Emas

Tabungan Emas, Investasi Aman dan Hasil Bagus (Tips dan Triknya)

written by wisanggeni | April 12, 2020

Tabungan emas adalah cara menabung terbaru dengan logam mulia yang mudah, murah, aman dan bisa memberikan keuntungan menarik. Ikuti review saya soal pengalaman menabung di Tabungan emas Pegadaian 2019 2020.

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang penting.

Salah satu alasan orang memilih emas sebagai ajang investasi adalah karena barang ini selalu mengalami kenaikan nilai jual dari tahun ke tahun. 

Selain itu, proses penjualan produk investasi ini terbilang cepat dan mudah. Sehingga, bisa menjadi alternatif utama ketika dibutuhkan sewaktu-waktu. 

Cara Investasi Emas 

Berikut adalah beberapa tips investasi emas yang mudah dan menguntungkan:

1. Buat Perencanaan Investasi Emas 

Investasi tanpa tujuan akan membuat prosesnya kurang maksimal. 

Karena itu, buat tujuan investasi emas terlebih dahulu agar eksekusinya jelas. Sebagai contoh, Anda investasi emas untuk biaya pembuatan rumah 5 tahun ke depan. 

Ini adalah tujuan yang jelas dan terarah. 

Selain memantapkan investasi, membuat perencanaan di awal juga akan memudahkan Anda dalam membeli berapa emas sampai jangka waktu yang ditentukan. 

2. Hitung Kemampuan Keuangan

Saat akan memilih berinvestasi emas, jangan mengacu kepada orang lain. Lihatlah kemampuan finansial Anda sendiri. 

Mengingat kondisi keuangan setiap orang berbeda-beda. Pastikan diluar pengeluaran kebutuhan pokok ada sisa penghasilan lebih. Itulah yang nantinya akan Anda gunakan investasi emas. 

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai mengorbankan semua penghasilan untuk investasi. Hal itu akan merusak keuangan Anda. 

Hindari berhutang ke bank atau pihak lain hanya demi melakukan investasi emas. 

Jangan lakukan kredit emas. Lebih baik beli emas dengan cara menabung, bukan kredit.

3. Rencanakan dengan Baik

Seorang pemula perlu berhati-hati saat investasi emas. Ia harus belajar terlebih dahulu kepada ahlinya. Khususnya dalam memantau naik turunnya harga emas di pasaran. 

Dari sinilah Anda bisa melakukan investasi di waktu yang tepat. 

Cara investasi emas terbaik ini akan efektif untuk seseorang yang ingin berinvestasi dalam waktu relatif lama, minimal 5 tahun. 

Dan saat yang terbaik untuk pembelian emasnya ketika harga sedang turun. Kemudian dijual beberapa tahun ke depan saat harga tinggi. 

4. Memilih Produk Emas yang Tepat 

Ada banyak jenis emas yang dijual di pasaran. Namun, tidak semua jenis efektif untuk dijadikan objek investasi. Terlebih emas perhiasan. 

Fakta telah membuktikan bahwa emas jenis logam mulia adalah pilihan terbaik untuk investasi. Logam mulia lebih menguntungkan daripada yang lain. 

Salah satu faktor mengapa logam mulia memiliki harga jual tinggi adalah tidak dipengaruhi oleh komponen biaya apapun. Seperti model emas, nilai seni, penurunan harga, jumlah karat hingga biaya pembuatan. 

Salah satu produk emas yang bisa digunakan adalah tabungan emas.

Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian
Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan emas pegadaian adalah layanan jual beli emas dengan sistem penitipan. 

Harga jual dan harga beli mengikuti ketetapan yang dibuat Pegadaian. Serupa dengan investasi emas, tetapi bentuknya tabungan. 

Prinsipnya sama seperti tabungan uang, saldo tabungan emas bisa dicairkan berupa uang. Saldo juga bisa ditransfer ke rekening tabungan emas yang lain.

Cara Daftar

Cara Daftar Tabungan Emas Pegadaian
Cara Daftar Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan emas bisa dibuka dengan cara datang langsung ke kantor Pegadaian. Melengkapi syarat pembukaan tabungan seperti KTP, mengisi formulir pembukaan tabungan dan melakukan setoran awal. 

Tersedia juga aplikasi Pegadaian online yang memudahkan pembukaan tabungan emas secara online, lebih mudah, bisa dilakukan dimana saja. Dengan setoran awal yang lebih murah.

Keunggulan

Kelebihan tabungan emas adalah nasabah memiliki investasi emas dengan setoran yang murah sesuai kemampuan. Nilai setoran untuk tabungan emas minimal adalah 5.000 rupiah. 

Setiap uang yang disetor ke rekening tabungan akan langsung dikonversi menjadi nilai gram emas. Jadi langsung diketahui sudah berapa gram yang dimiliki dalam saldo tabungan.

Tabungan emas juga bisa dicairkan sewaktu-waktu, seperti tabungan uang di Bank pada umumnya. Nilai minimal yang bisa dicairkan adalah 1 gram. Dan bisa dicairkan dalam bentuk uang. 

Nasabah bisa memilih waktu yang tepat untuk mencairkan tabungan, misalnya ketika harga emas mengalami kenaikan. Jadi lebih menabung emas lebih cepat mendapat keuntungan.

Tabungan emas tidak dikenakan pajak dan biaya administrasi bulanan. Berbeda dengan tabungan uang di Bank. Jadi nasabah murni menabung untuk kepemilikan emas, tidak ada potongan pajak untuk berat dan nilai emas berapapun di tabungan. 

Sangat menguntungkan, berapapun uang yang nasabah setor ke tabungan emas akan didapatkan nilai saldo utuh.

Transaksi setoran untuk tabungan emas sangat mudah. Tidak perlu datang dan mengantri di Pegadaian untuk melakukan setoran. 

Nasabah bisa menabung dengan cara transfer melalui ATM atau internet Banking yang dimiliki. Beberapa Bank sudah bekerja sama dengan Pegadaian. Jadi bisa menggunakan layanan perbankan online untuk dapat terhubung dengan tabungan emas.

Tabungan emas lebih aman dibanding dengan memiliki emas batangan. Emas sangat rawan pencurian, menyimpannya di rumah akan sangat beresiko. Sedangkan untuk menyimpannya di Bank Anda harus membayar untuk menyewa safety deposit box. 

Harga sewanya tentu tidak murah karena persediaan safety deposit box sangat terbatas, dan tidak terdapat di semua cabang.

Kelemahan

Kekurangan dari tabungan emas adalah ada minimal nilai atau berat yang bisa dicairkan. Tabungan baru bisa dicairkan jika sudah mencapai  minimal 1 gram. 

Tidak seperti tabungan uang yang bisa ditarik kapan saja melalui ATM. Jadi bagi nasabah yang butuh uang mendadak tidak bisa mencairkan tabungannya jika belum mencapai saldo minimal.

Ada kurs beli dan kurs jual untuk emas. Jika nasabah menabung emas akan ada selisih antara nilai ketika menabung dan mencairkan. Seperti tabungan valuta asing jika dicairkan menjadi rupiah. 

Dan fasilitas tabungan emas belum bisa dilayani di semua kantor cabang Pegadaian. Nasabah harus mencari kantor Pegadaian penyedia layanan tabungan emas. Sehingga hal ini dinilai cukup merepotkan untuk mereka.

Kesimpulan

Emas adalah salah satu pilihan investasi yang tidak lekang waktu. Seiring kemajuan, sekarang Anda bisa melakukan tabungan emas.

Tabungan emas memberikan kemudahan kemudahan dan keamanan dalam berinvestasi. Bisa dimulai dengan jumlah investasi yang kecil dan terjangkau.

Silahkan mencoba !

0 comment

Related Posts


Deprecated: Theme without comments.php is deprecated since version 3.0.0 with no alternative available. Please include a comments.php template in your theme. in /var/www/html/cicil.id/wp-includes/functions.php on line 4913

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *