Pinjaman Online

Pengalaman RupiahCepat Pinjaman Online OJK | Bunga, Syarat

written by wisanggeni | October 12, 2020
Pinjaman Uang Online RupiahCepat

RupiahCepat adalah pinjaman online berizin OJK yang menjanjikan pengajuan mudah dan cepat cair dalam 24 jam. Bagaimana pengalaman mengajukan pinjaman di RupiahCepat ? Ikuti pengalaman kami.

Persoalan mengajukan pinjaman ke bank selama ini adalah proses yang lama dan persyaratan yang rumit. Banyak yang tidak bisa mengajukan kredit ke bank.

Pinjaman online menawarkan proses pengajuan kredit yang mudah dan cepat. Memanfaatkan teknologi keuangan (fintech, pinjaman online menjanjikan proses yang lebih baik.

Salah satu pinjaman online yang sudah mendapatkan izin OJK adalah RupiahCepat.

Tapi, sebelum membahas fitur RupiahCepat, saya akan menjelaskan bagaimana pinjaman online tersebut, regulasinya dan cara pengajuan kredit secara online.

Aplikasi Pinjaman Online

Ada dua hal yang penting soal pinjaman online, yaitu proses pengajuan dan regulasi yang mengatur.

Proses Kredit

Untuk bisa mengajukan pinjaman, Anda harus mengunduh aplikasi pinjaman online (pinjol) di Google Play Store atau Apple IOS. Lewat aplikasi ini, pengajuan dilakukan.

Anda harus punya smartphone agar bisa mengunduh aplikasi di Play Store.

Setelah mengunduh, buka aplikasi pinjol, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama Anda.

Secara garis besar, proses pengajuan pinjaman online disini adalah:

  1. Unduh Aplikasi pinjaman online
  2. Isi formulir pinjaman uang online
  3. Persetujuan peminjaman dana uang cash
  4. Uang tunai ditransfer ke rekening Anda

Regulasi

Pinjaman online seperti RupiahCepat diawasi dan diatur oleh OJK dan masuk sebagai Financial Technology – P2P Lending.

Fintech Lending/Peer-to-Peer Lending/Pinjaman Online adalah layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara kreditur/lender (pemberi pinjaman) dan debitur/borrower (penerima pinjaman) berbasis teknologi informasi. Fintech lending juga disebut sebagai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi (LPMUBTI). 

Sampai dengan 14 Agustus 2020, total jumlah penyelenggara fintech terdaftar dan berizin adalah sebanyak 157 perusahaan. OJK mengimbau masyarakat untuk menggunakan jasa penyelenggara fintech lending yang sudah terdaftar/berizin dari OJK.

Fitur Pinjaman

RupiahCepat adalah pinjaman yang menawarkan plafon kecil, mulai dari Rp 400,000 sd Rp 5,000,000. Pilihan tenor adalah 65 hari, 75 hari dan 90 hari.

Yang perlu diperhatikan saat mengajukan di RupiahCepat adalah plafon yang ditawarkan bisa berubah – ubah tergantung pada kebijakan RupiahCepat. Plafon yang bisa diajukan akan terlihat di aplikasi.

Penggunaan aplikasi di ponsel membuat fintech bisa menawarkan pinjaman secara customized, berbeda – beda di setiap orang, tergantung hasil analisa dan profil peminjam.

Biasanya setelah pinjaman pertama, plafon yang ditawarkan bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pembayaran.

Bunga RupiahCepat

RupiahCepat menampilkan di dalam aplikasi pinjaman soal kewajiban pembayaran, dengan rincian sebagai berikut:

PlafonTenorPembayaranBunga
400,00065 hari540,8000,54% per hari
1,000,00065 hari1,351,4000,54% per hari
1,100,00065 hari1,486,5000,54% per hari
5,000,00065 hari6,756,8000,54% per hari

Bunga per hari adalah 0,54% dengan total bunga selama 65 hari adalah 35%.

Persyaratan dan Ketentuan

Persyaratan dan ketentuan pengajuan pinjaman di Rupiah Cepat adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.
  • Memiliki E-KTP

RupiahCepat melayani seluruh wilayah di Indonesia.

Anda diminta untuk memiliki rekening bank atas yang masih aktif dalam 3 bulan terakhir untuk dapat mengajukan pinjaman, serta berhati-hati dalam melakukan pengisian nomor rekening, RupiahCepat tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengisian nomor rekening Anda.

Kecocokan data antara pengajuan di aplikasi dan data di rekening bank menjadi syarat penting agar pinjaman bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah lolos, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan di aplikasi, fintech tidak akan mencairkan pinjaman.

Cara Pengajuan

Aplikasi RupiahCepat
Aplikasi RupiahCepat

Dalam aplikasi, pinjaman Anda harus mengisi no ponsel yang digunakan untuk mengajukan pinjaman, lalu RupiahCepat akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut yang Anda harus masukkan kodenya ke aplikasi.

Setelah selesai dengan kode verifikasi, Anda perlu membuat password. Password nanti digunakan untuk setiap kali kembali masuk ke aplikasi.

Masuk pertama kali, Anda diminta menyetujui perjanjian serta syarat dan ketentuan, termasuk izin atas penggunaan data. Anda wajib setuju untuk bisa maju ke proses berikutnya. 

Selanjutnya adalah proses pengisian data di aplikasi yang meliputi:

  1. Menentukan Plafon Kredit dan Tenor
  2. Data Pekerjaan
  3. Kontak Darurat
  4. Informasi Tambahan
  5. KTP dan Foto Selfie
  6. Pengajuan Pinjaman

Plafon dan Tenor Kredit

2-RupiahCepat. Aplikasi Plafon dan Tenor Pinjaman
Aplikasi Plafon dan Tenor Pinjaman

Anda masuk ke halaman pinjaman dan menentukan:

  • Plafon Kredit yang diajukan
  • Lama masa pinjaman

Untuk pinjaman pertama, RupiahCepat hanya menyediakan pembayaran jangka pendek yang tidak bisa dicicil, bayar sekaligus di akhir masa jatuh tempo pinjaman. 

Nanti di pinjaman berikutnya, RupiahCepat akan memberikan opsi cicilan atau plafon kredit yang lebih besar.

Data Pekerjaan

Pengisian data berikutnya adalah data pekerjaan, termasuk jumlah penghasilan per bulan. 

Bagian ini termasuk paling penting karena berdasarkan info.disini fintech menentukan apakah peminjam punya kemampuan keuangan untuk mengembalikan pinjaman atau tidak.

Anda harus mengisi jenis pekerjaan, tersedia pilihan, yaitu: full-time, part-time, wiraswasta, tuna karya (menganggur), pelajar.

Data yang wajib diisi adalah:

  • Jumlah penghasilan per bulan
  • Lama Masa Kerja
  • Nama Perusahaaan
  • Kota Perusahaan
  • Tanggal Penerimaan Gaji 
  • No Telepon Perusahaan

Karena info tersebut wajib, jika tidak diisi, Anda tidak bisa pindah ke proses berikutnya.

Kontak Darurat

Anda harus mengisi 3 kontak darurat yang Anda harus sampaikan.

Di setiap kontak, Anda harus: 

  • Mengisi no HP dan hubungannya. 
  • Jenis kontak yang diperbolehkan adalah orang tua, teman, dan saudara.

Anda harus ambil no tersebut dari phonebook ponsel Anda. Anda tidak bisa menuliskan no HP kontak secara manual.

Informasi Tambahan

Di tahap berikutnya, RupiahCepat meminta informasi soal pendidikan, status pernikahan, jumlah anak dan rekening bank.

Anda harus memastikan bahwa informasi rekening bank disampaikan dengan benar dan sesuai dengan peminjam. Ketidaksesuaian menyebabkan kegagalan pencairan meskipun kredit sudah disetujui oleh RupiahCepat.

RupiahCepat meminta dua kali konfirmasi no rekening dalam pengisian data.

KTP dan Foto Selfie

Anda diminta menyampaikan KTP, lalu  foto selfie sambil memegang KTP. Keduanya wajib Anda ambil menggunakan kamera dari HP yang dipakai untuk apply pinjaman di RupiahCepat.

Di bagian ini RupiahCepat akan meminta akses, yaitu: lokasi perangkat dan kamera serta video. Tujuannya agar bisa mengambil foto dan menyimpan hasil foto tersebut.

Data KTP yang diambil akan dibaca oleh sistem RupiahCepat secara otomatis, tetapi biasanya suka gagal karena kualitas foto yang diambil tidak sejelas yang diharapkan oleh sistem untuk bisa membacanya, karena itu RupiahCepat menyediakan alternatif kepada peminjam untuk menginput data nama dan NIK secara manual di aplikasi.

Saran dari RupiahCepat adalah pastikan pencahayaan tepat dan tidak ada orang di samping Anda saat pengambilan foto KTP atau verifikasi langsung. 

Apabila masih mengalami kendala, silahkan rekam proses tersebut dan cantumkan merek HP Anda, nomor versi aplikasi Rupiah Cepat di HP Anda beserta operator HP Anda kemudian mengirimkannya ke e-mail: cs@rupiahcepat.co.id

Pengajuan Pinjaman

Pengajuan Pinjaman RupiahCepat
Pengajuan Pinjaman RupiahCepat

Setelah pengiriman KTP dan foto selfie berhasil, Anda masuk ke tahap akhir, pengajuan pinjaman.

Sampai tahap ini, status pengajuan Anda adalah:

  • Pengajuan sudah diterima oleh RupiahCepat
  • Selanjutnya, jika menerima SMS/notifikasi pinjaman disetujui maka Anda harus masuk ke aplikasi dan menekan tombol ‘ajukan’ agar pinjaman dicairkan
  • Jika tidak melakukan hal tersebut, menekan tombol ‘ajukan’, serta melewati batas waktu yang sudah ditentukan maka persetujuan batal.

Proses pengajuan pinjaman Anda akan dikonfirmasi dalam waktu 24 jam dapat di cek pada menu [Detail Pinjaman]. Apabila telah disetujui, harap menunggu telepon konfirmasi dari staf RupiahCepat. 

Mohon pastikan HP selalu aktif dan menerima panggilan dari staf RupiahCepat. Dana paling cepat masuk ke rekening Anda dalam 20 menit.

Skor Kredit

RupiahCepat menampilkan informasi skor kredit untuk setiap peminjam. Skor ini menentukan jumlah plafon yang bisa diajukan.

Semakin tinggi skor kredit, semakin besar plafonnya. 

Anda bisa melakukan pinjaman berkali-kali dan setiap kali Anda tepat waktu melakukan pembayaran, skor kredit Anda akan meningkat. 

Izin OJK

Rupiah Cepat adalah produk dari Kredit Utama Fintech Indonesia (KUFI) dan telah berizin di OJK Indonesia dengan nomor izin: KEP-132/D.05/2019. 

Izin OJK ini sangat penting karena saat ini banyak pinjaman online ilegal yang merugikan konsumen. Untuk memastikan pinjaman legal dan aman adalah memiliki izin dari OJK.

Tips Pinjaman Online

Sebelum mengajukan pinjaman online, Anda perlu mempertimbangkan hal – hal berikut ini:

  1. Perbandingkan antara fintech karena tidak semua bunganya mahal. Ada fintech yang memberikan bunga lebih rendah dari cap max bunga tersebut.
  2. Bandingkan antara Fintech dengan menghitung berdasarkan suku bunga harian agar karena tenor di pinjaman online bisa berbeda – beda sekali satu dengan lainnya.
  3. Jangan terpaku pada suku bunga yang dipublikasikan fintech untuk menghitung beban bunga sebenarnya. Banyak fintech membuat bunga tampak rendah, tapi sebenarnya tidak, karena adanya potongan biaya admin atau provisi. Jadi, meskipun bunga secara prosentase rendah, namun pada kenyataannya pencairan tidak sebesar plafon yang disetujui, dipotong biaya di muka.
  4. Cara paling mudah menghitung total bunga yang harus ditanggung peminjam adalah membandingkan dana pencairan yang masuk ke rekening vs jumlah pelunasan, untuk bisa menghitung berapa biaya bunga secara akurat.
  5. Jika memang ingin mengambil pinjaman online, karena berbagai pertimbangan, saran saya ambil yang tenor pendek.
  6. Hati hati dengan cicilan karena cicilan selama beberapa bulan membuat jumlah pembayaran bunga menjadi selangit. Bisa mendekati 100% !

Pinjaman online lebih pas untuk pinjaman jangka pendek dan bukan untuk cicilan

Kesimpulan

Pengalaman mengajukan pinjaman di RupiahCepat bahwa pinjaman online menawarkan produk kredit yang lebih cepat dan lebih mudah prosesnya dibandingkan pinjam di bank. 

Tetapi, maraknya pinjaman online ilegal, tanpa izin resmi, menimbulkan dampak negatif di masyarakat, antara lain: bunga yang super tinggi, cara penagihan yang tidak manusiawi dan lain sebagainya dari pinjaman tidak berizin ini.

Pastikan mengajukan pinjaman online perusahaan yang sudah terdaftar OJK.

0 comment

Related Posts


Deprecated: Theme without comments.php is deprecated since version 3.0.0 with no alternative available. Please include a comments.php template in your theme. in /var/www/html/cicil.id/wp-includes/functions.php on line 4973

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *