provisi di depan, 

Indodana

Indodana adalah pinjaman online yang sudah izin OJK juga tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, yang menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu:

  1. Dana Tunai dengan jumlah Rp 1 juta sd Rp 8 juta dengan tenor 1 bulan sd 3 bulan
  2. PayLater untuk beli barang di merchant kerjasama dengan limit cicilan sampai 25 juta dan bisa dicicil sampai tenor beberapa bulan.

Untuk dana tunai, jika pinjaman disetujui, pencairan dilakukan ke rekening peminjam yang dicantumkan dalam aplikasi.

Sementara, untuk paylater, konsumen mendapatkan limit pinjaman, yang bisa digunakan untuk membeli barang secara cicilan di aplikasi Indodana dan seluruh partner merchant Indodana yang dapat dilihat di halaman “cicilan produk” di dalam aplikasi Indodana

Pembayaran akan mengembalikkan limit cicilan. Cara kerjanya persis seperti kartu kredit.

Indodana memiliki kebijakan hanya boleh ada satu pinjaman aktif. Jadi, jika dana tunai sedang diambil, konsumen tidak bisa mengajukan cicilan pay later. 

Meskipun terdapat dua jenis pinjaman, tetapi Anda hanya bisa mengajukan 1 pinjaman di saat yang bersamaan. Anda hanya dapat mengajukan 1 pinjaman dan baru dapat mengajukan kembali setelah pinjaman Anda selesai

Proses pengajuan kredit lewat mobile App Indodana dengan persyaratan pengajuan sebagai berikut:

  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 50 tahun
  • Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan.
  • Warga Negara Indonesia (WNI)

Untuk saat ini, Indodana menjangkau wilayah: DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Kota Bandung dan Kota Surabaya. Diluar wilayah ini pengajuan tidak akan diterima.

Julo

Salah satu pelopor pinjaman online adalah Julo yang sekarang sudah punya izin dari OJK, dan pengajuannya bisa dilakukan lewat aplikasi yang bisa Anda unduh di PlayStore.

Fitur pinjaman di Julo adalah:

  • Julo Mini: pinjaman Rp 1,000,000 tenor 30 hari bunga 10% per bulan
  • Julo Cicilan: pinjaman Rp 8,000,000 tenor 3 – 6 bulan bunga 1.5% – 4% per bulan dan cashback (uang kembali) sebesar 2%!
  • JULO Agunan adalah opsi kredit dengan jaminan berupa BPKB motor, mobil, atau sertifikat rumah, apartemen atau tanah

Julo menetapkan plafon kredit sesuai dengan credit scoring yang mereka miliki dan hasil credit scoring tersebut muncul setelah Anda mengisi data – data.

Setelah Anda mengisi data di aplikasi, Julo akan memproses dan mengeluarkan hasil scoring dengan rekomendasi plafon kredit yang bisa Anda ajukan, suku bunga dan tenor masa pinjaman.

Sebagai contoh, hasil credit scoring saya, disebut Julo Poin, yaitu B+, yang mana saya bisa mengambil dua pilihan produk, yaitu:

  • Julo Mini: max Rp 1,000,000 tenor 30 hari
  • Julo Cicil: max Rp 8,000,000 cicilan 3 – 6 bulan

Julo lalu meminta Anda menentukan pinjaman yang akan diambil. 

Contohnya jika mengambil Julo Mini sebesar Rp 500,000 selama 30 hari, maka skemanya adalah sebagai berikut: 

  • Pinjaman Rp 1 juta disetujui dan Anda akan menerima Rp 950,000 karena Julo memotong biaya provisi Rp 50,000 dari nilai pencairan 
  • Total pengembalian pinjaman Rp 1,103,000
  • Bunganya menjadi 16% untuk 1 bulan.

PinjamanGo

Pinjaman Go adalah salah satu P2P berizin OJK yang menawarkan pinjam uang tanpa jaminan cukup syarat KTP secara online lewat aplikasi untuk wilayah di seluruh Indonesia.

Jenis pinjaman yang ditawarkan cukup simpel, hanya ada varian, yaitu: tenor 14 hari dan 21 hari dengan plafon mulai dari Rp 1.2 juta sampai paling tinggi Rp 6 juta.

Namun, saat kami mengajukan untuk pinjaman pertama, PinjamanGo hanya memberikan plafon maksimum Rp 1.2 juta. Dalam penjelasannya, PinjamanGo menyebutkan bahwa seiring kinerja pembayaran yang baik maka plafon kredit bisa meningkat lebih tinggi.

Persyaratan yang ditetapkan cukup singkat, yaitu:

  • memiliki KTP, 
  • rekening bank, 
  • nomor HP tetap, 
  • penghasilan yang stabil.

Pinjaman syarat KTP ini cukup simpel pengajuannya, hanya butuh waktu 15 sd 20 menit untuk menyelesaikan form online, dengan sejumlah pertanyaan singkat.

Tetapi, pengajuan tidak langsung cair dalam 24 jam.

Nasabah harus menunggu 1 x 24 jam sd 2 x 24 jam atau sekitar 2 hari sampai menerima keputusan dari Pinjaman Go, apakah pengajuan kredit diterima atau tidak.

Di Pinjaman Go, plafon yang disetujui langsung dipotong dengan bunga atau biaya layanan di muka dan peminjam mengembalikkan sebesar plafon disetujui tersebut.

Contohnya, nasabah pertama mengajukan Rp 1.2 juta dan disetujui tetapi dana pencairan ke rekening adalah Rp 1 jutaan (bukan Rp 1.2 juta) dan kewajiban pengembalian adalah Rp 1.2 juta, berikut ini rinciannya:

  • Pengajuan pinjaman Rp 1,200,000
  • Pencairan Rp 1,079,880 ke rekening nasabah
  • Pengembalian Rp 1,200,000 saat jatuh tempo
  • Tenor 14 hari

Bunga Pinjaman Go menjadi 0,8% per hari atau 11.12% utk masa pinjaman 14 hari.

Kesimpulan

Pinjaman online tumbuh dengan sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan kemajuan teknologi fintech. Banyak fitur – fitur di online yang mempermudah nasabah untuk mengajukan pinjaman yang selama ini sulit.

Lima pinjaman online syarat KTP dan cepat cair yang diuraikan diatas memberikan gambaran soal cara, proses dan persyaratan pengajuan kredit secara online.

0 comment

Related Posts


Deprecated: Theme without comments.php is deprecated since version 3.0.0 with no alternative available. Please include a comments.php template in your theme. in /var/www/html/cicil.id/wp-includes/functions.php on line 4977

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *