Advertisements

10+ Cicilan Tanpa Kartu Kredit 24 Bulan

Advertisements

Fasilitas cicilan tanpa kartu kredit menawarkan kemudahan bagi nasabah. Tidak perlu lagi harus punya kartu kredit untuk bisa mengajukan fasilitas cicilan. Apa fintech yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit sampai tenor 24 bulan?

Selama ini, salah satu kendala mengajukan pinjaman cicilan ke bank adalah kewajiban untuk memiliki kartu kredit sebagai prasyarat. Orang yang mengajukan harus sudah punya kartu kredit terlebih dahulu.

Masalahnya orang yang punya kartu kredit di Indonesia masih sangat sedikit. Menurut data, pemilik kartu kredit tidak sampai 10 juta orang.

Advertisements

Karena itu, ketika fintech menawarkan pinjaman cicilan yang tidak mewajibkan kartu kredit, banyak yang menyambutnya. Apalagi kebutuhan untuk mencicil meningkat, terutama sejak kehadiran e-commerce.

Berikut ini adalah daftar Fintech yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit sampai 24 bulan masa pinjaman.

#1 Kredivo

Kredivo Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Kredivo adalah fintech cicilan tanpa kartu kredit yang ditawarkan di merchant online seperti tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Kredivo menjadi salah satu pilihan cara pembayaran di e-commerce tersebut

Nasabah harus mengunduh aplikasi Kredivo terlebih dahulu dan mendapatkan persetujuan. 

Langkah cara pengajuan adalah: 

  1. Daftar di aplikasi Kredivo yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun;
  2. Klik untuk beli di toko online yang dipilih;
  3. Atur pembelian dengan pilih pembayaran dalam 30 hari atau cicilan 3, 6, 12 bulan; (4) Aman dan nyaman. PIN dan OTP untuk melindungi akun. Tanpa perlu menggunakan online banking atau kartu kredit untuk bertransaksi.

Cara kerjanya Kredivo persis seperti kartu kredit. 

Setelah mendapatkan persetujuan, nasabah mendapatkan kredit limit dimana pinjaman yang diberikan maksimal sebesar kredit limit tersebut. Selama limit masih ada dan tidak sedang menunggak, nasabah bisa menggunakan Kredivo untuk membayar secara mencicil. 

Advertisements

#2 Akulaku

Akulaku adalah fintech cicilan tanpa kartu kredit untuk membeli barang – barang di situs Akulaku. Boleh dikatakan fintech ini fokus pada kredit HP dengan cicilan, yang ditawarkan di toko online mereka.

Berbeda dengan Kredivo yang banyak kerjasama dengan berbagai merchant online, Akulaku lebih banyak mengarahkan nasabah ke toko online Akulaku.

Proses pengajuan adalah nasabah harus mengunduh aplikasi Akulaku. Setelah itu, nasabah melakukan pengajuan dengan memenuhi persyaratan yang diminta.

Jika disetujui, nasabah mendapatkan kredit limit dari Akulaku. Kredit limit tersebut yang digunakan ketika mengajukan cicilan tanpa kartu kredit di Akulaku.

#3 Cicil

Cicil adalah salah satu aplikasi kredit online untuk mahasiswa. Ini menjadi keunggulan Cicil dibandingkan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit lainnya. 

Cicil bisa digunakan untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa.

Selama ini, mustahil bagi mahasiswa untuk bisa mengajukan pembelian barang dengan cara kredit tapi tidak punya kartu kredit. Karena mahasiswa belum memiliki sumber penghasilan tetap yang digunakan untuk membayar cicilan pinjaman.

Cicil melakukan terobosan dengan menawarkan program cicilan tanpa kartu kredit ke kalangan mahasiswa. Pinjaman tidak hanya untuk membeli barang konsumtif tetapi juga pinjaman untuk biaya kuliah.

Bekerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi, Cicil menawarkan pinjaman uang kuliah. 

Ketentuannya antara lain adalah 

  • plafond sampai dengan 80% dari biaya pendidikan;
  • uang muka 20% dari pinjaman;
  • tenor 1 bulan sampai dengan 24 bulan.

#4 TravelokaPay

TravelokaPay adalah cara pembayaran dengan cicilan yang ditawarkan oleh aplikasi travelling – traveloka.  Aplikasi ini adalah kredit online tanpa dp dengan cicilan tanpa kartu kredit untuk transaksi di perusahaan travel online ini.

Dalam TravelokaPay terdapat pilihan PayLater untuk beli beragam produk Traveloka dan bayar 1 bulan kemudian, atau nikmati cicilan tanpa kartu selama 2 hingga 12 bulan.

Adanya fitur PayLater membuat calon pembeli bisa mencicil tanpa perlu punya kartu kredit terlebih dahulu. Syaratnya, cukup sediakan KTP dan satu dokumen pendukung, dan dapatkan limit hingga Rp10.000.000. 

Untuk mendaftar PayLater, persyaratan pelanggan adalah: 

  • usia antara 21–55 tahun,
  • warga negara Indonesia,
  • memiliki KTP yang valid. Siapkan KTP serta satu dokumen pendukung, seperti SIM, kartu BPJS, kartu NPWP atau KK.

Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 1 jam kerja. Pastikan pelanggan dan kontak keluarga dapat dihubungi dalam rentang waktu ini.

Advertisements

PayLater bisa digunakan untuk membeli semua produk perjalanan di Traveloka. 

Untuk melakukan pembelian dengan PayLater, Buka Traveloka App dan pilih produk yang ingin Anda beli, kemudian di halaman pembayaran, pilih PayLater. Jumlah transaksi Anda harus Rp500.000 ke atas dan pilih opsi cicilan setidaknya harus Rp100.000 per bulan.

#5 Home Credit

Home Credit adalah perusahaan multifinance yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit. Berbeda dengan Fintech, Home Credit melakukan penawaran secara offline dengan membuka booth penjualan di toko-toko.

Nasabah bisa mengunjungi booth Home Credit dan mengajukan pinjaman cicilan tanpa kartu kredit langsung ditempat. Kecepatan proses dan kemudahan persyaratan menjadi unggulan HomeCredit dalam menjual produk mereka.

Satu hal yang membedakan Home Credit dengan Fintech adalah adanya pengecekan BI checking sementara Fintech saat ini pada umumnya tidak melakukan pengecekan tersebut. 

Tetapi jika ingin masih bertatap muka dengan pihak pemberi kredit maka Home Credit adalah pilihannya. Karena perusahaan Fintech tidak melakukan tatap muka dengan calon nasabah dengan adanya media aplikasi pinjaman online.

Belakangan ini Home Credit melakukan inovasi dengan kerjasama di beberapa merchant online. Caranya adalah: 

  1. Kunjungi website salah satu mitra toko online Home Credit dan pilih barang yang akan dibeli;
  2. Pilih Home Credit Indonesia sebagai pilihan pembayaran dan ikuti petunjuk untuk mengisi form aplikasi;
  3. Tunggu pemberitahuan persetujuan kredit;
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengkonfirmasi kontrak, lalu lakukan pembayaran uang muka; dan (5) Barang punakan dikirim langsung menuju ke alamat rumah.

Persyaratan belanja online di Home Credit antara lain adalah: Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP; Berumur minimum 21 tahun atau 19 tahun (bila sudah menikah);  Bertempat tinggal di area layanan Home Credit; dan memiliki penghasilan tetap.

#6. Indodana

Indodana Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Indodana adalah pinjaman online yang sudah izin OJK tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, yang salah satunya, menawarkan PayLater untuk beli barang di merchant kerjasama dengan limit sampai 25 juta dan bisa dicicil sampai tenor beberapa bulan.

Dalam paylater Indodana, konsumen mendapatkan limit pinjaman, yang bisa digunakan untuk membeli barang secara cicilan di aplikasi Indodana dan seluruh partner merchant Indodana yang dapat dilihat di halaman “cicilan produk” di dalam aplikasi Indodana

Proses pengajuan kredit lewat mobile App Indodana dengan persyaratan pengajuan sebagai berikut:

  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 50 tahun
  • Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan.
  • Warga Negara Indonesia (WNI)

Untuk saat ini, Indodana menjangkau wilayah: DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Kota Bandung dan Kota Surabaya. Diluar wilayah ini pengajuan tidak akan diterima.

Advertisements

#7. Adira Finance

Adira Finance adalah perusahaan multifinance terbesar di Indonesia, yang selain kredit mobil motor, juga menyediakan kredit elektronik dan furniture.

Anda bisa datang langsung ke Kantor Cabang Adira terdekat untuk pengajuannya atau ke toko-toko yang sudah bekerja sama dengan Adira, dengan memenuhi ketentuan berikut:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun, maksimal 55 tahun pada saat akhir tenor pembiayaan
  • Memiliki penghasilan Rp 1 juta dan dapat dibuktikan
  • Mengisi dokumen: Formulir Aplikasi Pembiayaan, FC KTP aktif, Dokumen bukti penghasilan, FC NPWP jika pengajuan > Rp 50 juta

Jumlah plafon pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 100 juta dengan Adira Finance memiliki dua sistem pembiayaan yang dapat dipilih nasabah (konvensional dan syariah).

Selain bunga, Adira juga membebankan biaya administrasi, fidusia dan asuransi.

#8 Shopee PayLater

SPLater adalah fasilitas kredit Pay Later yang terdapat di e-commerce Shopee. Dengan PayLater ini, pembeli di Shopee bisa membeli dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Tanpa kartu kredit ini, fitur yang penting, karena selama ini jika mengambil cicilan ke bank, prasyaratnya harus sudah memiliki kartu kredit.

Related Post

Lalu, apa bedanya SPayLater ini dengan PayLater lainnya ?

Karena PayLater ini milik Shopee, proses pengajuan dan penggunaan menjadi lebih mudah dana cepat.

Di PayLater lain, konsumen harus mengajukan dulu di aplikasi yang berada di luar Shopee – pindah dan unduh aplikasi lain. Setelah pengajuan disetujui, konsumen baru bisa menggunakan di Shopee.

Sementara, proses untuk PayLater Shopee diselesaikan semuanya di dalam aplikasi Shopee. Pengguna tidak perlu keluar masuk aplikasi dan langsung bisa menggunakan saat pengajuannya sudah disetujui.

Cara kerja PayLater ini adalah setelah disetujui nasabah akan mendapatkan limit yang bisa digunakan untuk belanja. Besarnya limit bisa berbeda – beda tergantung keputusan dari pihak Shopee.

Setiap belanja dengan PayLater akan memotong limit dan jika dilakukan pembayaran limit akan kembali. Cara kerjanya persis seperti kartu kredit.

Selama limit masih tersedia dan tidak ada tunggakan pembayaran, fasilitas ini bisa digunakan. Sebaliknya, kalau limit sudah terpakai semua atau ada tunggakan pembayaran, fasilitas tidak bisa dipakai.

Besaran limit setiap pengguna Shopee berbeda-beda. Limit in bisa bertambah secara otomatis berdasarkan konsumsi dan perilaku pembayaran yang anda lakukan. 

Tidak ada minimum transaksi untuk metode pembayaran dalam 1 bulan dan cicilan.

Shopee PayLater memberikan plafon kredit yang bisa digunakan untuk belanja di Shopee, dengan fitur berikut:

  • Plafon limit pinjaman Rp 500 ribu sd Rp 15 juta
  • Tenor cicilan: 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan
  • Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 daan 25 setiap bulannya.
  • Bisa mendapatkan peningkatan limit dengan catatan pembayaran yang baik
  • Suku Bunga Kredit cukup bersaing

Untuk plafon dalam aplikasi Shopee disebutkan maksimal Rp 6 juta, tetapi dalam penawaran yang kami terima bisa sampai Rp 15 juta. Kemungkinan perbedaan ini adalah tergantung pada hasil analisa Shopee.

Pengguna dapat menggunakan SPayLater untuk membeli beberapa Produk Digital, seperti: Pulsa, Listrik PLN, Paket Data, BPJS,  Tiket Kereta Api, Telkom, PDAM, Pasca Bayar, Tiket Pesawat, TV Kabel & Internet, Tiket Bus & Travel dan Roaming.

Namun, pengguna tidak dapat menggunakan SPayLater untuk membeli produk dari kategori Voucher, Emas, Uang Elektronik, dan Zakat. 

Limit di SPaylater tidak bisa dicairkan dalam bentuk dana tunai, hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee. 

Advertisements

Tips Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Ada sejumlah tips dalam mengambil pinjaman cicilan di fintech, yaitu:

a) Wajib Izin OJK

OJK atau otoritas jasa keuangan adalah lembaga yang mengatur dan mengawasi semua aktifitas yang terjadi di sektor keuangan. Termasuk mengawasi penyedia pinjaman baik konvensional atau online. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua yang ada di internet memiliki legalitas. Apalagi penyedia pinjaman online yang kian menjamur, tidak semuanya bisa dipercaya. 

Maka dari itu harus waspada saat memilih pinjaman online. Jangan tergiur hanya oleh syarat yang mudah dan cepat.

Caranya adalah mengajukan pinjaman online yang terdaftar resmi berizin di OJK.

Penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar di OJK menunjukkan legalitas perusahaan tersebut, serta mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi. 

Adapun hak-hak sebagai konsumen dilindungi dan ketika terjadi hal-hal yang merugikan terkait kesepakatan pinjaman online, debitur bisa membuat laporan kepada OJK.

Salah satunya regulasi OJK yang mengatur batasan maksimum bunga yang bisa dibebankan ke konsumen. Batasan bunga melindungi konsumen dari kemungkinan resiko beban pembayaran yang mencekik dan tidak manusiawi..

b) Transparansi

Penting memilih penyedia jasa pinjaman online yang transparan. 

Karena konsumen tidak bertemu langsung dengan pihak kreditur, segala informasi mengenai pinjaman harus jelas dari awal. Berapa pagu kredit yang akan diberikan, Bunga yang dibebankan, jangka waktu pinjaman, tanggal jatuh tempo, cara pengambilan pinjaman, cara pembayaran cicilan dan biaya-biaya lainnya.

Kemungkinan konsumen dirugikan lebih rendah jika sejak awal sudah transparan dan konsumen sudah menyetujui apa yang dibebankan atas pinjaman yang diterima. Mengetahui apa resiko jika terjadi keterlambatan membayar dari jatuh tempo. 

c) Layanan Konsumen

Pilih perusahaan yang punya layanan konsumen jelas dan mudah dihubungi. Misalnya, no telepon ada, lalu email, kalau mungkin ada WA dan alamat kantor.

Tujuannya, supaya jika nanti ada masalah, debitur bisa dengan mudah menghubungi dan mendapatkan respon cepat.

Layanan konsumen yang jelas dan mudah dihubungi juga menjadi penanda antara lembaga legal dan ilegal. Pinjol ilegal biasanya tidak memiliki layanan konsumen. 

Jelas, mereka ilegal, jadi identitasnya ingin tidak dikenal dan sebisa mungkin ditutup tutupi.

d) Website Secured

Karena pinjaman online dilakukan lewat internet, pastikan pilih situs yang aman dan terproteksi dengan secured. Keamanan situs dilihat dari logo gembok atau tergembok di kiri atas. 

Security sangat penting di era digital saat ini. Banyak kejadian pencurian data yang merugikan konsumen karena bocornya data-data penting.

Fintech P2P pinjaman online resmi diwajibkan OJK melakukan sejumlah langkah security di website dan database untuk melindungi data konsumen, termasuk lolos audit dan sertifikasi ISO teknologi informasi, untuk memastikan bahwa keamanan data konsumen menjadi prioritas utama perusahaan.

e) Kemampuan Pembayaran

Saat mengajukan pinjaman sesuaikan dengan kemampuan pembayaran. Jangan sampai gali lubang tutup lubang semata, apalagi mengingat bunga pinjaman online cukup tinggi.

Salah satunya dengan melakukan simulasi kredit, yang biasanya disediakan di situs keuangan. Dari hasil simulasi terlihat estimasi kewajiban cicilan berdasarkan jumlah plafon yang ingin diambil.

Apakah total kewajiban hutang setiap bulan, termasuk jika mengambil pinjaman online, dibandingkan penghasilan, sudah melewati angka 30% atau tidak. Jika ya, itu alarm karena melebihi batasan yang diberikan oleh perencana keuangan untuk kondisi keuangan keluarga yang sehat.

Advertisements

Pinjam sesuai kemampuan akan membuat peminjam bisa membayar tepat waktu dan tidak harus membayar denda keterlambatan.

f) Review Konsumen

Keuntungan pinjaman di era digital adalah ada banyak komentar konsumen yang pernah mengambil sebelumnya di internet. Jejak digital nya ada.

Baca review konsumen tersebut. Banyak informasi penting disana yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum mengambil pinjaman.. 

Penyedia jasa pinjaman pastinya akan menampilkan review konsumen sebagai testimoni positif atas jasa yang diberikan. Biasanya akan mudah ditemukan di halaman website, sebagai promosi dan bagian dari transparansi informasi.

Calon konsumen bisa membandingkan dengan review yang langsung diberikan konsumen, yang tidak bisa seleksi oleh perusahaan. Review ini bisa ditemukan di Google Playstore (jika ada aplikasinya) atau dalam mesin pencarian Google.

Kesimpulan

Cicilan tanpa kartu kredit memberikan kesempatan lebih luas kepada konsumen untuk bisa mengajukan pinjaman.

Tentu saja, calon peminjam harus memperhitungkan kemampuan pembayaran, sebelum memutuskan mengambil cicilan. Kemudahan jangan sampai membuat gelap mata, mengambil pinjaman diluar kemampuan membayar.

.

Beri review post
Advertisements
Related Post
Advertisements