Kredit

Macam-Macam Pinjaman Modal Usaha Terbaik

written by wisanggeni | February 4, 2020
Pinjaman Modal Usaha

Mengajukan pinjaman modal usaha terbaik akan berguna untuk pengembangan usaha dan bisnis yang sedang dijalani. Tidak dipungkiri memulai bisnis memerlukan modal yang tidak sedikit. Jika ingin fokus mengembangkan bisnis tentu harus memaksimalkan semua lini usaha. Untuk mendukung keseluruhan proses mulai dari perencanan, produksi, pasca produksi sampai dengan pemasaran.

Setiap tahun bahkan setiap hari banyak sekali bermunculan pelaku usaha kecil dan menengah. Tetapi banyak juga yang berguguran dan berhenti perproduksi. Faktor utamanya adalah modal. Banyak sekali pebisnis yang memiliki inovasi dan kreatifitas tinggi tetapi tidak diiringi dengan ketersediaan modal yang memadai. Terutama modal dalam bentuk dana segar.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pinjaman Usaha KUR

Kredit Usaha Rakyat sebagai Pilihan Pinjaman Modal Usaha Terbaik

Alternatif yang paling jitu adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha kepada penyedia jasa keuangan.

Pemerintah sebenarnya mempunyai program khusus untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah. Supaya masyarakat lebih mandiri, berdikari dan menjadi agen penggerak roda ekonomi secara nasional. Tetapi kenyataannya bantuan modal tidak diterima secara merata dan tidak tepat sasaran.

Bank dan instansi keuangan adalah tempat yang paling banyak didatangi para pelaku usaha untuk mendapatkan informasi seputar modal usaha. Masyarakat lebih memilih mengajukan pinjaman modal kepada instansi-instansi penyedia jasa pinjaman. Tentu dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi. Tetapi itu sudah menjadi konsekuensi, dan tidak menjadi masalah bagi para pelaku usaha.

Beberapa Bank memberikan fasilitas pinjaman khusus kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Sebenarnya kredit usaha rakyat ini sudah diatur dalam peraturan pemerintah. Kredit usaha kecil adalah bantuan yang diberikan pemerintah untuk membantu pengembangan dan merangsang pertumbuhan usaha kecil menengah, perbankan adalah penyalur dananya kepada masyarakat yang membutuhkan.

Usaha kecil dan menengah adalah penggerak roda ekonomi rakyat yang potensial. Perlu dibina dan dibantu dari segi modal agar mampu menyerap tenaga kerja di sekitarnya, mengurangi pengangguran, menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan sosial.

Usaha kecil diharapkan mampu bersaing secara global, sehingga turut membawa nama besar bangsa dalam perekonomian dunia.

Fitur KUR adalah:

  • Plafon pinjaman yang diberikan kepada pelaku usaha sangat bervariasi, mulai dari 25 juta sampai dengan lebih dari 200 juta. Sangat membantu dalam kebutuhan modal usaha yang tidak sedikit.
  • Jangka waktu yang diberikan penyedia pinjaman kredit usaha juga cukup fleksibel sampai dengan 60 bulan. Hal ini mendorong semangat para pelaku usaha.
  • Pengajuan kredit usaha kecil juga cukup mudah, tidak berbelit dan prosesnya cepat.
  • Selain mendapatkan bantuan dana segar, para pelaku usaha juga mendapat pembinaan dalam menjalankan usahanya. Pemerintah bersama dengan instansi perbankan bekerjasama menciptakan iklim usaha yang produktif dan mandiri.

Mendorong inovasi dan kreatifitas masyarakat untuk lebih memprioritaskan usaha dan bisnis.

Pegadaian

Dengan motto mengatasi masalah tanpa masalah, Pegadaian menjadi salah satu penyedia pinjaman modal usaha terbaik bagi masyarakat.

Pegadaian sangat dekat dengan masyarakat. Kantor operasionalnya bisa ditemui hampir di setiap kecamatan.

Pegadaian menyediakan pinjaman tunai dengan sistem titip barang, atau gadai. Apapun asset yang dimiliki bisa dihargai dengan rupiah oleh pegadaian.

Sangat memfasilitasi bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan finansial tetapi tidak memiliki agunan yang bisa dijaminkan pada Bank.

Karena umumnya agunan yang dijaminkan di Bank adalah asset yang nilainya besar, dengan nominal pinjaman yang diberikan juga besar. Pegadaian menerima penitipan barang sebagai jaminan bahkan dengan nilai barang dibawah 1 juta rupiah.

Bagi rakyat kecil, sistem gadai sangat membantu memenuhi kebutuhan mendesak dari segi finansial karena:

  • Bukan hanya untuk kebutuhan pokok, Pegadaian juga menerima pengajuan pinjaman untuk modal usaha.
  • Gadai BPKB adalah salah satu jenis pinjaman yang diberikan. Dengan plafon sampai dengan 4 juta, jangka waktu sampai 48 bulan, dan proses yang mudah .
  • Walaupun nominalnya kecil, tetapi sebanding dengan beban bunga yang juga sangat kecil.
  • Proses pencairannya sangat singkat hanya dalam waktu 3 hari.
  • Pegadaian mensyaratkan usia usaha yang dijalankan minimal adalah 1 tahun. Sebagai jaminan bahwa usaha tersebut sehat dan masih berjalan. Usaha yang dijalankan harus memiliki ijin usaha dari pemerintah setempat.

Pinjaman KTA

KTA atau kredit tanpa agunan juga masih merupakan favorit masyarakat sebagai pinjaman modal usaha terbaik. Betapa tidak?

KTA menawarkan pinjaman dalam nominal yang cukup besar. Sesuai untuk kebutuhan pembiayaan dan modal usaha kecil maupun menengah.

Plafon yang ditawarkan mencapai 300 juta. Jumlah yang sangat cukup untuk pengembangan usaha kecil menengah.

Pengajuan pinjaman KTA bebas jaminan karena singkatannya sendiri adalah kredit tanpa agunan. Ini adalah fasilitas yang menjadi magnet tersendiri bagi para pelaku usaha.

Mereka tidak perlu menjaminkan asset untuk mendapatkan bantuan dana segar. Dengan bunga kompetitif dan transparan di awal karena ada simulasi kredit pengajuan KTA. Nasabah bisa menentukan nominal pengajuan disesuaikan kemampuan membayar cicilan.

Pengajuan KTA tidak memerlukan survey fisik. Jadi untuk para pelaku usaha yang baru merintis usahanya, tidak perlu sungkan dengan lokasi usaha yang belum memadai. KTA hanya memerlukan referensi dari pinjaman sebelumnya, umumnya adalah kartu kredit. Dari sini akan diketahui kualitas penggunaan dan pembayaran nasabah bersangkutan. Sekaligus digunakan untuk melihat BI Checking.

Jangka waktu yang diberikan KTA bisa berlangsung sampai 60 bulan. Waktu yang cukup bagi para pelaku usaha untuk dapat memenuhi kewajibannya membayar kembali pinjaman yang sudah diberikan. Adapun jangka waktu adalah pilihan dari nasabah sendiri. Bisa juga diambil dalam 24 bulan aatau kurang dari itu. Semakin singkat jangka waktu, semakin cepat selesai.

Pinjaman Online Konvensional vs Syariah

Pinjaman online adalah alternatif pinjaman yang banyak beredar melalui internet. Sebagai imbas dari perkembangan informasi dan teknologi, didukung semakin meningkatnya kebutuhan finansial masyarakat.

Untuk kebutuhan konsumtif, pinjaman online baik konvensional maupun syariah cukup memfasilitasi. Mudah didapatkan hanya dengan memanfaatkan smartphone dan koneksi internet. Dimanapun dan kapanpun bisa dilakukan.

Pinjaman online konvensional umumnya memberikan plafon sampai dengan 8 juta. Relatif kecil tetapi sebanding dengan kemudahan syarat pengajuannya.

Cukup melampirkan KTP dan mengisi formulir online, konsumen sudah bisa mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari satu hari. Fasilitas ini sangat menguntungkan bagi mereka yang membutuhkan dana mendesak.

Pinjaman syariah online menawarkan plafon yang lebih besar dari pinjaman online konvensional. Karena fokus dari pinjaman syariah online ini adalah untuk pembiayaan usaha. Tidak ada beban bunga bagi nasabah. Tetapi sistem bagi hasil yang nominalnya relatif lebih kecil dari bunga pinjaman pada umumnya. Dan menguntungkan bagi pihak kreditur dan debitur.

Pinjaman syariah online lebih menekankan pada hubungan kemitraan dengan nasabah. Sehingga komunikasi tercipta sebagai partner usaha, bukan sebagai kreditur dan debitur. Semua kemudahan fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia pinjaman harus disikapi dengan bijaksana. Sesuaikan dengan kebutuhan nominal dan kemampuan memenuhi persyaratan pengajuan pinjaman modal usaha terbaik.

1 comment

Related Posts


Notice: Theme without comments.php is deprecated since version 3.0.0 with no alternative available. Please include a comments.php template in your theme. in /var/www/html/cicil.id/wp-includes/functions.php on line 4805

One response to “Macam-Macam Pinjaman Modal Usaha Terbaik”

  1. Kartika says:

    Saya mau pinjam uang buat berobat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *