Advertisements

Review Julo Pinjaman Online Cicilan Dana Tunai Izin OJK

Advertisements

Julo adalah salah satu pinjaman online yang berizin OJK dan menawarkan cicilan dana tunai tanpa jaminan cepat cair. Bagaimana review soal pengalaman mengajukan kredit di Julo ? Apa plus dan minus dari fintech ini.

Julo merupakan salah satu fintech P2P Lending yang berizin resmi OJK. Lengkapnya, PT. JULO TEKNOLOGI FINANSIAL (‘Julo’).

Berikut ini adalah review pengalaman mengajukan pinjaman di Julo:

Advertisements

Apa itu Julo

Julo menawarkan pinjaman dana tunai kredit tanpa agunan dengan bunga cukup menarik.

Tersedia pilihan pinjaman jangka pendek masa 30 hari, dan kredit cicilan 3 sd 6 bulan.

Produk kredit yang bisa diambil nasabah tergantung hasil credit scoring Julo yang dibuat berdasarkan data dan analisa nasabah.

Pinjaman online Julo menyasar calon nasabah yang mengajukan lewat smartphone karena kredit Julo hanya bisa diajukan via aplikasi yang diunduh di Google Play Store.

Fitur Pinjaman

Fitur kredit di Julo, yaitu:

  • Julo Mini: pinjaman Rp 1,000,000 tenor 30 hari bunga 10% per bulan
  • Julo Cicilan: pinjaman Rp 8,000,000 tenor 3 – 6 bulan bunga 1.5% – 4% per bulan

Apakah calon peminjam bisa mengajukan semua produk pinjaman Julo tersebut ?

Tergantung credit scoring nasabah yang ditentukan Julo.  Apa itu Credit Scoring Julo ? Mari kita lihat sama – sama.

Advertisements

Cara Pengajuan Pinjaman

Langkah pertama untuk mengajukan Julo adalah mengunduh aplikasi di Google Play Store. Proses pengajuan adalah sebagai berikut:

#1 Aplikasi Pinjaman

Setelah diunduh, Anda masuk ke aplikasi pinjaman Julo, yang dimuka menampilkan dua jenis produk cicilan dan agunan.

Untuk masuk ke dalam aplikasi, Anda perlu email dan password.

Julo melakukan verifikasi email dengan mengirimkan pesan  ke alamat email yang Anda cantumkan untuk verifikasi.

Julo menghubungkan email Anda dengan sistem mereka. Setelah verifikasi email selesai, silahkan menentukan jumlah pinjaman yang diajukan.

#2 Pilih Plafon Kredit

Julo menawarkan plafon kredit di Julo mulai dari Rp 500,000 sampai Rp 8,000,000. Karena ini merupakan pengalaman mencoba, saya memilih jumlah plafon yang paling kecil.

Saya pilih Rp 500,000 kemudian klik ‘Lanjutkan’.

#3  Data KTP

Tahap berikutnya saya harus mengisi data di formulir aplikasi online. Ada 4 jenis data yang diminta dan saya harus lengkapi, yaitu:

  • Identitas Diri
  • Informasi Keluarga
  • Pekerjaan & Pendidikan
  • Keuangan

Dimulai pengisian identitas diri, Julo meminta pengambilan foto KTP dengan kamera HP yang saya gunakan untuk mengajukan pinjaman. Sistem AI Julo akan secara otomatis membaca data di KTP.

Hasil tangkapan foto KTP (nama, tanggal lahir dll) ditunjukkan dalam aplikasi dan Julo meminta data pribadi tersebut dikoreksi jika terdapat kesalahan.

Selanjutnya, masih dalam pengisian identitas diri, saya harus mengisi alamat tempat tinggal, status tempat tinggal, serta no kontak. Saya juga wajib membuat pernyataan bahwa ponsel yang digunakan untuk pengajuan adalah milik sendiri atau bukan.

Kemudian, untuk memastikan sekaligus verifikasi no ponsel, Julo mengirimkan verifikasi OTP ke nomor ponsel yang kita sebutkan dalam aplikasi.

#4 Info Keluarga

Julo meminta data keluarga, yaitu:

  • Informasi pasangan: nama dan no kontak
  • Informasi keluarga kandung: nama, no kontak dan hubungan keluarga

#5 Info Pendidikan, Pekerjaan

Julo meminta informasi pendidikan, yaitu jurusan, tempat pendidikan dan nilai IPK.

Selanjutnya, terkait pekerjaan, saya diminta mengisi nama perusahaan, alamat perusahaan, mulai bekerja dan tanggal gajian.

Advertisements

#6 Info Keuangan

Sampai di bagian akhir pengisian data, yaitu informasi keuangan peminjam. Saya perlu mengisi data keuangan, yaitu:

  • Penghasilan per bulan
  • Pengeluaran per bulan
  • Sewa / Cicilan Rumah per bulan
  • Cicilan hutang per bulan
  • Penghasilan bersih rata – rata per bulan dalam 3 tahun terakhir.

Ditanyakan juga apakah memiliki kendaraan pribadi dan jika ya pilih jenisnya (mobil, motor) serta statusnya sudah lunas atau belum.

#7 Rekening Bank

Untuk kepentingan pencairan uang, data no rekening, bank dan nama di rekening diminta untuk diisi dan wajib diperhatikan bahwa pemilik rekening adalah harus orang yang mengajukan pinjaman.

Related Post

Tidak diperbolehkan memakai rekening orang lain. Rekening harus atas nama kita sendiri.

#8 Ajukan Pinjaman

Setelah semua data lengkap diisi, Julo merekap data tersebut dan memberikan kesempatan kepada calon peminjam untuk mengecek ulang data yang sudah diisi.

Advertisements

Di bagian akhir dari formulir aplikasi, sebelum tombol pengajuan, Julo meminta persetujuan soal: Syarat dan Ketentuan; Privacy Policy dan Proses Pemeriksaan data pribadi.

Setelah kotak persetujuan dicentang, silahkan klik ‘Kirim Formulir’, yang berarti proses pengajuan sudah disampaikan ke Julo.

Credit Scoring

Setelah melengkapi semua langkah diatas, Julo menjalankan dan menentukan credit scoring untuk saya. Pada dasarnya, dalam setiap pengajuan akan muncul, yang namnya  ‘Julo Poin’.

Julo poin ini penting karena hasilnya menentukan jenis produk yang bisa diambil oleh peminjam.

Berikut hasil Julo Poin saya, yaitu B+, yang mana saya bisa mengambil dua produk, yaitu:

  • Julo Mini: Rp 1,000,000 tenor 30 hari
  • Julo Cicil: Rp 8,000,000 cicilan 3 – 6 bulan

Saya pilih Julo Mini dengan mengajukan pinjaman sebesar Rp 500,000 selama 30 hari.

Verifikasi

Setelah lolos di aplikasi, dengan nilai credit scoring (B+), lalu saya telah pilih produk pinjaman, selanjutnya  Julo menyampaikan bahwa akan ada proses verifikasi telepon.

Saya harus menunggu karena verifikasi tidak dilakukan saat itu juga.

Di hari berikutnya, kredit analis Julo menghubungi saya lewat telepon melakukan verifikasi dan menyampaikan hal berikut:

Pertama, memberitahukan bahwa pengajuan pinjaman saya disetujui Julo.

Kedua, Julo menyampaikan pinjaman yang disetujui sebesar Rp 1,000,000 (saya mengajukan Rp 500,00) dengan masa pinjaman 30 hari serta disebutkan tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman, yang jika terlambat membayar dikenakan denda.

Ketiga, Julo meminta saya menyebutkan tanggal lahir dan no rekening untuk pencairan, sebagai syarat verifikasi dan jika tidak bisa menyebutkan kedua data tersebut verifikasi gagal, maka dari itu Anda harus ingat terutama no rekening bank untuk pencairan.

Keempat, meskipun sudah disetujui, Julo menyebutkan bawah masih ada tahapan proses selanjutnya sebelum pencairan uang ke rekening saya, yaitu (1) tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman di aplikasi dan (2) rekaman suara persetujuan dengan saya harus membaca kalimat sesuai tertera di aplikasi.

Kelima, Julo menyebutkan jumlah dana pencairan pinjaman yang masuk rekening dipotong biaya provisi di depan sebesar Rp 50,000 sehingga dari pinjaman Rp 1 juta yang disetujui saya menerima Rp 950,000 sementara pengembalian pinjaman Rp 1,103,000 (yang dihitung dari persetujuan plafon Rp 1,000,000).

Advertisements

Setelah verifikasi selesai, saya diminta mengecek di aplikasi Julo karena disana sudah terdapat perjanjian pinjaman yang perlu saya tanda tangani secara elektronik.

Syarat Pencairan Dana

Meskipun sudah disetujui pinjaman dan diverifikasi berhasil oleh Julo, masih ada satu langkah lagi yang harus selesaikan, yaitu tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman dan rekaman suara persetujuan di aplikasi.

Julo mengirimkan via aplikasi tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman dan kewajiban rekaman suara, terlihat dalam gambar dibawah:

Pertama, saya harus tanda tangan dalam aplikasi dalam kotak yang sudah disediakan.

Kedua, saya harus merekam suara di aplikasi Julo dengan membaca pernyataan yang suah dituliskan dalam aplikasi.

Kedua langkah ini, tanda tangan elektronik dan rekaman suara, ada batas waktunya, yaitu harus diselesaikan dalam waktu 3 hari sejak dikirimkan dan jika melewati batas waktu tersebut pengajuan pinjaman dibatalkan Julo.

Denda Keterlambatan

Penting diperhatikan soal biaya, salah satunya yang besar adalah biaya terlambat.

Julo menetapkan denda keterlambatan pembayaran pinjaman adalah:

  • Diberikan grace period selama 4 hari sejak tanggal jatuh tempo, baru pada hari ke-5 terlambat dikenakan biaya keterlambatan
  • Biaya keterlambatan adalah pada hari ke 5 kena Rp 50,000 lalu sampai hari ke-10 kena Rp 50,000 dan di hari ke-30 kena Rp 100,000 sehingga total denda terlambat adalah Rp 200,000 selama terlambat 30 hari sejak jatuh tempo.
  • Setelah itu di setiap periode 30 hari keterlambatan Julo mengenakan denda Rp 100,000.

Biaya keterlambatan cukup besar karena jumlah dendanya dalam 1 bulan (30 hari) hampir sama dengan bunga pinjaman. 

Bahkan jika terlambat melebihi 30 hari, jumlah denda lebih besar dari biaya bunga pinjaman.

Review Julo Pinjaman Online Dana Tunai

Dari pengalaman mengajukan pinjaman di Julo, berikut ini adalah hasil dan kesan saya:

Kelebihan

  • Proses pengajuan pinjaman cepat, simpel dan online. Ini merupakan kelebihan yang utama karena sangat mempermudah aplikan.
  • Dana tunai. Uang kredit dari Julo bisa digunakan sesuai kemauan peminjam.
  • Advertisements
  • Tanpa jaminan. Tidak butuh agunan untuk bisa mengajukan kredit.
  • Lembaga resmi berizin OJK. Julo sudah memperoleh izin OJK sehingga resmi beroperasi dan diawasi oleh OJK. Ini penting ditengah banyaknya pinjol ilegal.

Kelemahan

  • Bunganya mahal. Maksimum bunga pinjaman online adalah 0.8%.
  • Plafon relatif rendah. Dibandingkan KTA bank, yang sama – sama tanpa jaminan, pinjaman di Julo menawarkan plafon kredit lebih kecil

Semoga Bermanfaat !

Beri review post
Advertisements
Related Post
Advertisements