Advertisements

10 Pinjaman Online 24 Jam Cepat Cair Berizin Resmi OJK

Advertisements

Pinjaman online bisa memberikan pencairan dalam waktu singkat. Berikut ini review 10 pinjaman online yang bisa cair dalam 24 jam dan sudah berizin resmi OJK.

Kemajuan teknologi membuat munculnya alternatif baru dalam pinjam meminjam. Salah satunya yang fenomenal adalah pinjaman online.

Jenis pinjaman ini punya keunggulan dalam hal kecepatan pencairan. Dari pengajuan sampai pencairan, pinjol – pinjaman online – bisa hanya membutuhkan waktu 24 jam.

Advertisements

Kecepatan pencairan pinjaman online tersebut sangat impresif. Karena bank biasanya menyetujui pinjaman dalam waktu 14 hari.

Untuk mengetahui lebih jauh, kami mereview beberapa pinjaman online yang sudah resmi berizin OJK.

Berikut ini daftar 10 pinjaman online 24 jam yang telah resmi izin OJK:

Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah perusahaan P2P yang telah izin OJK dan menawarkan aplikasi pinjaman tunai online 24 jam langsung cair. Pengajuan dilakukan melalui aplikasi Kredit Pintar.

Calon nasabah harus mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store. Namun saat ini aplikasi hanya tersedia di smartphone berbasis Android. 

a. Fitur Kredit Pintar

Syarat pinjaman di Kredit Pintar adalah punya e-KTP, tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, tanpa BI checking dan cepat cair maksimum 24 jam sejak persetujuan. 

Fitur yang ditawarkan Kredit Pintar adalah:

Advertisements
  • Plafon kredit Rp 600 ribu sd Rp 1.8 juta
  • Tenor 28 hari sd 4 minggu.
  • Untuk tenor 4 minggu, Kredit Pintar membagi menjadi 2 kali cicilan dalam 4 minggu tersebut.

Peminjam wajib memiliki rekening bank atas nama peminjam (sesuai dengan nama lengkap di KTP). Apabila pengajuan disetujui, Kredit Pintar mencairkan dana ke rekening bank yang didaftarkan. Jika rekening tidak sesuai, Kredit Pintar tidak akan melakukan pencairan pinjaman.

Di samping itu, Kredit Pintar menjelaskan dalam situs resmi mereka bahwa hanya menerima rekening bank BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata, CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Danamon, Maybank, Bukopin, KEB Hana, dan BTN untuk melakukan pencairan pinjaman.

b. Bunga Kredit Pintar

Bunga Kredit Pintar adalah 0,8% per hari yang di split dalam biaya layanan serta biaya provisi. Ketentuan bunga ini sesuai dengan batasan bunga maksimum di P2P pinjaman online yang ditetapkan oleh asosiasi fintech (AFPI).

Finmas

Finmas adalah penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (P2P – Peer To Per) yang remi berizin dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (KEP-85/D.05/2019). Perusahaan P2P Lending ini dimiliki oleh Sinarmas Group dan Oriente Hong Kong, dengan nama PT. Oriente Mas Sejahtera.

a. Fitur Finmas Pinjaman

Finmas menawarkan dua jenis produk kredit, yaitu 

  • Cash Advance, dana tunai untuk talangan kebutuhan mendesak
  • Cicilan tanpa kartu kredit Pay Later untuk pembiayaan beli barang di merchant kerjasama Finmas.

Pinjaman cash advance dana tunai Finmas memiliki fitur berikut:

  • Plafon Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta (naik/turun kelipatan 500 ribu).
  • Dua pilihan tenor: 30 hari dan  3 bulan

Yang perlu diperhatikan, sesuai simulasi di situs Finmas, bahwa tenor 30 hari berlaku untuk pinjaman sampai 2.5 juta, sementara pinjaman mulai 3 juta sd 5 juta menggunakan tenor 3 bulan.

Jadi, masa pinjaman di Finmas dipengaruhi oleh jumlah pinjaman yang diajukan. Semakin besar plafon, bisa semakin panjang tenor kredit.

b. Bunga Finmas

Bunga pinjaman tunai di Finmas adalah sebagai berikut:

PlafonTenorBayarBunga
500,00030 hari618,80023,76%
1,000,00030 hari1,220,80022,08%
2,500,00030 hari3,052,00022,08%
3,000,0003 bulan4,139,19037,97%
5,000,0003 bulan6,898,65037,97%

Bunga per hari paling tinggi adalah untuk pinjaman Rp 500 ribu di 0.7% per hari, yang masih sesuai dengan ketentuan OJK dan AFPI bahwa bunga fintech paling tinggi adalah 0.8% per hari.

Semakin lama masa pinjaman, bunga per hari menurun, tetapi total bunga yang nasabah harus bayar semakin besar karena panjangnya waktu pengambilan.

c. Cara Pengajuan

Langkah paling awal adalah mengunduh aplikasi Finmas di Google Play Store. Ini wajib karena pengajuan tidak bisa dilakukan via website.

Calon peminjam juga harus punya ponsel berjenis smartphone. Tujuannya agar aplikasi bisa diunduh ke ponsel.

Setelah mengunduh aplikasi, kita diminta mengisi no ponsel yang akan digunakan untuk mengajukan pinjaman, lalu Finmas akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut dan harus masukkan kodenya ke aplikasi.

Kita juga perlu membuat password. Tujuannya password untuk nanti masuk ke aplikasi.

Advertisements

Selanjutnya, masuk ke aplikasi yang menampilkan perjanjian serta syarat dan ketentuan, termasuk izin atas penggunaan data, yang kita harus klik setuju untuk bisa maju ke proses berikutnya.

Julo

Julo menawarkan pinjaman dana tunai kredit tanpa agunan dengan bunga cukup menarik. Tersedia pilihan pinjaman jangka pendek masa 30 hari, dan kredit cicilan 3 sd 6 bulan.

Produk kredit yang bisa diambil nasabah tergantung hasil credit scoring Julo yang dibuat berdasarkan data dan analisa nasabah.

Julo adalah milik PT. JULO TEKNOLOGI FINANSIAL merupakan perusahaan penyedia layanan pinjaman online yang terdaftar dan berada dalam pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018 sesuai dengan Hukum Republik Indonesia dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016. JULO juga secara resmi telah mendapatkan perizinan penuh dengan status berizin melalui nomor registrasi KEP-16/D.05/2020. 

a. Fitur Julo Kredit

Fitur kredit di Julo, yaitu:

  • Julo Mini: pinjaman Rp 1,000,000 tenor 30 hari bunga 10% per bulan
  • Julo Cicilan: pinjaman Rp 8,000,000 tenor 3 – 6 bulan bunga 1.5% – 4% per bulan

Setelah melengkapi semua langkah diatas, Julo menjalankan dan menentukan credit scoring untuk saya. Pada dasarnya, dalam setiap pengajuan akan muncul, yang namanya  ‘Julo Poin’.

b, Cara Pengajuan

Julo poin ini penting karena hasilnya menentukan jenis produk yang bisa diambil oleh peminjam.

Berikut contoh hasil Julo Poin, yaitu B+, yang mana saya bisa mengambil dua produk, yaitu:

  • Julo Mini: Rp 1,000,000 tenor 30 hari
  • Julo Cicil: Rp 8,000,000 cicilan 3 – 6 bulan

Setelah lolos di aplikasi, dengan nilai credit scoring (B+), lalu saya pilih produk pinjaman. Selanjutnya, Julo menyampaikan bahwa akan ada proses verifikasi telepon.

Saya harus menunggu karena verifikasi tidak dilakukan saat itu juga.

Di hari berikutnya, kredit analis Julo menghubungi saya lewat telepon melakukan verifikasi dan menyampaikan hal berikut:

Pertama, memberitahukan bahwa pengajuan pinjaman saya disetujui Julo.

Kedua, Julo menyampaikan pinjaman yang disetujui sebesar Rp 1,000,000 (saya mengajukan Rp 500,00) dengan masa pinjaman 30 hari serta disebutkan tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman, yang jika terlambat membayar dikenakan denda.

Ketiga, Julo meminta saya menyebutkan tanggal lahir dan no rekening untuk pencairan, sebagai syarat verifikasi dan jika tidak bisa menyebutkan kedua data tersebut verifikasi gagal, maka dari itu Anda harus ingat terutama no rekening bank untuk pencairan.

Keempat, meskipun sudah disetujui, Julo menyebutkan bawah masih ada tahapan proses selanjutnya sebelum pencairan uang ke rekening saya, yaitu (1) tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman di aplikasi dan (2) rekaman suara persetujuan dengan saya harus membaca kalimat sesuai tertera di aplikasi.

Kelima, Julo menyebutkan jumlah dana pencairan pinjaman yang masuk rekening dipotong biaya provisi di depan sebesar Rp 50,000 sehingga dari pinjaman Rp 1 juta yang disetujui saya menerima Rp 950,000 sementara pengembalian pinjaman Rp 1,103,000 (yang dihitung dari persetujuan plafon Rp 1,000,000).

Setelah verifikasi selesai, saya diminta mengecek di aplikasi Julo karena disana sudah terdapat perjanjian pinjaman yang perlu saya tanda tangani secara elektronik.

Meskipun sudah disetujui pinjaman dan diverifikasi berhasil oleh Julo, masih ada satu langkah lagi yang harus selesaikan, yaitu tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman dan rekaman suara persetujuan di aplikasi.

Rupiah Cepat

Rupiah Cepat menawarkan dana tunai tanpa jaminan sampai Rp 5 juta dengan beberapa pilihan masa pinjaman. Aplikasi ini milik Kredit Utama Fintech Indonesia (KUFI) yang merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pinjaman online mikro tanpa jaminan berbasis aplikasi.

Pinjaman 100% online, dengan transaksi difasilitasi melalui perangkat seluler (ponsel). Calon peminjam dapat mengajukan pinjaman pada ponsel mereka dan akan menerima persetujuan dalam beberapa menit saja. Setelah disetujui, maka pinjaman akan segera cair ke rekening bank calon peminjam dan dapat ditarik sendiri secara tunai.

Rupiah Cepat telah berizin resmi di OJK Indonesia dengan nomor izin: KEP-132/D.05/2019.

a. Fitur Rupiah Cepat

Fitur Rupiah Cepat adalah:

  • Jumlah pinjaman Rp 400 ribu sd Rp 5 juta
  • Pilihan tenor masa pinjaman adalah: 65 hari, 75 hari dan 90 hari

Persyaratan pengajuan adalah:

  • WNI.
  • Punya KTP.
  • Punya nomor HP tetap.
  • Punya rekening bank

Area pelayanan Rupiah Cepat adalah seluruh Indonesia.

Proses pengisian dan pengajuan di Rupiah Cepat hanya butuh 15 menit.

Namun, setelah pengajuan tidak langsung cair, proses kredit di Rupiah Cepat membutuhkan waktu 1×24 jam sampai 2×24 jam untuk nasabah menunggu sampai ada keputusan diterima atau tidaknya pinjaman.

Pencairan dilakukan ke rekening bank atas nama peminjam, karena itu peminjam harus memiliki rekening bank atas nama sendiri, yang masih aktif dalam 3 bulan terakhir. 

Pencairan Rupiah Cepat tidak ada potongan biaya, artinya jika pengajuan pinjaman disetujui Rp 1 juta maka pencairan dana adalah Rp 1 juta. Tidak ada potongan di depan seperti beberapa fintech pinjaman online lainnya.

b. Bunga Rupiah Cepat

Bunga pinjaman Rupiah Cepat adalah,0,54% sd 0,39% per hari tergantung dari masa pinjaman, makin lama tenor makin rendah bunga per hari meskipun total bunga dibayar menjadi semakin besar.

Kredivo

Kredivo menawarkan dana tunai di aplikasi pinjamannya yang bisa diunduh di PlayStore dan Apps Store. Pinjaman Tunai atau Personal Loan adalah produk pinjaman yang disediakan oleh PT FinAccel Digital Indonesia (Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang dikenal dengan nama platform “KrediFazz”) 

Pinjaman Tunai tersedia untuk tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Tenor 30 hari tersedia untuk pengguna Basic dan Premium, sementara tenor 3 bulan dan 6 bulan hanya tersedia untuk pengguna akun Premium saja.

a. Fitur Kredivo

Untuk dana tunai, pelanggan mengajukan langsung ke Kredivo, tanpa perlu lewat merchant, melalui aplikasi. 

Fitur pinjaman dana tunai yang tersedia adalah:

  • Plafon Rp 500 ribu; Rp 1 juta dan Rp 1.5 juta untuk tenor 30 hari.
  • Batas minimum Pinjaman Tunai 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan adalah Rp500.000.
  • Batas maksimal Pinjaman Tunai adalah kelipatan terdekat Rp 100.000 dari sisa kredit limit Kredivo kamu. Contoh: Sisa kredit limit 6 bulan kamu adalah Rp5.450.000. Maka batas maksimum pinjaman 6 bulan kamu adalah Rp 5.400.000.

Apabila pinjaman disetujui, maka sisa kredit pengguna Kredivo akan berkurang sebanyak pinjaman dan akan kembali setelah semua Pinjaman Tunai berakhir tenornya dan lunas.

Dana pinjaman diterima oleh peminjam dengan maksimal waktu proses 1 (satu) hari kerja. Jika kamu tidak menerima dana dalam kurun waktu tersebut, kamu dapat menghubungi tim customer service kami di 0807-1-573-348.

b. Bunga Kredivo

Terdapat 2 jenis biaya untuk menggunakan Pinjaman Tunai.

  • Bunga 2.6% per bulan atas besar pinjaman untuk pengguna dengan akun Premium atau 4% untuk pengguna dengan akun Basic
  • Advertisements
  • Biaya administrasi 6% di muka atas besar pinjaman yang dipotong langsung dari jumlah yang akan dikirim ke rekening kamu

Berapa bunga dan apakah ada biaya admin untuk kredit dana tunai ini ?

Contohnya pinjaman Rp 500 ribu adalah:

  • Pembayaran saat jatuh tempo Rp 525,050
  • Biaya Admin Rp 30,000
  • Dana yang diterima saat pencairan Rp 470,000

Dengan skema ini, bunga yang saya harus bayar dalam tempo 30 hari adalah 11.71%.

Related Post

Apabila kamu membutuhkan informasi seputar layanan Kredivo seperti cara pendaftaran, cara pakai, cara pembayaran tagihan kredit Kredivo, bunga dan cicilan per bulan, atau mengalami kendala, kamu bisa menghubungi CS Kredivo atau call center di nomor telepon 0807-1-573-348 (0807-1-KREDIV) atau email ke support@kredivo.com.

AdaKami

AdaKami adalah Fintech P2P Lending yang sudah berizin OJK dengan nomor registrasi KEP-128/D0.05/2019. Pengajuan dilakukan lewat aplikasi AdaKami yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

Buka aplikasi AdaKami, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.

a. Fitur AdaKami

AdaKami menyediakan pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek yang harus dilunasi sekaligus (pokok + bunga) di akhir pinjaman.

Persyaratan pengajuan adalah WNI, usia 21 – 50 tahun, punya penghasilan tetap, memiliki e-KTP, punya buku tabungan atas nama pribadi dan menggunakan smartphone untuk bisa menggunakan aplikasi.

Fitur AdaKami adalah: 

  • Plafon: Rp 400 ribu sd Rp 2.1 juta
  • Tenor: 14, 21 dan 28 hari

Penting diperhatikan bahwa tenor yang ditawarkan sangat spesifik, 3 pilihan masa kredit. Ini berbeda dengan tenor di KTA atau pinjaman cicilan, yang punya masa kredit lebih lama.

Plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah – ubah tergantung pada hasil credit score AdaKami. 

Setelah nanti data diisi, lalu diolah oleh credit scoring, aplikasi akan menampilkan jumlah plafon dan tenor yang bisa diambil. Bisa saja penawarannya berbeda dengan yang ditampilkan di awal aplikasi.

Penggunaan aplikasi di ponsel membuat fintech bisa menawarkan pinjaman secara customized, berbeda – beda di setiap orang, tergantung pada hasil analisa dan profil peminjam.

Biasanya setelah pinjaman pertama, plafon yang ditawarkan bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pembayaran.

b. Bunga AdaKami

Bunga di AdaKami adalah 0.798% per hari. Tingkat bunga ini dicantumkan dalam Perjanjian Pinjam Meminjam yang diberikan setelah kredit disetujui.

Simulasi Pinjaman di AdaKami adalah sebagai berikut:

Plafon RpTenorBayar
400,00014 hari444,689
400,00021 hari467,033
1,6 juta21 hari1,868,129
1,6 juta28 hari1,957,505

Pinjaman di AdaKami bukan cicilan sehingga harus dikembalikkan seluruhnya di akhir jatuh tempo.

PinjamanGo

Pinjaman Go adalah P2P berizin OJK yang menawarkan pinjam uang tanpa jaminan cukup syarat KTP secara online lewat aplikasi untuk wilayah di seluruh Indonesia.

a. Fitur PinjamanGo

Pinjaman Go menawarkan dua tenor, yaitu 14 hari dan 21 hari dengan plafon yang bisa diajukan mulai dari Rp 1.2 juta sampai paling tinggi Rp 6 juta.

Namun, untuk pinjaman pertama, peminjam akan hanya bisa mengajukan  Rp 1.2 juta dan seiring kinerja pembayaran yang baik maka plafon kredit bisa meningkat.

Peminjam mengunduh aplikasi di Playstore dan wajib memenuhi persyaratan berikut:

  • memiliki KTP,
  • rekening bank,
  • nomor HP tetap,
  • penghasilan yang stabil.

Pinjaman syarat KTP ini cukup simpel pengajuannya, hanya butuh waktu 15 sd 20 menit untuk menyelesaikan form online, dengan melengkapi sejumlah pertanyaan singkat.

Tetapi, pengajuan tidak langsung cair dalam 24 jam.

Nasabah harus menunggu 1 x 24 jam sd 2 x 24 jam atau sekitar 2 hari sampai menerima keputusan dari Pinjaman Go, apakah pengajuan kredit diterima atau tidak.

b. Bunga PinjamanGo

Di Pinjaman Go, plafon yang disetujui langsung dipotong dengan bunga atau biaya layanan di muka dan peminjam mengembalikkan sebesar plafon disetujui tersebut.

Contohnya, nasabah disetujui Rp 1.2 juta maka dana pencairan ke rekening adalah Rp 1 jutaan (bukan Rp 1.2 juta) dan kewajiban pengembalian adalah Rp 1.2 juta, berikut ini rinciannya:

  • Pengajuan pinjaman Rp 1,200,000
  • Pencairan Rp 1,079,880 ke rekening nasabah
  • Pengembalian Rp 1,200,000 saat jatuh tempo
  • Tenor 14 hari

Bunga Pinjaman Go menjadi 0,8% per hari atau 11.12% utk masa pinjaman 14 hari.

Maucash

Maucash adalah aplikasi pinjaman uang cicilan dana cepat tanpa jaminan. Perusahaan ini adalah anak perusahaan PT Astra International TBK dengan WeLab, perusahaan fintech terdepan berbasis di HongKong. 

Maucash bergerak di bidang fintech (financial technology) dengan kategori peer-to-peer lending dan sudah Berizin dan diawasi OJK. Aplikasi ini telah juga memperoleh ISO27001.

a. Fitur Maucash

Pinjaman Maucash menawarkan dua jenis kredit, yaitu:

  • Dana Tunai. Pinjaman dana tunai limit hingga Rp 10.000.000 dengan tenor pinjaman yang dapat diatur sendiri hingga 12 bulan
  • Maupay Later. Pinjaman cicilan ini memberikan plafon hingga Rp 12.500.000 untuk transaksi digital mulai dari pembelian pulsa, pembayaran tagihan dan cicilan melalui aplikasi AstraPay.

Fitur dana tunai memberikan pilihan tenor kredit, yaitu: 60 hari (satu kali pembayaran) atau cicilan 3 bulan sd 6 bulan. Ada perbedaan dalam limit pinjaman dana tunai ini.

Untuk yang satu kali pembayaran (60 hari tenor), jumlah pinjaman mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 3.500.000,- dengan jangka waktu pembayaran hingga 61 hari dan biaya layanan 0,55% per hari.

Untuk yang cicilan, jumlah pinjaman mulai dari Rp 2.500.000,- hingga Rp 10.000.000,- dengan cicilan hingga 12 bulan dan biaya layanan mulai dari 4,5% per bulan. Contoh perhitungan pembayaran cicilan untuk pengajuan kredit pinjaman pertama: Jumlah pinjaman Rp2.000.000 + (Rp2.000.000 x 0,2% x 61 hari) = Rp 2.244.000

Advertisements

Persyaratan pengajuan pinjaman di Maucash adalah:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia 21 – 65 tahun , atau minimum 18 tahun dan telah menikah
  3. Berdomisili di wilayah Indonesia di dalam cakupan layanan Maucash
  4. Memiliki bukti identitas asli berupa e-KTP
  5. Memiliki email pribadi
  6. Memiliki penghasilan

Maucash menawarkan proses 100% online, cukup simpel dengan syarat e-KTP, satu dokumen tambahan, dan tanpa kartu kredit.  Pilihan dokumen tambahan adalah:

  • Bila karyawan: Kartu Tanda Pengenal Karyawan atau Slip Gaji atau Kartu Asuransi dengan Nama Perusahaan atau Rekening Bank 3 bulan terakhir.
  • Bila wirausaha: Bukti Potong 1721-A1 / SPT/ Rekening Bank 3 bulan terakhir/ NPWP (Perusahaan)/ SIUP/ SKU/ PBB.

Lamanya proses pengajuan adalah sampai dengan 2 hari kerja, sejak mengajukan pinjaman, verifikasi sampai dengan pencairan dana pinjaman. Lamanya proses juga bergantung pada kelengkapan pengisian aplikasi (dokumen jelas, lengkap, valid, dan sesuai) dan kemudahan saat tim kami menghubungi Anda (termasuk kontak darurat dan verifikasi konsumen jika diperlukan).

Status pengajuan akan terlihat pada halaman Beranda pada aplikasi Maucash. Jika ingin membatalkan pengajuan, hubungi Halo Maucash di 1500-396 untuk pembatalan pengajuan pinjaman.

Untuk pengajuan pertama, jumlah pinjaman maksimum Rp 1.500.000 dan untuk pengajuan selanjutnya, jumlah pinjaman bisa meningkat.

Pinjaman dana tunai bisa dicairkan secara: (1) Online: Rekening bank dan (2) Offline: Melalui cabang FIFGROUP (area Jabodetabek) atau melalui mekanisme partner-partner kami lainnya.

b. Bunga Maucash

Bunga pinjaman dan biaya admin pencairan Maucash adalah 0.53% sd 0.75% per hari tergantung pada tenor pinjaman.

Tunaiku

Tunaiku adalah cicilan dana tunai tanpa jaminan dari Amar Bank secara online lewat aplikasi. Mulai beroperasi sejak  2014, Tunaiku menawarkan  produk digital pinjaman tanpa agunan.

Pengajuan pinjaman di Tunaiku saat ini sudah bisa dilakukan lewat website tunaiku.com atau melalui Tunaiku Mobile App. Tunaiku Mobile App dapat di download di Play Store dan App Store. 

a. Fitur Tunaiku

Fitur Tunaiku adalah:

  • Plafond Pinjaman Rp 2,000,000 sampai dengan Rp 20,000,000
  • Cicilan tenor 6 bulan sampai dengan 20 bulan

Persyaratan yang penting adalah Tunaiku hanya melayani konsumen di area layanan Jawa, Sumatera dan kota lainnya. 

Tunaiku tidak akan melayani peminjam di luar daerah layanan tersebut.

Syarat pengajuan di Tunaiku adalah:

  1. Usia 21 sampai 55 tahun
  2. Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Memiliki rekening bank
  4. Mempunyai pekerjaan atau penghasilan
  5. Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan kami

Area Layanan Tunaiku saat ini adalah: Jawa (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung Raya, Semarang, Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, dan Malang.);  Sumatera (Medan, Binjai, Deli Serdang, Palembang, Pekanbaru, Jambi, dan Bengkulu.); Kota Lainnya (Denpasar, Badung, Gianyar, Makassar, Gowa, Maros, dan Samarinda).

Area layanan ini perlu jadi perhatian karena pinjaman di Tunaiku hanya bisa dilakukan untuk mereka dengan alamat KTP atau domisili dalam area ini.

Langkah mengajukan pinjaman di Tunaiku adalah 

Pendaftaran. Pilih jumlah dan lama pinjaman yang Anda inginkan. Isi formulir pengajuan kirimkan formulir pengajuan.

Terima Persetujuan. Data Anda akan diproses oleh tim analis kami. Silakan tunggu kurang lebih 24 jam untuk mengetahui status pengajuan Anda. 

Konfirmasi Pinjaman. Konfirmasi pinjaman Anda yang telah disetujui dan atur lokasi tanda tangan kontrak Anda dengan kurir kami. 

Tanda Tangan Kontrak. Kurir kami akan membawa kontrak asli untuk Anda tandatangani sebagai bukti perjanjian, dalam 1-3 hari kerja (Tunaiku tidak melakukan survei). 

Terima Dana. Dana akan dicairkan ke rekening bank Anda (1-3 hari kerja).

b. Bunga Tunaiku

Bunga pinjaman cicilan Tunaiku adalah:

  • total pinjaman Rp10,000,000 selama 12 bulan
  • cicilan per bulan Rp1,276,210.
  • total pembayaran adalah Rp 15,231,553.04.

Bunga menjadi 50% untuk pinjaman setahun atau kurang lebih 4%+ per bulan.

Indodana

Indodana adalah platform Fintech Lending dari PT Artha Dana Teknologi yang didirikan sejak November 2017 dan mendapatkan izin OJK sejak Mei 2020. PT Artha Dana Teknologi memberikan layanan pinjaman, cicilan tanpa kartu kredit, kredit HP dan layanan PayLater.

Indodana memulai perjalanannya pada September 2017. Pada Maret 2018, Indodana juga telah terdaftar di OJK dengan dasar hukum pelaksanaan usaha Surat OJK S- 235/NB.213/2018.

a. Fitur Indodana

Indodana menawarkan Dana Tunai dengan fitur:

  • Plafon Rp 1 juta sd Rp 8 juta
  • Tenor kredit 1 bulan sd 6 bulan.

Untuk dana tunai, jika pinjaman disetujui, pencairan dilakukan ke rekening peminjam yang dicantumkan dalam aplikasi.

Untuk bisa mengajukan di Indodana, calon peminjam cukup unduh aplikasi, siapkan foto KTP dan ambil Foto Selfie bersama KTP.

Persyaratan pengajuan di Indodana:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan KTP yang sah.
  • Berusia 20-65 tahun.
  • Memiliki penghasilan minimum Rp3.500.000,- per bulan.
  • Informasi yang diberikan harus benar, akurat, dan lengkap.
  • Membayar cicilan tepat waktu setiap 30 hari sesuai tanggal peminjaman.
  • Maksimum suku bunga tahunan 56% (APR), sudah termasuk biaya provisi.

Yang penting diperhatikan calon peminjam adalah domisili harus berada di area wilayah Indodana yang saat ini mencakup:

  • Jabodetabek: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
  • Banten: Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Serang, Cilegon.
  • Jawa Barat: Bandung, Cimahi, Karawang, Cianjur, Cirebon, Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, dan Sukabumi.
  • Jawa Tengah: Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta.
  • Jawa Timur: Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Jember, dan Pasuruan..
  • Bali: Denpasar, Badung.
  • Sumatera: Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Medan, Padang, dan Pekanbaru.
  • Kalimantan: Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda.
  • Advertisements

b. Bunga Indodana

Biaya layanan di di Indodana untuk pinjaman dana tunai terdiri atas bunga dan biaya provisi, sebagai berikut:

PlafonTenorBayarBunga
Rp 1,000,00030 hariRp 1,237,00023.70%
Rp 2,000,0003 bulanRp 3,259,00062.95%
Rp 3,000,0003 bulanRp 4,540,50051.35%

Dengan bunga 23.7% sebulan, asumsi sebulan 30 hari, maka Indodana memberikan bunga 0.79% per hari atau sesuai dengan cap bunga maksimum dari OJK sebesar 0.80% per hari.

Review Pinjaman Online 24 Jam

Bagi calon peminjam yang ingin mengajukan ke pinjaman online, saran saya:

  • Perbandingkan antara fintech karena tidak semua bunganya mahal. Ada fintech yang memberikan bunga lebih rendah dari cap max bunga tersebut.
  • Bandingkan antara Fintech dengan menghitung berdasarkan suku bunga harian agar karena tenor di pinjaman online bisa berbeda – beda sekali satu dengan lainnya.
  • Jangan terpaku pada suku bunga yang dipublikasikan fintech untuk menghitung beban bunga sebenarnya. Banyak fintech membuat bunga tampak rendah, tapi sebenarnya tidak, karena adanya potongan biaya admin atau provisi. Jadi, meskipun bunga secara prosentase rendah, namun pada kenyataannya pencairan tidak sebesar plafon yang disetujui, dipotong biaya di muka.
  • Cara paling mudah menghitung total bunga yang harus ditanggung peminjam adalah membandingkan dana pencairan yang masuk ke rekening vs jumlah pelunasan, untuk bisa menghitung berapa biaya bunga secara akurat.
  • Jika memang ingin mengambil pinjaman online, karena berbagai pertimbangan, saran saya ambil yang tenor pendek.
  • Hati hati dengan cicilan karena cicilan selama beberapa bulan membuat jumlah pembayaran bunga menjadi selangit. Bisa mendekati 100% !

Pinjaman online lebih pas untuk pinjaman jangka pendek dan bukan untuk cicilan.

Di luar negeri, pinjaman online dikenal sebagai ‘payday loan’, yang masa pinjaman sebatas gajian (payday), yaitu 30 hari.

Beri review post
Advertisements
Related Post
Advertisements